Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya




Fadhilah Dan Khasiat Surah Al-Fatihah

Salam para sahabat setia Media Referensi. Apa kabar Anda semuanya, pasti Anda disana selalu dalam keadaan sehat dan sambil menikmati hari weekend Anda. Oya sudah lama ga update artikel di blog kesayangan yang satu ini disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di keseharian saya dan jarang akhir akhir ini bersua dengan sahabat sahabat seperti biasanya dalam komentar yang akhirnya aktifitas blogging tertunda sementara.

Namun diawal ungkapan kata ini saya titipskan salam saya kepada sahabat sahabat semua yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dan semoga kita semua selalu dalam kesuksesan dan Saling selalu terjalin tali silaturrahim antar sesama.

Oya sahabat semua, pada kali ini admin Media Referensi akan berbagi satu artikel yang berjudul “Fadhilat Dan Khasiat Surah Al-Fatihah”. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Nabi Muhammad s.a.w. pernah bersabda yang bermaksud:

“Membaca Fatihah Al-Quran pahalanya seperti sepertiga Al-Quran”

Juga Nabi Muhammad s.a.w.bersabda:

“Surat Al-Fatihah adalah untuk apa ia dimaksudkankan dalam bacaannya.” dan

“Fatihah itu pembukaan maksud bagi orang-orang mukmin.”

Sesiapa membaca surah Al-Fatihah dalam keadaan berwuduk sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari lalu ditiupkan pada air yang suci lalu diminum maka ia akan memperolehi ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari fikiran rosak.

Diantara khasiat Fatihah ialah siapa yang membaca ‘Al-Fatihah’ diwaktu hendak tidur, Surah ‘Al-Ikhlas’ sebanyak 3 kali dan Mu’awwidzatain maka ia akan aman dari segala hal selain ajal. Dan siapa berhajat (berkeinginan sesuatu) kepada Allah s.w.t.maka olehnya dibaca surah Al-Fatihah sebanyak 41 kali diantara sembahyang sunat Subuh dan sembahyang fardu Subuh sampai 40 hari (tidak Lebih) kemudian memohon kepada Allah s.w.t. maka Insyaallah ia penuhi keperluan hidupnya.

  • Barangsiapa membacaFatihah berserta Bismillah diantara sunat Subuh dan fardu Subuh dengan Istiqomah maka kalau ia inginkan pangkat terkabullah ia dan kalau ia fakir maka akan kaya serta jika ia punya hutang maka mampu membayanrnya dan kalau ia sakit maka akan sembuh serta kalau ia punya anak maka anaknya itu menjadi anak yang soleh, berkat surah Al-Fatihah.
  • Barangsiapa mengamalkan bacaanAl-Fatihah sebanyak 20kali setiap selesai sembahyang fardu lima waktu maka Allah s.w.t. luaskan rezekinya, baiki akhlaknya, mudahkan urusannya, hilangkan keperihatinannya dan kesusahannya, anugerahkan apa yang ia angan-angankan, dapatkan berbagai berkat dan kemuliaan, jadikan ia berwibawa, berpangkat luhur, berpenghidupan baik dan ia pula anak-anaknya terlindung dari kemudharatan dan kerosakan serta dianugerahkan kebahagiaan dan sebagainya.
  • Barangsiapa mengamalkan bacaanAl-Fatihah sebanyak 125 kali selesai sembahyang Subuh maka ia peroleh maksudnya dan ia ketemukan apa yang dicari-cari serta sebaiknya ia panjatkan doa yang bermaksud:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran Surah Al-Fatihah dan rahsianya, supaya dimudahkan bagiku semua urusanku, sama ada urusan dunia atau urusan akirat, supaya dimakbulkan permohonanku dan ditunaikan hajatku.”

  • Barangsiapa mengamalkan bacaanAl-Fatihah diwaktu sahur (tengah malam) sebanyak 41 kali maka Allah s.w.t.bukakan pintu rezekinya dan Dia mudahkan urusannya tanpa kepayahan dan kesulitan. Selesai bacaan Al-Fatihah tersebut dan sebaiknya berdoa:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahsianya, supaya Engkau bukakan bagiku pintu-pintu rahmatMu, kurnia-Mu dan rezeki-Mu. Dan Engkau mudahkan setiap urusanku, murahkanlah bagiku rezekiMu yang banyak lagi berkat tanpa kekurangan dan tanpa susah payah, sesungguhnya Engkau berkuasa atas setiap sesuatu. Aku mohon kepada-Mu dengan kebenaran surah Al-Fatihah dan rahsianya, berikan apa yang kuhajati.”

Diriwayatkan dari Syeikh Muhyiddin Ibnul Arabi didalam kitab ‘Qaddasallaahusirrahu’:

“Siapa yang punya maksud maka sebaiknya ia membaca surat Al-Fatihah sebanyak 40 kali sehabis sembahyang Maghrib dan sunatnya, selesai itu ia ajukan permohonan hajatnya kepada Allah s.w.t.”

  • SuratAl-Fatihah boleh mengubati penyakit mata, sakit gigi, sakit perut dan lain-lainnya dengan dibacakan sebanyak 41 kali.
  • Ikhtiar mengubati penyakit : Baca SurahAl-Fatihahsebanyak 40 kali pada tempat berisi air, lalu air itu diusap-usapkan pada kedua belah tangan, kedua belah kaki, muka, kepala dan seluruh badan, allu diminum, Insyaallah menjadi sembuh.
  • Kalau SurahAl-Fatihah itu ditulis dengan huruf-huruf terpisah lalu dileburkan dengan air suci dan diminumkan kepada sisakit, maka dengan iradah Allah s.w.t. ia akan sembuh.
  • Ikhtiar menghilangkan sifat pelupa : Tulislah suratAl-Fatihah dengan huruf Arab pada tempat putih dan suci lalu dihapuskan dengan air dan diberi minum pada orang yang pelupa, maka ia akan hilang sifat pelupanya dengan izin Allah s.w.t.
  • Mengubati sakit disebabkan oleh sengatan kala: Ambil sebuah tempat bersih lalu diisi air dan sedikit garam lalu dibacakan padanya SurahAl-Fatihah sebanyak 7 kali lalu diberi minum pada orang yang tersengat kala itu, Insyaallah ia akan sembuh.
  • Mengubati sakit gigi dan lain-lain: Untuk dirinya sendiri letakkan jari pada tempat yang sakit lalu membacaAl-Fatihah dan berdoa sebanyak 7 kali:

“Ya Allah, hilangkan daripada keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al- Amin) dan tetap disisi-Mu”.

  • Mengubati penyakit gigi orang lain: selesai membacaAl-Fatihah maka berdoa 7 kali:

“Ya Allah, hilangkan daripada orang ini keburukan dan kekejian yang aku dapati dengan doa Nabi-Mu yang jujur (al- Amin) dan tetap disisi-Mu”.

  • Adapun faedah dan khasiat dari SurahAl-Fatihah ialah menyembuhkan penyakit mata yang kabur (rabun)

Sabda Nabi Muhammad s.a.w.”

“Barangsiapa yang ingin menyembuhkan kelemahan pandangannya (kabur/rabun) maka hendaklah dilakukan:

  • Memandang bulan pada awal bulan, jika tidak kelihatan atau terhalang oleh awan dan lain-lain hal, lakukan pada malam kedua, juga tidak dapat, cuba pada malam ketiga atau begitu seterusnya hingga nampak kelihatan bulan itu.
  • Apabila telah kelihatan, hendaklah ia menyapukan tangan kanannya kemata dengan membacaAl-Fatihah sebanyak 10 kali.
  • Sesudah itu mengucapkan pula sebanyak 7 kali doa ini:

“Al-Fatihah itu menjadi ubat tiap-tiap penyakit dengan rahmat Mu ya Tuhan yang pengasih penyayang.”

  • Lalu mengucapkan “Yaa Rabbi” sebanyak 5 kali.
  • Terakhir mengucapkan pula doa ini sebanyak 1 kali:

“Ya Allah sembuhkanlah, Engkaulah yang menyembuhkan, Ya Allah sihatkanlah, Engkaulah yang menyihatkan”

Semoga dengan mengetahui begitu besarnya fadilah dan khasiat dari surah Alfatihah, kiranya dapat menjadi bahan referensi dan selalu bermanfaat untuk kita amalkan dalam diri kita. Amin & Wassalam

90 Comments

Add a Comment
  1. Subhanallah…
    Banyak juga Mas Fadhilah Dan Khasiat Surah Al-Fatihah…

    1. Bukan banyak juga mas, tapi banyak sekali manfaatnya

      1. betul betul betul…

        1. saya manggut manggut aja deh 🙂

          1. Nuhammad Mukhlis

            ini gambar saya kemana coba ?

          2. digondol kucing garong mungkin 😀

          3. kucing garongnya siapa tuh?

    2. sangat tidak lagi dapat di nafikan bahwa khasiat ALfatehah memang sangat dahsyat

  2. Maha benar Allah dengan segala firmannya..

    Apabila di amalkan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan insya Allah di kabulkan

    1. Nuhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang semoga berkah 🙂

      1. Amiin Allahuma Amiin…

  3. Sudah beres tugasnya mas?

    1. Alhamdulillah sudah mas..

      1. Nuhammad Mukhlis

        setengah mas, 🙂 hewhehehe

        1. baru setengah mah gak enak dong mas, nanggung itu namanya 😀

          1. kok tau, ngintips ya 🙂

          2. kan udah pengalaman coy 😀

  4. terimakasih dengan membaca fadilah dan khasiatnya, hati semakin ingin lebih mendekat kepada-NYA

    1. Alhamdulillah, sama-sama mang

      1. alhamdulilah kang, itu harapan kita atuh 🙂

  5. tak heran kalo tiap do’a atau beberapa acara selalu dibawa. siip

    1. apanya yang dibawa kang? 😀

      1. hahaha, saya ketawa aja deh ya 😀

      2. masa gk tau ahh bismilah dkk selalu dibawa kang

  6. Maha Suci Allah
    Iya AL-fatiha banyak manfaatnya asl diamalkan dengan benar..

    1. nah itu poin utamanya, kebanyakan udah pada tau fadhilah dan khasiatnya tapi gak pernah diamalkan itu masalahnya

      1. betul betul betul, kalo gitu mari kita amalkan 🙂

        1. yuk mari ah

  7. sudah lama sekali nggak koment disini, setiap kesini yang punya rumah sedang sibuk dengan tugas-tugasnya dan tanggung jawabnya.. alhamdulillah bisa berjumpa lagi di weekend ini

    1. Kelamaan bertapa di gowa mas mukhlisnya, padahal sih jaringan di daerahnya lagi kumat.. kata mas yanto itu juga 😀

      1. hahaha, gowanya masih bugar amat ini mah 🙂

        1. goa apa tuh masih bugar mas?

          1. numpang ngopi ah disini

  8. Maka dari itu Surat Al-fatihah selalu ada di setiap bacaan sholat dan do’a. karena mengandung banyak manfaat ya mas..

    1. Nuhammad Mukhlis

      betul betul betul, oya maff belum sempat semuanya BW balik 🙂 hehehehe

      1. nanti dirapel ampe lebaran yah

        1. siapa saya, terimaksih

          1. tenang mas, masih bisa dicicil bulan depan kan?

  9. Alhamdulillah kabar saya baik mas, cuma kantong doang nie yang lagi gak sehat malah udah harus masuk UGD kayaknya nih…

    1. hahaha, kok bisa atuh ?

      1. UGD (Udah Gapunya Duit) gitu kali maksudnya kang marnes

        1. numpang tidur ya mas..

  10. Nah kalo untuk yang ini sudah tidak diragukan lagi yah mas, memang begitu banyak manfaat dan khasiat dari surah al fatihah ini, semoga kita selalu senantiasa mengamalkannya, Amien.

    1. nah itu dia poin utamanya mas marnes 🙂

      amin ya robbal alamin, alfatihaah

  11. Iya subhanalloh mas Muhammad,,, surat al fatihah jadi kudu diamalkan oleh kita selaku umat muslim ya, karena bermanfaat untuk kepentingan kita sendiri, bisa bikin hati tenang juga kan ya… 🙂

    1. betul sekali kang, banyak bengit khasiatnya kan kang 🙂 hehehe

  12. Boleh juga nih tipsnya dicoba,, soalnya kadang2 pikiranku suka rada2 rusak dan ngeres… kalau baca alfatihah sebanyak 70 kali bisa membuat pikiran jadi tenang,, yah aku mau coba, siapa tahu bisa langsung ada efeknye 😀 xexexexex

    1. Bukan untuk coba-coba tapi harus di yakini juga 🙂

      1. betul betul betul 🙂

        1. setubuh eh setuju maksudnya 😀

        2. ini nih mas MM juga ketularan upin ipin. hehe
          maap mas saya jarang kesini, karena lagi nambah profesi menjadi 26 jam

  13. Jangan cuma di baca, di amalkan juga mas 🙂

    1. betul betul betul

      1. Sedang mencoba mengamalkan mas. Hehe.

        1. hahaha, saya ketawa aja deh 🙂

  14. subhanallah,, fadhilahnya banyak sekali mas, kalau bisa diamalkan juga biar pahalanya 2x lipat

  15. Sangat mencerahkan banget nie mas, mudah-mudahan kita semua bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari

    1. kok tau, ngintips ya ?

  16. Subhanallah, fadhilahnya sangat banyak.
    Semoga kita semua bisa Istiqomah. Aamiin

  17. Mantaplah moga dapat pahala yang banyak disini amin

  18. Iya mas, apalagi surat al fathihah ini jadi penentu shalat, karena tiap rakaat harus ada surat al fatihah. Selain itu juga termasuk surat pertama yang dibaca saat melakukan peruqyahan karena dari ayat demi ayat mengandung makna yang besar untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

    Makasih mas.

    1. iya mas, amin semoga bisa berkah bagi kita semua 🙂

  19. fadhilah dan khasiat surat Al-Fatihah memang tidak diragukan lagi, sudah terbukti banyak orang yang mengamalkannya memang mendapatkan manfaat.

    1. benar sekali kang, dari itu ayao kita amalkan 🙂

  20. Satu surat aja banyak sekali khasiatnya.
    Terimakasih infonya. Sangat bermanfaat mas.

  21. memang banyak sekali manfaat dari al fatehah ya mas.dan tiap hari kita pasti membacanya

    1. benar sekali mas yan, amin ya robbal alamin 🙂

  22. Surah Fatihah sebagai ummul-qur’an dan juga merupakan sab’ul matsani tentu fadilahnya sangat luas ya mas.. sedangkan santika fadilah tak punya fadilah apa-apa

    1. betul sekali teh 🙂 santika fadilah manfaatnya seperti di tanaman berkhasiat ya teh 🙂 hahahaha

  23. nenek saya pernah bilang “ucapan orang kuno saja mujarab, apalagi firman Allah”

    sebenarnya seluruh ayat alqur’an itu ada khasiatnya, hanya saja poin pentingnya adalah bagaimana kita membaca alqur’an tanpa mengharap khasiat2 yang ada.

    1. benar sekali mas, yang penting iklan dalam mengamalkan 🙂

      1. Setiap kita melakukan Sholat Al Fatihah selalu kita baca ya mas..itu menandakan bahwa Al Fatihah sekali ke utamaannya

        1. betul betul betul 🙂

  24. dan kakek saya pernah bilang “semua isi alqur’an diringkas ada di fatihah, fatihah diringkas ada di bacaan basmalah, dan basmalah diringkas ada di titiknya huruf Ba'”
    (mengutip dari kitab i’anatut tholibin juz I)

    1. Betul…Kata ulama dan ustadz…Al Fatihah adalah ibunya Al Qur’an

      1. betul sekali, semua surah dalam alquran terhimpun dalam satu surah yaitu alfatihah, dan semua itu dihimpun lagi dalam basmalah, betul kan 🙂

  25. Nurman

    Makasih sudah diingatkan jadi nambah semangatnya untuk baca surat al fatihahnya.

    1. sama-sama mas, moga bisa mengamalkannya

      1. alhamdulillah mas, itu yang kita harapkan, semoga sukses 🙂

  26. Bacaan al fatihah tak diragukan lagi fadilahnya tinggal mengamalkannya secara rutin

    1. Salah satunya dengan sholat.

      1. benar sekali mas mas 🙂

  27. Amin…

  28. sakacamprung

    sagat banyak manfaat. alfatihah……

  29. G ada artikel baru saya tetap tidak kaburrrrr saya akan setia komem mas…

  30. Saking banyaknya Fadhilah dan khasiat surat Al Fatihah maka yang saya tekankan hanya dipengamalannya & istiqomah setiap selesai sholat serta kapanpun kita disaat kita hendak mengamalkan surat al fatihah sesuai dg sikon masing2. Makasih mas Mukhlis sudah menuliskan banyak banget manfaat surat alfatihah (walau saya gak hafal semua fadhilah yg penting diamalkan)^^
    Blogwalking mas,,,:)

  31. di catat dan fastinya di amalkan mas, fatihah banyak banget fadilahnya. sudah semestinya kita terus membacakannya.

  32. Anjar Sundari

    Saya membaca AL Fathihan selain pada sholat fardhu dan menjelang tidur juga untuk doa apa saja, tetapi belum pernah baca sampai dihitung puluhan kali untuk tujuan tertentu mas 🙂

    Kalo dzikir baru dibanyakin sebanyak-banyaknya 🙂

    Ya, Al Fathihah memang termasuk surah utama dalam Al Qur’an 🙂

  33. subhanallah.. semoga kita semua mendapat safaat dan hidayah dari setiap membaca surah Al Fatihah ini.. aamiin,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme