Beberapa Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Pada waktu Pagi – Media Referensi

Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Beberapa Manfaat Mandi Dengan Air Dingin Pada waktu Pagi

Salam sahabat referensi dimanapun anda berada, kembali update artikel seperti biasanya demi memenuhi syarat dari blog ini. Namun pada kesempatan ini, admin akan berbagi sedikit beberapa keuntungan atau manfaat mandi dengan air dingin di waktu pagi untuk skesehatan tubuh. Sebelumnya mari kita simak dulu sedikit penjelasan sebagai berikut.

Mandi dengan air dingin idealnya dilakukan pada waktu pagi hari, siang atau maksimalnya jam 2 sore. Para penelitian menyarankan bahwa sebaiknya kita selalu membiasakan mandi diwaktu pagi dengan menggunakan air dingin. Karena mandi dengan air dingin diwaktu pagi tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan saja, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Nah berikut ini media referensi akan merangkumka beberapa keuntungan atau manfaat bagi kesehatan tubuh ketika kita mandi dengan menggunakan air dingin :

1. Mencerahkan Suasana Hati
Hidroterapi dengan menggunakan air dingin bisa meningkatkan beta endorphin dan noradrenalin dalam darah, serta meningkatkan noradrenalin di otak, dan pada gilirannya memiliki efek anti depresan pada suasana hati pungkas Psikiater Sheenie Ambardar MD yang dilansirkan pada laman women health magazine.

2. Menenangkan Otot Yang Pegal
Menurut Henry halse, Mandi dengan air dingin juga mampu membantu anda pulih dari latihan hardcore dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Jika otot otot anda benar benar pegal, maka halse menyarankan bahwa kita harus memfokus mandi dengan menggunakan air yang dingin pada otot otot tersebut selama lima menit, karena bisa membantu aliran darah dan bisa membantu memperbaiki jaringan jaringan lain.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Cara lain untuk mendapatka manfaat kecantikan dari mandi dengan air dingin adalah pertamanya kita disarankan untuk mandi dengan air hangat terlebih dahulu, dan setelah itu kita beralih dengan mandi dengan air dingin diwaktu yang bersamaan. Mandi dengan menggunakan air dingin bisa mengencangkan kulit dan pori pori dan mampu mengurangi bengkak dibawah mata.

4. Membuat Rambut Tampak Berkilau
Ternyata mandi dengan menggunakan air dingi juga mampu membuat rambut tampak berkilau dan bersinardan halus dengan dengan meratakan folikel rambut dan mengunci kelembabanya.

Nah sekian sedikit manfaat atau keuntungan yang admin rangkumkan dari mandi dengan menggunakan air dingi, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua dan kepada admin sendirinya. Terimaksih dan sukses selalu buat anda. Wassalam

257 Comments

Add a Comment
  1. Asnaji Cs

    mandi pada waktu pagi hari memang menyegarkan mas, tapi dinginya itu lho bikin merinding,,,hi hi

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, itu mas malah belum ngebiasa ya mas jadi merinding, ntar kalo sudah biasa jadi ketagihan lho mas 🙂 hehehe

    2. Mangs Aduls

      jgn lupa bawa kopi panas biar nyoss

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, siip mangs ntar mas bawain es batu nya ya biar nambah seer 🙂 hahaha

    4. yanto cungkup

      seernya nggak nahan

    5. Muhammad Mukhlis

      dasar lu ya, pikiran melayang layang, bagaikan layang layangan 🙂 wkwkwkwwk

    6. Cilembu thea

      jangan dengerin mang yanto, dia mah emang suka gitu…saya juga sebel

    7. yanto cungkup

      sapa gurunya coba?

    8. Muhammad Mukhlis

      hahaha, siapa yang kabur ne, lariiii

    9. Mangs Aduls

      seperguruan nih. hehehehe

    10. Wong Crewchild

      numpang nampang diatas

    11. yanto cungkup

      bayar

    12. ntar kalo udah panen bayarnya..hahhaa

    13. Muhammad Mukhlis

      kalo sudah panen saya ikutan ndak?

    14. buset dah ,,,,, kek gini trs nasib sy ,,,hahahaha

  2. Asnaji Cs

    saya waktu di kampung suka nyebur kesungai mas, kebetulan rumah mertua saya tepatnya di Demak Jawa Tengah persis depan rumahnya berhadapan langsung dengan sungai Brantas, bangun tidur pagi2 eeeh langsung terjun bebas kesungai mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      wah asik tuh ya, kalo masalah berenang itu ya hobinya saya dari kecil samapi sekarang mas, apalgi punya dekat sama kolam sama sunge ya mas 🙂 hiks hiks

    2. Cilembu thea

      kang as emang kliatan dari kampungnya kok…

      #kabuurrrr

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya ga ikutan, ntar pada kabur juga, wkwkwkw

    4. yanto cungkup

      as kalahnya kan sama joker loya

    5. Mangs Aduls

      kalah sama 2 kan mas

    6. yanto cungkup

      yg menang sapa dong

    7. saya yg menang kang 😀

    8. Muhammad Mukhlis

      hadiahnya ambil dimana ya

  3. Mandi air dingin memang menyegarkan mas cuma kalau suhunya telalu dingin juga kurang bagus bisa menggigil

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, menggigilnya karena belum biasa mas dwi, 🙂

    2. Cilembu thea

      dengkul bisa bergetar ya kang

    3. Mangs Aduls

      itumah gara gara saltri mangs

    4. Mangs Aduls

      eh salatri

    5. Tapi kenapa yah kok beruang kuat mandi di air dingin yah ??

    6. Mangs Aduls

      soalnya beruang bawa selimut kang. hahahahaha

    7. yanto cungkup

      selimut dari hongkong

    8. koq kang Yanto tau kalo dari hongkong wkwkwk

    9. Muhammad Mukhlis

      ingintips dia mah

    10. Berarti jangan terlalu dingin ,,, hehe
      salam

  4. Hendra Suhendra

    Saya juga sering sih mas kalo di Jakarta, tapi kalo di kampung, saya ogah, bisa beku sayanya, super dingin kalo di kampung mah… Hahaha

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, iya mas keren tuh, mank di kampungnya kenapa mas, lemari es dimana mana ya mas 🙂 hehehe just kidding 🙂

  5. Mysweet Ladyluck

    suegerrrr mandi pagi … apalagi habis ,,,mmmm… lari pagi ! haha.
    Dulu pernah tiggal di Bandung di daerah yg cukup dingin, suegerrrnyaa terasa banget sesudah mandi pagi pakai air dingin biasa.

    Mandi pagi sudah biasa …
    Jarang mandi juga bisa hehe (winter bro .. gak nahaan dinginnya).

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, betul betul mbak sangat seger x mbak, sepmpat tersendak sebentar untuk ada sambungan nya didepan habis…., hahahaha

  6. wahy wic

    mandi pagi membuat fresh mata dan fikiran mas,
    apalagi kalau pakai air dingin, langsung "nyess" hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, sangat betul mbak wahy, untuk itu mulai dari sekarang ayo kita mandi dengan air dingin 🙂 hehehe

  7. Kalau mandi pagi mebuat lebih segar dan pikiran menjadi lebih segar ya kang, dari pada tidak maindi ya ? he,, he,, he,,

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kalo dipikir pikir dari pada ndak mandi pakai air dingin ya lebih baik mandi dengan air biasa saja ya mas 🙂 karena dengan mandi pagi betul juga akan membuat badan fresh 🙂 hehehe kembali

    2. yanto cungkup

      kembali berapa ya?

    3. Mangs Aduls

      2 batang mas

    4. Muhammad Mukhlis

      gratis kalo 2 batang nya juga gratis, huhuhu
      *lagi baik*

    5. jangan suka ngomongin batang napa 😀

    6. Mangs Aduls

      emang batang apa mas

    7. yanto cungkup

      batangan semua nih

  8. Debe dilacious

    info ini dibutuhkan banget untuk wanita ya mas, supaya jangan kesorean mandi,
    kalau mandi pagi ya harus setiap hari, ntar bau,hehehe

    1. Muhammad Mukhlis

      iya benar banget mbak debe, sangat di haruskan pria sama perempuan mbak, mandi 3 kali sehari akan menjaga badan dari bau yang tak sedap mbak 🙂 hehehe

    2. Mangs Aduls

      kalo lagi susah air gini 1 kali juga untung mas. wkwkwkwkwkw

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, tapi sekarang semua negara menurut media sudah melaksanakan sholat istisqa, alahamdulillah sudah Allah istijabah mas 🙂

    4. Mangs Aduls

      di saya 2 hari ujan sekarang panas lagi mas. cadangan air sudah kritis

  9. selain itu juga air dingin bikin mata melek mas. trus berasa segarr nya. meskipun menggigil jadinya. nice info saya pikir ga ada hubungannya sama otot. taunya ada ya 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas muchlis, walaupun menggigil hanya sebentar saja ya mas, dan dibalik itu kita akan merasakan sensasi yang sangat luar biasa 🙂 hehe

    2. Mangs Aduls

      sensi kedinginan begituh.

  10. Mandi pagi dengan nyebur kesungai mang segerrr mas , ini kisah waktu kecil , sekarang mah sungai2 sudah pada dangkal hilang keasrian dan ke indahan desa, memang mandi nyebur kesungai itu indentik dgn kegiatan mandi yang ada di kampung2 dan didesa

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, betul betul mas, kalo di inget kisah waktu kecil tentang pengalaman kita ya cukup banyak ya mas, ini termasuk juga seperti kisah saya mas, teringat kami biasanya ke sungai di saat sore jam 4 an, melihat air yang begitu jernih dan terdengar percikan gemuruh air mengingat ke masa masa yang ingin di ulangi 🙂 hehehe

  11. Memang telah menjadi kebiasaan untuk mandi di waktu pagi. Badan akan rasa lebih segar. Baru tahu ada banyak juga manafaat yang lain. Terima kasih infonya.

    1. yanto cungkup

      kak fidah nak cuba?

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, tul betul betul mbak dan mas, mungkin ditunguin mas yantonya 🙂 wkwkwkw

  12. Salamun Alfarisy

    Selain manfaat di atas manfaat mandi pagi juga dapat memicu kesegaran otak dalam berpikir jernih untuk mudah menerima ilmu, karena terbukti dari teman saya waktu masih SD, cerdas banget ternyata salah satu kuncinya sering mandi pagi di sumur (maklum waktu kecil hidup di desa jadi air sumur).

    1. yanto cungkup

      sekarang hidup dikota toh mas

    2. Salamun Alfarisy

      iya mas, sekarang hidup di kota untuk sementara waktu 😀

    3. Muhammad Mukhlis

      nah saya bilang juga apa kan mas yanto, kan terbukti dari mas salamun tuh. emm denger denger mas yanto jarang mandi kalo pagi ya ? hahahaha

    4. yanto cungkup

      koq tau sih
      ngintip ya?

    5. Muhammad Mukhlis

      hahaha, betul kan, berati saya bisa ngeramal dunks 🙂 hahahaha asik asik

    6. ngeramal dari hongkong 😀

    7. yanto cungkup

      yg dari hongkong ngacung

    8. Mangs Aduls

      saya engga ngacung mas

    9. yanto cungkup

      pasti nongol deh

    10. Muhammad Mukhlis

      ngomong apa sih mas, ?

  13. gak kebayang mandi air dingin pagi2, pastinya menggigil banget karena daerah saya termasuk daerah pegunungan dan perbukitan mas, tapi manfaatnya banyak juga,, musti dicoba nih.. makasih mas..

    1. yanto cungkup

      saya malah paling suka gunung lomas

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mas mesti dicoba, kalo mas yantonya itu boong dia ngikut ngikutan aja 🙂 wkwkwkwkw

    3. yanto cungkup

      pitnah itu

    4. Muhammad Mukhlis

      kabur ah, ada orang nya ni, ntar di setrap saya mah 🙁

    5. ko kabur sih, saya baru dateng lho beneran 😀

    6. mending mangkal bareng yukk..

    7. yanto cungkup

      ke jonggol?

    8. PURNAMA

      ayo deh ngopi bareng dulu

  14. yanto cungkup

    mencerahkan suasana hati tuh yg paling saya rasakan mas.
    soalnya jadi nyaman beraktifitas setelah mandi pagi pakai air dingin

    1. Muhammad Mukhlis

      setuju mas, kalo ga mandi pagi aktifitas pun akan merasa terganggu ya mas 🙂

    2. kayak yang pada suka mandi aja hehe..

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mbak

    4. yanto cungkup

      emang teteh mau mandiin saya gituh?

    5. nggak nggak nggak… itu tidak mungkin 😀

    6. yanto cungkup

      seratus tahun baru mungkin

    7. mas yanto mah meragukan euuyy.. jahaha

  15. yanto cungkup

    maaf rada telat berkunjung soalnya rada sibuk akhir2 ini mas

    1. Mangs Aduls

      yeh sama dong mas.

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, pasti lagi gajian kan, wkwkwkw bagi kita kita nya dunks 🙂

    3. yanto cungkup

      besok saya kasih duit deh
      dari daun tapi

    4. Muhammad Mukhlis

      dasar pelit 🙂

  16. Diar Nurhakim

    mandi di pagi hari berarti sehat pakai air dingin ya mas, tapi rintangannya dinginnya itu kali ya, tapi bisa disiasati dengan digerakkan dulu tubuhnya beberapa saat terus mandi air dingin di pagi hari niscaya tidak akan terasa dingin,,, siiippp mas.. kebetulan saya juga suka mandi dengan air dingin kecuali kalau lagi masuk angin, hehehe 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, betul mas mandi pagi dengan air dingin sangat baik seperti poin poin yang disebutkan diatas, oya biasanya kalo memang ga nahan sama dingin nya plus di tambah air hangat, salah satunya bisa Meningkatkan Kesehatan Kulit 🙂

    2. Diar Nurhakim

      Iyaaa,,, siiippppp.. 🙂

    3. Diar Nurhakim

      Iyaaa mas,,, siiipppp.. 🙂

  17. apalagi airnya ditambah es batu

    1. Mangs Aduls

      jgn lupa pake sirup mas. hahaha

    2. saya pesen satu galon, buat keramas wkwkwk..

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, plus susu lebih nikmat 🙂

    4. yanto cungkup

      pada ngomongin apa sih?

    5. Muhammad Mukhlis

      bagi bagi duit mas 🙂

  18. ups… salah ya??? masak mandi pagi masih pake es batu. hehehe
    pernah denger juga katanya mandi sebelum matahari terbit lebih bagus

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul mbak, sebelum matahari terbit bisa dikategorikan disaat azan subuh berkumandang, maka sebelum solat maka kita diharuskan untuk mandi mbak, dan inilah salah satu maksud dari pembahasan diatas juga mbak, hehehe

    2. Asnaji Cs

      Nyimak aja deh mas…

  19. Mangs Aduls

    wahh tepat sekali kalo gitu sayakan selalu mandi pake air dingin

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, setuju mas , oya kalo ndak ada air dingin ditambah es batu juga ndak papa mangs 🙂 wkwkwkw

    2. Mangs Aduls

      tapi itu pas lagi banyak air mas. lagi ginima mas. seadanya aja dah hahahaha

  20. mandi pagi pakai air dingin bikin nyaman suasana hati, bikin nyaman buat tidur lagi 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, betul mas, tapi jangan tidur lagi habis mandi mas ntar dikirain 🙂 hahaha

    2. dikirain apa coba?

    3. yanto cungkup

      saya jawab nggak ya

  21. saya sih mas air biasa aja yang ada di bak mandi. susah juga cari air dingin

    1. Muhammad Mukhlis

      heheh, boleh juga tuh mas pake air biasa pun ndak papa, oya sarn dikit, kalo ndak ada air dingi plus pakai es batu boleh mas, ntar airnya pun jadi dingin 🙂 hehehe

    2. waduh . hahhaha madi dalam kulkas aja gitu ya mas. hehehe

  22. Abah Template

    nice tipsnya, yang sangat berkesan no 3 mudah2an semakin halus kulit abah. sukses

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, alhamdulilah abah, kalo untuk abah pasti oke, hahaha

    2. saya juga ikutan nah biar kulit mulus halus

  23. Mandi air anget asiiik.. tapi kesegarannya ga ada, air dingin ogah.. brrr.. gimana ya..?

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, saya milih dua duanya teh, kalo air hangat jarang juga karena ndak segerr, kalo air dingin membuat suasana jadi semangat 🙂 hehehe

    2. yanto cungkup

      saya pengen deket teteh

  24. mandi diwaktu pagi memang menyegarkan sekali ya mas dan banyak manfaatnya, yang saya rasakan mandi dipagi hari bisa membuat suasana hati jadi tenag dan badan jadi enak.kalo ke rambut saya biasa pakai shampo mas biar berkilau dan cepat panjang.hehehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mas hendri banyak sesnsasinya kalo mandi diwaktu pagi, bisa membuat badan lebih fresh ya mas 🙂 oya colek dikit, mangs mas hendri sukak rambut panjang ya ? emmm

    2. kalo saya sih lebih suka rambut pendek mas biar keliatan sopan tapi ga ada salahnya juga sih pakai shampo untuk kesehatan rambut 🙂

  25. baru bisa berkunjung ni mas, saya habis keluar kota dulu kemarin 2hari ga kerja full, hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mas hendry, oya ada bawain oleh oleh olehnya ndak mas, ?

    2. yanto cungkup

      glowcolagen mau?

    3. Muhammad Mukhlis

      itu sudah saya order mas sama mas hendry nya 🙂 lu cepetan order terus sekarang e 🙂

    4. 😀
      mau glow collagen?

    5. yanto cungkup

      siapa?
      saya?
      terimakasih

  26. nandira aluna kusuma

    mandi pada pagi hari memang terasa menyegarkan ya mas. disamping itu peredaran aliran darah juga menjadi lancar 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mbak nadira, selain itu bisa memulihkan suasana hati juga 🙂

    2. bner banget deh, saya semenjak nikah kok sering mandi pagi ya mas? 😀

    3. Irwin Andriyanto

      betul juga dech

  27. Bikin segar dan gak bikin ngantuk lagi 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, kok tau mas, ngintips ya, hahaha

    2. yanto cungkup

      ini njiplak kata saya taukk

    3. Muhammad Mukhlis

      ah mask sih ?

    4. mask artinya topeng kan ya 😀

  28. Irwin Andriyanto

    saya mandi tiap hari sebelum Subuh,,, dan airnya itu behhhhhhhhh

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mas irwin, seger rasanya ya mas dan bikin fresh 🙂

    2. dingin dingin empuk pastinya 😀

    3. beuh apa?dingin?panas?sejuk?biasa-biasa aja?
      waktu jawab 5 menit lagi..
      sudah habis ya..

    4. Irwin Andriyanto

      pokok nya nampol banget dech,, bikin gak ngantuk lagi….

    5. Muhammad Mukhlis

      pasti makan kopiko 🙂

  29. gak betah ademnya mas. hehee

    1. Justru lebih enak dingin, bikin seger, berarti mas budi tidak pernah mandi pagi ya 😀

  30. membuat suasana hati lebih happy juga mas 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, rada marah kalo hati sudah dingin ya 🙂

  31. Ibrahim M.Pd.I

    yang ngak tahan, dinginnya tu di sini mas 😀

    1. dimana mas? masa di jonggol
      yang pasti bukan kan

    2. Irwin Andriyanto

      kalo dingin ,,, mending dikasur aja pak 😀

    3. Muhammad Mukhlis

      hahahaha, saya ikutan ketawa saja ya

  32. Kadang mud kadang enggak mas..
    kalau dingin sp menggigil mending besok jgan diulangi #kalausaya.
    Hahaha

    1. Muhammad Mukhlis

      emm, paling menggigil karena belum pernah ya mas, ntar kalo sudah biasa pasti ketagihan, hehehe

  33. ternyata banyak manfaat mandi air dingin pada waktu pagi.. pasti bersemangat memulakan hari baru..

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mbak, sangat banyak manfaatnya

  34. Adhief Hermawan

    kagak nahan dinginnya kalau mandi pagi2 wkwkw, tapi badan jadi seger kalau mandi pagi2

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, pelan pelan mas adhief 🙂 wkwkwkw

  35. Defi Purnama

    Sangat banyak sekali ya mas manfaatnya jika kita mandi menggunakan air dingin saat pagi hari. Memang seharusnya kita terapkan supaya tubuh tetap sehat mengingat manfaatnya yang luar biasa. Terima kasih infonya mas.

    1. mas defi juga udah ngerasain kan enaknya mandi pagi?saya juga ketika baca artikel ini jadi sering mandi pagi deh..

    2. Defi Purnama

      Ya kalau mandi pagi sering atuh mas ngerasainnya.

  36. Evrina Budiastuti

    yeaaay suka mandi air dingin di pagi hari dong kecuali sabtu minggu coz mandinya siang haha

    1. itu juga kalo inget kan, kalo lupa pasti gak mandi deh, hayo ngakuuu….

    2. Muhammad Mukhlis

      hahahaha, saya ndak ikutan lho

  37. Alhhamdulillah setiap pagi saya juga terbiasa mandi dengan air dingin mas, kadang kalo lagi kegerahan mah malem-malem juga mandi air dingin saya mah 😀

    1. lebih enak subuh sekitar jam 4 kang kalo mandi daripada malem loh..

    2. yanto cungkup

      kalau malem pasti mandi yg lain

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, mandi apa cobak ?

  38. tapi kalo dikampungan saya terlebih di pandeglang kalo subuh atau jam 6'an kayaknya saya juga rada males mandi dengan air dingin mas kagak nahan dinginnya itu lho ampe suka mengkeret anunya hahahaaaa….

    1. Mangs Aduls

      anunya apa mas. huehue

    2. anunya si anu

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, anunya itu ya mas, ketahuan sama mangs tuh, hahahaha

  39. Apalagi musim kemarau gini, makin segerr kalo mandi pagi2..

    1. PURNAMA

      pakai air es mbak biar mak nyus deh

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ditambah sirup ndak mas?

  40. Asep Haryono

    Wah kalau mandi pagi saya jarang sih pake air hangat. Sebab kalau mandi pagi rasanya segar aja Hiehiehiehe. Tenang aja saya pasti mandi setiap hari Biar wangi , bersih dan sejahtera. Eaaaaaaaaaaaa lebay

    1. PURNAMA

      hem mas asep gitu loh, selalu segar, sehat harum sepanjang hari, kayak pegy melati sukma itu,wakakkaa

    2. Muhammad Mukhlis

      hahahaha, ini teringat sinetron dulu ya mas maslah sinetron judulnya GERHANA, hahahaha

  41. Defa Ramadhani

    ternyata mandi dengan air dingin itu bisa mengurangi pegal2 ya,
    air dingin banyak juga manfaatnya, emang paling seger mandi pagi2 hehe

    1. PURNAMA

      hem bisa mbak, makanya banyak yang suka mengompres dengan air dingin

    2. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul, hehehhe

  42. PURNAMA

    saya setuju nih dengan manfaat mandi air dingin yang menyejukkan hati mas, kebiasaan mandi pagi tentu akan membuat wajah lebih cerah dan badan sehat bugar kembali, jadi siap untuk aktifitas lagi

    1. saya juga sepakat Pak 😀

    2. Muhammad Mukhlis

      saya gimana dunks ?

  43. Lebih segar lagi pas subuh mandi.. rasa kantuk hilang. lebih segar. selain untuk membersihkan diri, masih banyak sekali manfaatnya ya … kalau mandi siang malah bikin pusing…

    1. iya ya Mas, makanya jgn mandi siang2 yah.. apalagi mandinya di sungai 😀

    2. Muhammad Mukhlis

      saya mandi di laut saja ah, biar rame 🙂

  44. wah, saya kebagian Mandi paling bawah nih … Mandi pagi memang banyak manfaat nya pak, apalagi klo waktu shubuh… hehehe.. biar dingin tapi badan jadi seger…

    1. langsung ngopi mas abis mandi… biar greget

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, plus rokok lebih nikmat mas 🙂

  45. Ternyata adaanalisa kesehatannya juga y mas

    1. iya mbak, gimana kabarnya ?
      #Modus

    2. iya dong,,, gak sembarangan mba

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, nyimak saja ah 🙂

  46. Dan… pori-pori pun jadi kecil, itulah kenapa kulit lebih sehat. Tapi aku tetap lebih nyaman pakai air hangat, sih. Mandinya jadi lebih happy dan iklas, hehehe 😀

    1. ah masa sih,,,???

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mbak dan mas ahmad 🙂

  47. Ngak kuat mas'e dingin mau nya pelukan wae hahaha

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ketahuan dia ne :)kemari aja

  48. Abimah langka mandi kang. hehehe

    1. Muhammad Mukhlis

      dapat pertamax mas ahmad 🙂 hehehe

  49. ilmu des

    mandi pagi2 sebelum subuh ya 😀
    komennya bnyak sekali nih.

    1. Muhammad Mukhlis

      hahahaha, iya mas ilmu,

  50. siti dzakirah

    gi mana mau mandi pagi,! bagun aja jam 12 siang,.,?
    heheheh

    1. Muhammad Mukhlis

      ahh, dasar malaes lu ya mas, malam asik begadang sja 🙂 hahahaha

  51. Wong Crewchild

    saya hampir tiap hari mandi pagi dengan air dingin, kadang malah sebelum subuh 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      yeyeye, itu saya banget mas 🙂 hahaha

  52. wah ternyata banyak manfaatnya ya mandi air dingin itu, trims buat infonya
    http://www.kangmuroi.net

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul mas 🙂

  53. Muhammad Mukhlis

    Salam para sahabat semua, terimaksih atas komentar dan kehadiran sahabat semua. oya sahabat setia semua, mungkin dalam beberapa hari belakangan ini saya belum sempat untuk hadir di BLOG sahabat mohon dimaklumi karena ada hal sedikit yang mesti saya selesaikan, Insya Allah dalam waktu dekat akan segera teratasi.

    Mohon Dukungan dan Do'a dari sahabat semua. Amiin

    1. mas muhammad mau umroh dulu yah?

    2. Diar Nurhakim

      Amiiin mas muhammad.. beneran mas muhammad mau berangkat umroh dulu? 🙂

    3. Saya ikut mendoakan supaya aktivitas diluar sana bisa berjalan lancar… amin

    4. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kok pada tahu sih, pasti ngintips yaaa ? hahahaha

    5. setuju ya semuanya kalo admin sini mau umroh??

  54. banyak juga ya manfaat mandi air dingin, aku juga kalau pagi pas mau shubuh selalu mandi pakai .air dingin.
    oiya, salam kenal mas. 🙂

    1. Menurut komentar diatas Mas mukhlisnya lagi umroh 😀
      salam kenal mas

    2. Muhammad Mukhlis

      betul mas indra, sangat banyak mas manfaatnya , salam kenal kembali mas 🙂

      hehehe, mas achmad : kok tawu mas ? ngintips ya ? hahaha

  55. devina putri

    kalo pagi2 emang paling enak mandi air dingin, apa lagi kalo sambil di shampo, membuat rambut tambah berkilau

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, betul mbak putri, menjadi badan segar juga ya mbak

  56. Arizuna Zukirama

    Bener banget, mandi air dingin di pagi hari bisa bikin seger, semangat dan mencerahkan suasana hati…

    1. betul sekali tuh..

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, betul mas arizuma dan ky

  57. Membuat badan kedinginan pastinya mas hehe

    1. tentu saja

    2. Muhammad Mukhlis

      kalo mandi pasti dingin mas ")

  58. tapi yang g kuatnya ya paginya itu…waktu yang sangat dingiiin buat mandi…heheh 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      mesti di tes dulu mas, mana tahu bisa 🙂

    2. PURNAMA

      kalau dingin pakai air hangat kan bisa mas

  59. Benar, mandi air dingin pagi hari bikin seger, menambah semangat dan mencerahkan hati, dan bagus buat kesehatan

    1. Muhammad Mukhlis

      setuju setuju setuju 🙂

  60. Komentar saya sudah abis mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      ndak bayar mungkin, wkwkwkw

    2. Beli lagi mas,,, hehehe

  61. Muhammad Mukhlis

    Alhamdulillah terimaksih atas semua dan dukungan 🙂

    1. PURNAMA

      saya kan selalu doakan mas, moga bisa lancar semua dan semakin sukses

  62. saya selalu mandi aer dingin soalnya emang ngga [unya pemanas air dirumah jadinya ya begitu deh

    1. Muhammad Mukhlis

      hewheh, iya mas, bikin seger tuh mas 🙂

  63. Kata Mbah saya dulu kalau mandi pagi dengan air dingin bisa panjang umur dan awet muda. Pokoknya suuuueger.

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, jelas tuh mas, hehehe

    2. PURNAMA

      hem mbah saya juga pernah bilang gitu lo mas

  64. Sonny Ogawa

    Selain itu, Katanya kalo kita sering mandi pagi pake air dingin bisa bikin awet muda mas..hee

    1. kaya saya xixiixixi…

  65. Kharisma Rosalina

    Oh nambah satu lagi…katanya bikin lemak di badan luntur,
    hihi

  66. Klo mandinya di laut apa sama aja mas manfaatnya…

  67. aank pudin

    mandi pagi itu bagusnya jam berapa ya mas?

  68. Plus ngirit soalny enggak usah pakai memasak air ..he..he..he..

  69. Eka Fikriyah

    ngeri komen di blog ini ya, komennya banyak bingit sampe ratusan begini nih.,.haduh,,,takut gak kebaca sama si pemilk blognya komen2 yang paling bawah, hihiih..
    btw, baru tau tuh kalo mandi air dingin bisa menenangkan otot pegal, kalo gitu, gua mandi twrus ah, biar gak pegal, …hahaha

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya maksudnya ngeri mbak 🙂 wkwkwk saya kelihatan maknyus mbak, hehehe

      sema koment pasti saya baca mbak, saya sangat menghargai pendapat orang lain demi membangun dan saling tukar ide 🙂 hehehe salam sukses mbak eka 🙂

  70. betul mas, mandi pagi dengan air dingin membuat badan menjadi lebih segar setelah bangun tidur

  71. Seger sih, tapi kalau lagi pulang kampung ga kuat mandi pagi2 dinginya tu aer dah kaya es 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme