Jangan Pernah Menganggap Remeh Tentang Penyakit Diare – Media Referensi

Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Jangan Pernah Menganggap Remeh Tentang Penyakit Diare

Pernahkah Anda diare? Setiap orang pasti pernah terkena diare dalam hidupnya. Diare adalah penyakit yang ditandai dengan tinja yang lembek dan cair, seringkali disertai kejang perut. Diare tak pernah pandang bulu, ia dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, baik orang tua maupun muda.

Jangan Pernah Menganggap Remeh Tentang Penyakit Diare

Diare seringkali dianggap sebagai penyakit sepele, padahal di tingkat global dan nasional fakta menunjukkan sebaliknya. Menurut catatan WHO, diare membunuh dua juta anak di dunia setiap tahun, sedangkan di Indonesia, menurut Surkesnas (2001) diare merupakan salah satu penyebab kematian kedua terbesar pada balita.

Jangan anggap remeh diare terutama pada anak. Diare mungkin bukan penyakit parah seperti penyakit jantung atau kanker. Namun, diare pada bayi dan balita (bayi bawah lima tahun) sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian akibat kekurangan cairan.
Bayi dan balita (bayi bawah lima tahun) rentan sekali akan diare. Perkembangan sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya yang belum optimal menyebabkan mereka mudah terserang diare akibat bakteri atau virus.

Lain lagi dengan orang dewasa. Diare pada orang dewasa, selain karena bakteri, dapat disebabkan pola makan (makanan bersantan dan pedas) dan stres. Untungnya, daya tahan orang dewasa lebih kuat dibandingkan anak-anak.
Hal penting yang harus diwaspadai pada penderita diare adalah kemungkinan terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). Cairan dan elektrolit tubuh akan banyak keluar bersama tinja sehingga tubuh kesulitan menjalankan fungsinya.

Penanganan diare pun tidak semudah membalikan telapak tangan. Pemberian cairan yang mengandung elektrolit penting memang baik untuk mencegah dehidrasi penderita, tetapi pemberian obat anti diare yang tidak pada tempatnya malah berbahaya.

Apa saja yang harus diketahui tentang diare?Apa saja gejala dehidrasi pada pasien diare?Bagaimanakah penanganan diare yang tepat?Jangan lewatkan wawancara eksklusif kami dengan ahli diare yaitu dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH dan dr. Luszy Arijanty, Sp.A? Anda dapat mengetahui semuanya dengan membaca detail kesehatan berikut.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), Diare adalah penyebab nomor satu kematian balita di seluruh dunia. Di Indonesia, diare adalah pembunuh balita nomor dua setelah ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Sementara UNICEF (Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk urusan anak) memperkirakan bahwa, setiap 30 detik ada satu anak yang meninggal dunia karena Diare.
Di Indonesia, setiap tahun 100.000 balita meninggal karena Diare.

Apa Itu Diare
Diare adalah buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari tiga kali dalam satu hari dan biasanya berlangsung selama dua hari atau lebih. Orang yang mengalami diare akan kehilangan cairan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi tubuh. Hal ini membuat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan dapat membahayakan jiwa, khususnya pada anak dan orang tua.

Penyebab Diare
1. Infeksi dari berbagai bakteri yang disebabkan oleh kontaminasi makanan maupun air minum;
2. Infeksi berbagai macam virus;
3. Alergi makanan, khususnya susu atau laktosa (makanan yang mengandung susu);
4. Parasit yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang kotor.

Penularan penyakit diare
Penularan penyakit diare adalah kontak dengan tinja yang terinfeksi secara langsung, seperti :
1. Makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi, baik yang sudah dicemari oleh serangga atau kontaminasi oleh tangan yang kotor.

2. Bermain dengan mainan yang terkontaminasi, apalagi pada bayi sering memasukan tangan/ mainan / apapun kedalam mulut. Karena virus ini dapat bertahan dipermukaan udara sampai beberapa hari.

3.  Pengunaan sumber air yang sudah tercemar dan tidak memasak air dengan benar

4.  Pencucian dan pemakaian botol susu yang tidak bersih.

5. Tidak mencuci tangan dengan bersih setelah selesai buang air besar atau membersihkan tinja anak yang terinfeksi, sehingga mengkontaminasi perabotan dan alat-alat yang dipegang.

Pencegahan Diare
Diare mudah dicegah antara lain dengan cara:
1. Mencuci tangan pakai sabun dengan benar pada lima waktu penting: a) sebelum makan, b) setelah buang air besar, c) sebelum memegang bayi, d) setelah menceboki anak dan e) sebelum menyiapkan makanan

2. Meminum air minum sehat, atau air yang telah diolah, antara lain dengan cara merebus, pemanasan dengan sinar matahari atau proses klorinasi

3. Pengelolaan sampah yang baik supaya makanan tidak tercemar serangga (lalat, kecoa, kutu, lipas, dan lain-lain)

4. Membuang air besar dan air kecil pada tempatnya, sebaiknya menggunakan jamban dengan tangki septik.

Yang terpenting diperhatikan pada kasus diare mendadak ini adalah:
• Ingat menhentikan diare virus dengan obat bukanlah jalan terbaik.  Tetapi jangan menjadi bingung bila diare tetap ada sampai beberapa hari.  Karena biasanya berlangsung beberapa hari-14 hari. Dan sembuh. Tergantung dari keadaan kesehatan anak dan banyaknya cairan yang masuk.

• Pengatasan diare adalah dengan memperhatikan adanya tanda-tanda DEHIDRASI

• Penanganan Yang terbaik adalah tetap memberikan makanan dan minum (ASI) seperti BIASA.  Bila sudah disertai muntah, untuk pengantian cairan anda dapat memberikan pedialyte ( oralit unutk anak2 dengan beberapa rasa).  Kurangi makanan yang mengandung terlalu banyak GULA.  Ingat memang tidak mudah memberikan anak cairan yang agak terasa asin ini, bahkan beberapa anak akan menolaknya.  Tapi bersabarlah dan tetap berusaha mencari jalan supaya anak dapat meminum cairan ini.

• Dan yang paling terpenting  adalah  Membuat anak kembali kemakanan padatnya (  dan / atau susu formulanya/ASI) karena ini adalah yang TERBAIK untuk mengobati diarenya.  Karena sel2 usus yang dirusak oleh virus memerlukan NUTRISI untuk pembentukan kembali.   Penelitian menyatakan bahwa pemberian makanan  seperti BIASAnya akan memperpendek masa waktu gejala dari diare ini.

Penyembuhan Diare
1. Minum dan makan secara normal untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang;
2. Untuk bayi dan balita, teruskan minum ASI (Air Susu Ibu);
3. Garam Oralit.

Sekian semoga bisa bermanfaat salam dan sukses

38 Comments

Add a Comment
  1. Penyakit Diare salah satu penyakit yg sering di alami oleh manusi ,faktor penyebabnya pun macem2 misal makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu, minum air mentah2 dan masish banyak yg lainya…

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, terimakasih mas TP slam sukses buat mas 🙂

  2. Nabila Aulia Putri

    Betul bang, rata-rata balita di Indonesia meninggal akibat akibat diare dan gizi buruk 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      benar mbak nabila, maka dari itu kita harus waspada dan mencegah diare, bersama indonesia sehat 🙂 makasi mbak nabila sukses

  3. betul sekali Pak, penyakit diare memang jgn pernah diremehkan, dan tentunya penyakit2 lain juga tidak boleh diremehkan ya pak… saya punya keponakan dulu pernah kena diare akibat makanan dan sempat di opname di Rumah Sakit selama 5 hari, Alhamdulillah tertolong dan ekarang sudah sehat bisa sekolah lagi…

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas eka, semua penyakit jangan kita anggap spele, walaupun itu kecil, alhamdulilah mas semoga keponaan mas eka selalu sehat dan dalam lindungan sang maha pencipta amin 🙂

    2. betul sekali ya diare ini bahaya juga ya patut diwaspadai dan jangan diremehkan pula ya kang karena diare ini bukan sangu yang bisa diremehkan.hehehe

    3. Muhammad Mukhlis

      iya betul sekali pak hendri, 🙂

  4. Sonny Ogawa

    Penyakit Diare berkaitan erat dengan cara hidup sehat, selama kita menjaga diri dari hal-hal yang tidak menyehatkan. maka InsyaAllah kemungkinan terjadinya diare dapat kita minimalisir

    1. Muhammad Mukhlis

      benar mas ogawa, saya setuju dengan sependapat mas, maka dari itu cara hidup sehat yang harus kita jaga, agar terhindar dari wabah penyakit, salam sukses mas 🙂

  5. Evrina Budiastuti

    saya dulu sering kena diare waktu masih sma, guru saya sampai hapal kalo saya sakit, entah kenapa perut sensitif dan saya gak pernah menganggap enteng yg namanya diare

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, betul mbak evrina, yang namanya penyakit tidak perlu kita nganggap enteng, terimakasih mbak, salam sukses 🙂

  6. Mysweet Ladyluck

    Aduuuuh saya pernah kena diare, sehari berkali2 buang air, tak bisa tidur. Udahannya lemes banget.
    Apalagi klo yg kena diare dedek kecil, kesihan banget.. cepet2 deh ditanggulangi.
    Tetap tenangkan pikiran jangan panik biarpun emaknya sambil mewek, saking gak tega.

    Terimakasih panduannya sgt bermanfaat.

    1. Muhammad Mukhlis

      emm, betul mbak sama sama, yang penting kita selalu menjaga pola hidup sehat mbak, salah satunya mencegah diare. dan harapan saya keluarga saya mbak juga selalu dalam keadaan sehat amiin , terimakasih kembali buat mbak, slam sukses 🙂

  7. Memang diare kebanyakan di anggap sepele, tinggal minum obat dia*pet juga sudah sembuh, Tapi masalahnya jika sudah parah bisa menyebabkan kematian… angka kematian yang diakibatkan diare sangat tinggi sekali… Harus banyak menjaga kebersihan dan makan makanan yang bergizi… Asi selain memberi nutrisi yang baik buat bayi, ternyata bisa untuk menyembuhkan diare juga yah… bisa untuk orang dewasakah?

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas ahmad, maka dari itu untuk menghindari diare harus mengatur pola hidup sehat, Penyembuhan Diare
      Minum dan makan secara normal untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang;
      Untuk bayi dan balita, teruskan minum ASI (Air Susu Ibu);
      Garam Oralit.

      Pertanyaan mas ahmad Asi bisa untuk orang dewasakah, saya rasa ini memang khusus untuk balita mas 🙂

    2. Mangs Aduls

      mas pengalaman saya dari pada obat tersebut mending oralit dulu dan bawa ke dokter aja jika mencretnya undah lebih dr 5 kali.
      pake obat itu mungkin mempet tapi pengalaman saya ada efek dari mempet

  8. Was was mas kalau sudah kena diare apalagi kalau sudah BAB lebih dari 5 kali biasanya langsung mengkonsumsi oralit buat pencegahan dehidrasi

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas dewi, apapun yang kita alami harus was awas dan waspada, terimakasih mas sukses mas 🙂

    2. Mangs Aduls

      betul sekali yang pertama harus sedia adalah oralit

    3. Muhammad Mukhlis

      sangat sangat setuju setuju banget banget banget mas aduls 🙂 hehehe

  9. Mangs Aduls

    bener mas diare jgn di anggap enteng. di saya mas bulan kemarin banyak sekali yang terserang diare sampai-sampai RSUD kewalahan.
    kebanykan pasien.

    1. Muhammad Mukhlis

      wah wah wah, sudah teratasi kan mas, 🙁

  10. Abah Template

    kalau sudah terkena penyakit diare ripuh sekali ya pak.. thank telah berbagi artikel yang sangat bermanfaat..

    1. Muhammad Mukhlis

      itulah abah, sebelum terkena sebaiknya kita cegah ya abah, iya abah terimakasih kembali

  11. Muhamad Kosih

    Nice post gan ^_^
    jadi harus hati-hati nih ama Diare

    1. Muhammad Mukhlis

      terimaksih mas, salam sukses 🙂

  12. ternyata diare penyakit yang banyak merenggut balita ya mas, memang sih ketika anak-anak atau balita daya tahan tubuhnya masih lemah. beda sama orang dewasa ya mas, namun meskipun begitu ada juga cara mencegah serta mengobatinya ya mas, seperti yang mas jelaskan diakhir tadi, garam oralit ya contohnya,terimakasih ya mas, semoga bisa bermanfaat nih bagi kita semua 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      amiin pak hendri, memang betul sekali pak hendri, hehe 🙂

  13. diare memang bukan penyakit yang enteng,,, diare memang sangat mengganggu bila tidak segera diobati mungkin akan menjadi diare akut

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sangat mas ahmad, maka dari itu kita harus waspada mas 🙂

  14. saya kok sudah jarang sekali dengar ada yang kena diare ya mas 😀
    tau nya dari dulu kalau kena minum oralit..

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas muchlis, asalkan kita sering melakukan p[ola hidup sehat, insya allah aman mas 🙂

  15. Defi Purnama

    Diare memang sangat berbahaya dan membuat tidak nyaman mas. Terima kasih buat ulasan dan tips mulai dari pencegahan hingga pengobatannya.

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas defi sama sama, terimaksih kembali mas 🙂

  16. betul nihh 😀 … banyak jga org yg meninggal garaa2 diare 😀
    nice info 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      tul betul betul mas ganar 🙂 dapat hadiah besuk

  17. Pencernaan itu memang rawan dengan masalah kesehatan termasuk metabolisme tubuh kita, maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Diare, bukan masalah sepele, harus segera di obati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme