Kasus Gizi Buruk Jadi Masalah Kesehatan Bagi Anak – Media Referensi

Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Kasus Gizi Buruk Jadi Masalah Kesehatan Bagi Anak

Masalah kesehatan anak merupakan masalah yang utama dalam bidang kesehatan yang saat ini terjadi di negara Indonesia. Derajat kesehatan anak mencerminkan derajat kesehatan bangsa. Karena anak merupakan generasi penerus bagi bangsa dan memiliki kemampuan yamg dapat dikembangkan dalam meneruskan pembangunan bagi suatu bangsa. Tumbuh kembang berarti suatu proses yang berhubungan dengan bertambah besarnya ukuran fisik, karena terjadi pembelahan dan bertambahnya banyak sel dan bertambahnya subtansi ubtensil pada jaringan tubuh.

Kembali kebahasan, kasus gizi buruk merupakan salah satu masalah kesehatan yang belum dapat terselesai diindonesia. Gizi buruk merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan gizi atau defisiensi gizi, kejadian ini umumnya banyak dialami oleh bayi atau anak anak yang yang kebutuhan fisik biomedisnya kurang terpenuhi.

Kebutuhan gizi yang diperlukan sebenarnya sangatlah banyak, biasanyua berupa karbohidrat, prtotein dan kalori, selain tidaqk terpenuhi kebutuhan dasar terdapat beberapa determinan yang menyebabkan terjadinya gizi buruk. Gizi buruk dapat menyebabkan anak terhambat dalam proses pertumbuhan maupun dalam perkembangannya.

Kekurangan gizi akan sangat menggangu proses tumbuh atau perkembangan sianak atau bayi, karena pada usia dini zat gizi yang optimal sangatlah diperlukan untuk m,engembangkan tubuh yang sehat dan mental yang kuat. Lebih dari itu gizi buruk juga berdampak pada timbulnya berbagai macam penyakit ketika anak tumbuh menjadi remaja atau dewasa.

Pada usia 12 bulan pertama anak sangat membutuhkan zat besi yang cukup, salah satunya seperti ASI. Didalam ASI sangatlah banyak mengandung zat besi, namun didalam penyimpanan didalam tubuh bayi tidaklah lama karena langsung diproses dalam metabolisme tubuh, oleh karena itu selain ASI bayi juga sangatlah dibutuhkan asupan yang lengkap yang mengandung zat besi demi pertumbuhan dan perkembangan sibayi tersebut.

Sekian sidikit artikel yang bisa admin paparkan yang berjudul β€œKasus Gizi Buruk Jadi Masalah Kesehatan Pada Anak” semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, tyerutama sekali dalam menanggulangi masalah bayi dan anak di masa sekarang. Sekian dan terimakasih

184 Comments

Add a Comment
  1. jangankan buat anak, saya aja masih lg perbaikan gizi nih mas ,,,hhihihihih

    1. yanto cungkup

      makanya cepet bikin anak

    2. tau tuh disuruh kawin kok susah banget yah, enak tauuu… πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      saya nya gimana atuh ?

    4. hahahahahaha .,…. eh mas yan ,,, bonkar kedok sy nih ,.,, bayar lah bayar ,,

    5. Muhammad Mukhlis

      bayar ke saya

    6. diiiih … gk bisa ya ,,,, :p

    7. yanto cungkup

      sesama belum kawin dilarang saling bayar

    8. Awas bini lho… pada nguping..!!!

    9. Muhammad Mukhlis

      saya ga ikutan lho πŸ™‚

    10. Mangadul Ganteng

      saya g ikutan juga ya mas

    11. hahaha … kok takut ama bini ?

    12. jangan takut, ada saya disini!!!

    13. Irwin Andriyanto

      saya dibelakang kalian

  2. ini benaran sy dpt protamax nih ?

    1. eh .. iya bnaran loh sy dpt protamax, kiraen cuma mimpi ,,, hahahaha

    2. Muhammad Mukhlis

      sayanya ga dapat apa apa berarti ya mas, hehehe ayo mas segera perbaiki gizi dengan banyak makan yang mengandung karbohidrat, protein dan kalori tinggi πŸ™‚

    3. yanto cungkup

      knalpot tuh yg berkalori tinggi

    4. Debe dilacious

      Apa ada hubungannya knalpot dengan gizi buruk kang πŸ˜€

    5. dia mah emang suka begitu orangnya mbak, suka rada-rada πŸ˜€

    6. Muhammad Mukhlis

      rada lebai maksudnya ?

    7. rada-rada unik ,.,,hehe

    8. Muhammad Mukhlis

      unik da mana ? dari sononya

    9. mungkin mas yanto ini temannya master limbad

    10. Muhammad Mukhlis

      hahhahahaha, hahahahhaa, hahahahahha, saya kabur ntar dikejar sama orang nya mbak πŸ™‚

    11. tuh kn sy ngomong bukn sy loh ,,,, hahaha
      tebakannaya Aiy Ayumna bkin ketawa keclek-keclek dah ,,,

    12. yanto cungkup

      mbak aiy…sini deket abang πŸ˜€

    13. Muhammad Mukhlis

      saya laporin ke istinya ne ya kang.

    14. Preeeet . ….gombal….

    15. Debe dilacious

      Wkwkwk mbak Aiy bisa melawak juga ya

    16. asli ini klo baca komeny mb Aiy … jadi ngakak lg …
      ada juga yah nyngka mas yan temannya master limbad..

    17. siti dzakirah

      permisi
      ada apa ya di atas

    18. yanto cungkup

      ada orang koplak

    19. bukan koplak tapi ada kupluk mb siti dzakiroh …

  3. memang sih masa anak" itu memang sangatlah diperlukan asupan makanan yang baik agar menunjang kesehatannya.Kasus gizi buruk biasanya diderita kaum minoritas ya mas?

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas awan, kasus seperti ini seharusnya harus kita perhatikan jangan sampai hal ini terjadi pada kita, salah stunya anak selain mengkonsumsi ASI juga butuh asupan yang cukup yang banyak mengandubg zat besi πŸ™‚

    2. jadi pemberian asi sangat penting ya mas untuk meminimalisir terjadinya gizi buruk??

    3. yanto cungkup

      benar kalau nggak salah

    4. kalo salah berarti gak bener kan yah

    5. Muhammad Mukhlis

      sepertinya mau disetrap ini mah semua !!

    6. saya yang jadi wasitnya ajah

    7. Muhammad Mukhlis

      wasit wasit ikut kena setrap πŸ™‚ week

    8. yanto cungkup

      saya manggut manggut

    9. saya ngopi aja deh daripad di setrap πŸ˜€

    10. Muhammad Mukhlis

      ngopi bayar dunks

  4. Isrofi Achmad

    Memang sangat memprihatikan juga ya, bila di jaman sekarang ini masih saja ada kasus gizi buruk.

    1. Muhammad Mukhlis

      benar mas isrofi, kasus gizi buruk di indonesia memang sangat dicategorikan tinggi πŸ™‚ maka dari itu mari kita atasi bersama sama πŸ™‚ hehehe

    2. yanto cungkup

      Please prove you're not a robot

    3. ngomong opo kowe mas? πŸ˜€

    4. Muhammad Mukhlis

      belum mandi tuh mas yanto makanya dikirain robot πŸ™‚

    5. yanto cungkup

      opo rek celuk celuk jenengku

    6. Muhammad Mukhlis

      ngomong opo sih ?

  5. kesiangan nih, kirain bkal dapet pertamax πŸ˜€

    1. yanto cungkup

      pertamax dari hongkong

    2. Sonny Ogawa

      Masih mendingan kalo cuma kesiangan, saya udah kemalaman..:-D

    3. Muhammad Mukhlis

      saya uda pagi ini πŸ™‚

    4. saya masuk siang loh

    5. Muhammad Mukhlis

      ini udah masuk kok πŸ™‚ katanya siang : week

    6. mungkin bisa dapet pertalite mas, lumayan lah daripada premium kan

    7. Muhammad Mukhlis

      peralite sudah kehabisan stok juga, jadi solar sja mbak πŸ™‚ wkwkwkw

    8. yanto cungkup

      mbak aiy koq cantik loya

    9. yang tuwa kasih kesempatan sama yang muda dong ah

    10. Muhammad Mukhlis

      setujuh setujuh πŸ™‚

    11. yanto cungkup

      siapa?
      saya?
      terimakasih

    12. ada apa dengan yang diatas nih, rame banget kayak pasar

  6. Anak anak sangat rentan sekali terkena kasus gizi buruk perlu peran semua pihak untuk mencegah hal ini

    1. yanto cungkup

      koq tau sih
      ngintip ya?

    2. pantesan matanya bintitan gituh, ngintipnya dikit sih πŸ˜€

    3. Sonny Ogawa

      Bukan cuma anak-anak mas, bapaknya juga ..

    4. Muhammad Mukhlis

      saya belum jadi bapak πŸ™‚

    5. bapak mana..bapak manaaa wakwaaaww πŸ˜€

    6. Muhammad Mukhlis

      bapak lagi bulan madu kang ke luar negeri, wkwkwkw

    7. ehh bapak-bapak lagi pd ngerumpi di sini

    8. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya ga ikutan lho πŸ™‚

    9. yanto cungkup

      eh ada mbak aiy…kenalan dong πŸ˜€

    10. Muhammad Mukhlis

      ini mesti saya lapor udah ke tiga kali ne mah

    11. mbak aiy?saya paling ganteng loh disini beneran

  7. kasus gizi buruk dinegeri kita masih belum terselesikan juga ya mas, apa mungkin ini dari faktor kemiskinan mas? kalo boleh tau lebih bagus asi atau susu formula ya mas?

    1. yanto cungkup

      menurut saya tetep ASI yg utama mas

    2. betul banget, dan harus diinget nie buat kang Hendri yang mungkin bentar lagi akan punya momongan, sebelum bayi berusia 6 bulan jangan dulu dikasih MPASI (makanan pendamping ASI) karena ada resiko buat si bayi tersebut.

    3. Muhammad Mukhlis

      betul sekali seperti yang dulas mas yanto sama mas marnes kang hendri. sebaiknya harus ASI dulu, selain itu juga butuh asupan yang cukup juga kepada anak yang banyak mengandung zat besi πŸ™‚

    4. oh gitu ya, urusan ngurusin anak yang tuwa emang lebih berpengalaman deh ya πŸ˜€
      jadi berapa tahun mas baru bisa dikasih makanan pendamping??

    5. Muhammad Mukhlis

      sepertinya yang diatas lebih berpengalaman ya mas hendry, saya ga bisa iktan lho πŸ™‚ week

    6. Kang Hendri: Setelah 6 bulan dikasih MPASI gak apa-apa kang, sebenernya ada ciri-cirinya kalo bayi tsb sudah siap dikasih MPASI, dianataranya: bayi sudah bisa menegakkan kepalanya, bayi sudah bisa duduk dikursi anak, bayi mau membuka mulut jika didekatkan dengan sendok terus bayi itu sudah mulai tertarik dengan makanan yang kita makan

    7. Muhammad Mukhlis

      ini mah baru yang berpengalaman πŸ™‚

    8. yanto cungkup

      siap2 nanti asinya mas hendri direbut anak πŸ˜€

    9. Muhammad Mukhlis

      hahahahaha, saya ga abis ketawanya ini mah

    10. iya kasian juga ya anak saya pas nyusu bau rokok πŸ˜€

    11. yanto cungkup

      itu kan judul lagu warijem dan tukiman

      pasti adminnya nggak tau lagu ini deh

    12. kita tunggu jawabannya deh ya..

  8. yanto cungkup

    mungkin hal ini terjadi karena faktor harga yang semakin melambung tinggi mas,tidak sesuai dengan penghasilan golongan menengah kebawah untuk mencukupi kebutuhan gizi anaknya.

    1. bisa jadi, bisa jadi…
      mengingat harga barang-barang sekarang ini makin melambung tinggi mas, salah satunya harga kacang yang semakin terjepit oleh daging sementara sekarang ini harga susu makin menggantung, bijimane ini? πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      betul betul, nah dengan hal ini siapa yang tanggung jawab, siapa ?

    3. Btw paham gak dengan komentar saya itu coba? hihihihi…

    4. Muhammad Mukhlis

      ngomong ape sih, sepertinya butuh setyrap ini ya ?

    5. yanto cungkup

      hadeuh…mas marnes varah

    6. farah queen yang chef itu kan πŸ˜€

  9. yanto cungkup

    jadi inget dengan lagu berjudul galang rambu anarki nih mas :

    maafkan kedua orang tuamu kalau tak mampu beli susu
    BBM naik tinggi susu tak terbeli
    orang pintar tarik subsidi anak kami kurang gizi

    1. ngintip ya??? πŸ˜€

    2. itu lagu pas masa-masa krisis banget waktu galang masih kecil

    3. Muhammad Mukhlis

      kok saya belum pernah dengar ini mah lagunya ?

    4. yanto cungkup

      kemana aja coba?

  10. Mungkin klo mas yang jadi presiden indonesia akan terbebas dari masalah gizi…

    1. nggak..nggak..nggak..
      nggak mungkin nggak mungkin, tunggu 100 taon lagi πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kalo saya jadi presiden saya bakalan duduk di istana dunks πŸ™‚ wkwkwkw

  11. Diar Nurhakim

    Masalah kasus gizi buruk pada anak ini tentunya memprihatinkan ya mas, soalnya proses perkembangan dan pertumbuhan cikal bakalnya dari situ…

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat betul mas, kekurangan gizi bagi anak menyebabkan pertumbuhan hambatan bagi sianak itu sendiri, takutnya disaat remaja bisa mudah terserang penyakit πŸ™

    2. Diar Nurhakim

      Yup betul mas muhammad, πŸ™‚

  12. Ubed Cakep

    Mantap gan postingan nya, gizi buruk harus bisa dicegah ya gan pada anak, kasihan kalau dia terkena kekurangan gizi, jadi perkembangan nya bisa terhambat

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, maka peran kita masyarakat dan pemerintah harus teliti dalam hal ini mas πŸ™‚

  13. kok pada online malem-malem ya?keliatan ga dapet jatahnya nih πŸ˜€

    1. saya dong onlinenya siang boleh malam juga oke πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, lagi datang kali mah πŸ™‚ wkwkwkw

    3. trus tidurnya kapan kang??

    4. tidur saya gak banyak kang, yah paling diantara jam 2-3 gitu deh terus subuh atau setengah 6 dah bangun lagi

    5. Muhammad Mukhlis

      setelah solat subuh lanjut tidur lagi kan ?

    6. yanto cungkup

      sapa yg baru sholat shubuh coba?

  14. siti dzakirah

    ya artikel yg sagat bagus nie mas.,.?
    lebih baik di cegah dari pada megobati ya mas?

    1. iya lah, mengobati kan mahal πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul, pertamax deh πŸ™‚ hehehe

    3. pertamax dari hongkong πŸ˜€

    4. Muhammad Mukhlis

      ga mungkin ga mungkin, saya setrap ini mah πŸ™‚

  15. Dzatmiko oi

    Gizi buruk penyebab terjadinya busung lapar. bener ga ya mas??
    Kemungkinan besar bisa terjadi karna kebutuhan ekonomi yang kurang terpenuhi karna masalah harga yang kian lama melambung tinggi.
    Harga susu yang mahal membuat si Ibu tak mampu memberikan susu formula, apa lagi di jaman sekarang banyak Ibu yang sudah punya bayi tapi ASInya tidak keluar, kan kasian si dede kecilnya kalau kondisi keluarga yang pas pasan..

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas dzamiko, ekonomi masyarakat bisa jadi penyebab salah satunya terjadinya hal demikian, maka peran pemerintah harus memberikan dan memperhatikan masyarakat yang kurang mampu, kebanyakan kasus ini terjadi pada masyarakat yang ekononominya kurang mas πŸ™‚

  16. Ibrahim M.Pd.I

    Gizi buruk ternyata masih terjadi di Indonesia ya mas, ini perlu penangan lebih lanjut, dan itu semua adalah PR untuk pemerintah πŸ˜€

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali pak, sebenarnya memang hal ini harus diperhatikan dan ditangani lebih lanjut, pemerintah dan masyarakat juga harus bekerja sama dalam menanggulangi hal ini πŸ™‚

    2. saya setuju banget deh, tapi masalahnya pemerintah kita kan males ngerjain PR??

    3. Muhammad Mukhlis

      apakah mesti kita buat demo saja mas ke perintahnya, πŸ™‚ hehehe

    4. strap aja udah mas πŸ˜€

    5. yanto cungkup

      awas juragan setrapnya denger lo ya

  17. Mudah-mudahan Indonesia terbebas dari kasus gizi buruk ini yah mas, kalo pun ada semoga bisa segera ditangani agar tidak semakin memperparah keadaan

    1. Muhammad Mukhlis

      amin yarobbal alamin, moga moga begitu ya mas, harapan kita selalu yang terbaik bagi negara indonesia ini πŸ™‚

  18. Defi Purnama

    Wah, habis ini saya langsung makan makanan yang bergizi deh biar nggak terjadi gizi buruk. Soalnya saya kurus, takut juga dibilang kurang gizi ntar hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ayu mas defi berbanyak dikonsumsi makana yang mengandung gizi πŸ™‚ hehehe

  19. hmm.. aku rasa nggak hanya anak-anak aja sih. giji buruk bisa jadi masalah buat kesehatan siapa saja.

    1. Muhammad Mukhlis

      bias jadi mbak, biasanya penyebabnya kekurangan vitamin, kalori, karbohidrat, dan protein akan berdampak kasus ini mbak πŸ™‚

  20. ilmu des

    sepertinya memang sudah seharusnya bayi diberikan ASI ekslusif, syuku2 bisa sampai 2 tahun, karena menurut saya ASI sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan si bayi. Nah, kalau kurang baru ditambah dengan MPASI, tapi paling enggak, 6 bulan pertama harus full asi tanpa makanan lainnya biar lebih sehat.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, selain itu untuk 12 bulan bayi juga harus punya juga asupan yang kaya akan protein serta mineral agar pertumbuhan bayi sehat πŸ™‚

  21. Supaya gizi anak sehat
    Orang tua harus cermat
    Kasih asupan nikmat
    Supaya anak walafiat..

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mbak, sayang nya mereka yang krisi ekononomi gimana dunks mbak, ini mah harus kerja sama antara masyarakat πŸ™‚

    2. Cireeee mantap niih puisinya….bisa di ambil istri nih…..

    3. Muhammad Mukhlis

      kalo begitu dapat hadiah dewh πŸ™‚

  22. Pergerakan ekonomi yang lagi melambat begini pasti gizi anak akan berkurang. Karena kemampuan membeli makanan yang bergizi akan ikut berpengaruh. Daya belu masyarakat yang semakin berat. Mirip lagi kan iwan, harga melambung tinggi gizi tidak terpenuhi.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, salah satu faktor dengan penghasilan atau ekonomi masyarakat, sayangnya mereka yang kurang mampu bahkan tidak ada yuang peduli dengan keadaan mereka, akhirnya untuk mencapai makanan yang bergizi masih minim πŸ™‚

    2. semoga saja pemerintah dan dinas sosial lebih untuk bergerak.

  23. yah mau gimana lagi, harga2 melambung naik jadi banyak yg kena gizi buruk

    1. Muhammad Mukhlis

      betyul betyul mas, caranya kita sekarang demo tukang jualan ya mas agar harga turun dratis πŸ™‚ wkwkwkw

    2. Eka Fikriyah

      tapi, kasihan petani dan pedagangnya juga kalau didemoin, hehheheh

    3. Muhammad Mukhlis

      iya juga ya mbak, habis ini harus kita alihkan ke pemerintah sebenarnya ya mbak πŸ™‚ hehehe

  24. Eka Fikriyah

    supaya anak gak menderita gizi buruk, harus digalakkan juga makan nasi dan sayuran sejak kecil, jangan dibiasain makan cemilan atau snack doang…hehe

    1. yanto cungkup

      sapa yg membiasakan ya?

  25. Mangadul Ganteng

    bener sekali mas asi sangat penting. sangat sayang jika asi dilewatkan oleh anak

    1. Muhammad Mukhlis

      Tul betul betul, pertamax deh mangs bisa tahu ini πŸ™‚

  26. Mangadul Ganteng

    ini saya telat datang ya. maklum ga tau abis ngapain ya berhari hari nih

    1. Mangadul Ganteng

      2 hari maksdnya

    2. Muhammad Mukhlis

      sudah saya maafkan lho, wkwkwkwkw, saya tebak pasti jual batubara:) betul betul betul

    3. Mangadul Ganteng

      bukan mas ada demo. hahahahha

  27. Komentarnya mbelok semua…mumet ndasku…

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas trik banyak tikungan tajam mas, wkwkwkwkw

    2. PURNAMA

      ojo do mumet, nak mumet minum oskadon, wakakaka

  28. Mungkin itu karena ibunya kurang vitamin jadinya saat melahirkan anaknya juga kurang vitamin.

    1. Muhammad Mukhlis

      bisa jadi bisa jadi mas πŸ™‚

    2. sudah pasti itu mas hehe

  29. kenapa dengan saya tidak bisa mereplay komentar disini, padahal yang lain bisa

    1. Kurang beruntung mas πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ini mah komentnya sudah direplay x masak dibilang belum bisa πŸ™‚ ngupi dulu mas biar fresh πŸ™‚

    3. efek belum bayar itu mas

  30. Gizi buruk memang menjadi masalah serius di Indonesia
    selain di Indonesia gizi buruk juga sering terjadi di negara-negara berkembang

    1. Muhammad Mukhlis

      benar mas, kasus gizi buruk memang bukan dinegara kita saja bahkan disemua negara merasakannya πŸ™‚

  31. Evrina Budiastuti

    kalau ada terdeteksi gizi buruk segera lapor ke petugas kesehatan supaya ditangani, kasian kalo kecil udah kena pertumbuhannya bisa terhambat termasuk kecerdasan

    1. PURNAMA

      nah itu salah satu cara pertolongan pertama gizi buruk yang baik mbak

  32. PURNAMA

    hem kasus ini sudah banyak terjadi di indonesia ya mas, memang perlu penanganan sejak dini, agar kasus gizi buruk bisa secepatnya diatasi dan tidak semakin banyak, nice info mas

  33. PURNAMA

    saya rasanya kok gak lama main kesini, dan perkembangan blognya semakin keren mas, semoga semakin sukses

    1. yanto cungkup

      makanya jangan digowa mulu πŸ˜€

    2. mas pur sedang bersemedi loya πŸ˜€

  34. Nailul Huda

    Pertamax, asyik mas mikhlis

    1. pertamax dari hongkong, saya dong yang pertamax

  35. Bahrudin udin

    Anak sekarang suka jajan sembarang, bisa jadi pengaruh gizi buruk kah!

  36. anak kecil seharusnya diberikan nutrien yang cuku untuk kesihatan yang baik..

  37. sangat penting untuk anak-anak mendapatkan gizi dan pemakanan yang baik untuk membantu mereka membesar dengan sihat. Terima kasih infonya.

  38. harusnya masalah seperti ini diperhatikan benar – benar sama para bunda.. apa sih susahnya ngasih ASI ekslusif untuk buah hatinya πŸ˜€

  39. Bapak ibunya rela ngga makan, yang penting gizi anak terpenuhi hehehe….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme