Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Keajaiban Hewan Dalam Kisah Nabi Dan Rasul

Keajaiban Hewan. Keberadaan hewan dimuka bumi ini diketahui sudah ada  bahkan sebelum manusia diciptakan. Sehingga tak heran bila hewan termasuk hewan yang paling tua didunia ini. Bahkan banyak hewan yang terkait dal kisah kisah Nabi dan Rasul. Untuk lebih jelasnya berikut Media Referensi rangkumkan 3 kisah hewan dalam kisah sejarah Nabi dan Rasul :

 

Keajaiban Hewan Dalam Kisah Nabi Dan Rasul

1. Laba-Laba Dalam Kisah Nabi Muhammad Saw

Saat kaum kafir Quraisy  melakukan segala upaya untuk mengejar dan menemukan Rasulullah SAW dengan iming iming 100 ekor unta bagi yang berhasil membunuh Rasulullah dalam hijrahnya ke Madinah, ternyata Allah SWT mengutuskan laba laba kecil untuk hinggap dimulut Gua dan membuat jarring kecil yang sempurna untuk menutupi mulut Gua Tsur tersebut, sehingga tampak seperti sarang laba laba yang sudah cukup lama dibuat. Jarring laba laba tersebut berhasil mengelabui kaum Kafir Quraisy untuk tidak masuk ketempat persembunyian Nabi Muhammad SAW.

Faktanya ternyata jarring sutra laba laba dikenal  dengan kekuatan dan keelastisannya sehingga bisa membuat pesawat Boing 747 mati diudara, bahkan jarring laba laba diakui lebih kuat dari pada Baja, sehingga menginspirasi Militer Amerika  untuk membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jarring laba laba.

2. Semut Dalam Kisah Nabi Sulaiman As

Keajaiban Hewan Dalam Kisah Nabi Dan Rasul2

Pada suatu hari ketika Nabi Sulaiman As seusai mengerjakan solat ditepi pantai, pandangan beliau tertuju pada pasir pasir pantai. Nabi Sulaiman yang memiliki Mukjizat sehingga dapat memahami bahasa hewan, melihat kawanan semut yang membawa daun hijau. Ternyata daun tersebut dibawaa dengan jasa seeko katak kedasar laut untuk memberi makan seekor ulat yang terjepit disebuah batu.

Faktanya Semut dikenal dengan memiliki solidaritas dan ukhwah yang tinggi antar sesamanya, dan dikategorikan sebagai spesies tercanggih didunia ini, dan tidak ada serangga yang lain sekuat semut. Semut juga dikenal sebagai hewan dengan otak paling besar proposinya, jika dibandingkan dengan keseluruhan semua tubuhnya, dan dikenal dngan salah satu spesies paling cerdas diantara serangga serangga lainnya, karena seut memiliki sekitar 250 ribu sel  otak dikepala.

3. Ular Dalam Kisah Nabi Musa As

Pada zaman Nabi Musa As, orang orang yang tidak beriman kepada Allah SWT menuduhkan Nabi Musa sebagai seorang ahli sihir yang andal. Sehingga asal Nabi Musa melemparkan tongkatntya selalu berubah menjadi ular. Aksi itu juga dilakukan ahli sihir yang mengubah tonkatnya menjadi ular.

Ular dari tongkat ahli sihir sebenarnya tidak bertukar menjadi ular yang nyata, melainkan hanya ilusi orang orang yang melihanya sehingga tampak seperi ular. Tapi tongkat Nabi Musakah yang sebenarnya  yang berubah nyata menjadi ular. Dan akhirnya ular ular dari tongkat ahli sihir semuanya ditelan oleh ular tongkat Nabi Musa, sehingga para ahli sihir melihat kejadian itu akhirnya merekapun Beriman, karena melihat begitu besar Mukjizat dari Nabi Musa As. Subhanallah sungguh mengharukan bukan.

Sekian artikel kisah Islami keajaiban hewan dalam kisah para Nabi dan Rasul yang admin rangkumkan, kiranya bisa menjadi bahan renungan dan motivasi kepada kita semua. Wassalam

 

271 Comments

Add a Comment
  1. Keajaiban hewan
    Karena kuasa Tuhan
    Dan membuat aku heran
    Semut kecil tapi terhebat diantara hewan…

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mb, smua atas kekuasaan sang maha pencipta yang telah memberikan mukjizat kepada para rasulnya 🙂

      1. Ikut nangkring diatas mas biar kelihatan 🙂

        1. Muhammad Mukhlis

          hahaha, silahkan mas 🙂

    2. begitu juga dengan hewan ada beberapa yang dimuliakan….benar gak gan?

    3. Muhammad Mukhlis

      tul betul betul, kok tau sih ngintips ya

    4. Iya sangat benar

      🙂

    5. sy dsini aja dah ,,, panjang bingts kebawhnya ,,hahaha

    6. Debe dilacious

      ikut nimbrung.wkwkwk
      kelelep mas dibawah

    7. Debe dilacious

      gak bisa komentar

    8. dibawah jauh kursornya, ikut nangkring saja disini

  2. Mendidik banget kisahnya.

    1. kisahnya memang singkat tapi mempunyai kedalaman makna kali gan….

    2. yanto cungkup

      tp nggak sesingkat komennya dong

    3. Boleh singkat asal mengena mas Yan….

    4. kena nya di mana coba.,?

    5. Dzatmiko oi

      Kenanya tuh disini…

    6. Cewek yg satu ini lama2 bikin ku gemes…

    7. siapa… siapa?

    8. hmmm jadi deg-degan siapa yaa 😀

    9. Muhammad Mukhlis

      siapa saya ? terimakasih weeek

    10. tuh trik post udah main cewek ya…ingat sama yang dirumah mas….maksudnya kopi kali. heee

    11. yanto cungkup

      saya pesen satu

    12. Muhammad Mukhlis

      kehabisan mas 🙂 week

    13. Dzatmiko oi

      yah sudah habis ya

  3. sebenarnya banyak hewan juga yang menjadi cerita sewaktu jaman nabi, seperti sapi betina yang mungkin berhubungan dengan surah Al Amidah dalam Alquran. menurut anda bagaimana

    1. unta nabi muhammad juga

    2. Muhammad Mukhlis

      sangat banyak kisah nya mas, yang lainnya ada burung hud, kambing ikan paus dan lainnya 🙂

    3. sorry ralat, itu bukan al amidah tapi al maidah ya gan. heheheeee

    4. yanto cungkup

      bayar

    5. Muhammad Mukhlis

      saya manggut saja deh

    6. Dzatmiko oi

      ikut nyimak aja

    7. Iya aku turut membaca

    8. Kisah nabi nuh yang di selamatkan ikan paus, termasuk ngga mas…

  4. Cilembu thea

    hewan dimasa Nabi dan Rasul memang menjadi inspirasi bagi kita para manusia dengan kesetiaan dan keajaibannya

    1. wah mas cilembu pengen jadi manusia ajaib ya

    2. Muhammad Mukhlis

      betul banget mas, bahkan bisa menjadi hal yang baik buat inspirasi dan motivasi kang 🙂

    3. iya mang lembu…ada pepatah mengatak…semut diseberang lautan kelihatan, sementara cewek benik dikelopak mata tidak kelihatan. bagaimana mau melihat orang kelopak matanya ketutupan sama tuh cewek….ditu artinya komen saya gak nyambung sama mang lembu…hehehheeee

    4. Muhammad Mukhlis

      saya manggut juga ini mah 🙂

    5. yanto cungkup

      awas kejedot

  5. nabi adalah manusia pilihan Allah mereka diberi keistimewaan tersendiri termasuk dengan keajaiban hewan yang diberikan kepada para nabi. kalu kita-kita gumbul sama hewan paling-paling ya dicaplok. hehee

    1. sebenarnya hewan itu ingin berkumpul dengan manusia, hanya manusia sendiri semena-mena pada hewan.

      bayangin coba ada ayam marah pada manusia dan bilang "brengsek kurang ajar… ngambil jagung dikit marah, padahal sudah puluhan telurku di makan"

    2. Muhammad Mukhlis

      emm, saya manggut manggut saja deh ya 🙂

    3. manggut-manggut kaya ayam itu ya

    4. Muhammad Mukhlis

      siapa saya terimaksih 🙂 week

    5. yanto cungkup

      saya ketawa ahh

    6. Muhammad Mukhlis

      bayar

    7. kalau saya sendiri kenapa

  6. Isrofi Achmad

    Keajaiban-keajaiban dimasa para Nabi itu menunjukkan kebesaran Allah atas kekuasaaNya.

    1. yanto cungkup

      saya manggut manggut

    2. terus saya harus ngapain coba?

    3. Muhammad Mukhlis

      kita ikut manggut manggut juga kalo begitu mas 🙂 hehehe

    4. yanto cungkup

      bayar

    5. Muhammad Mukhlis

      saya ga mau 🙂 week

  7. bisa ditambah mas. mbayar untuk kisah mas yanto

    1. yanto cungkup

      opo rek celuk celuk jenengku

    2. Muhammad Mukhlis

      bukan saya lho ya tp dia 🙂

  8. sebuah kisah yang mengingatkan kita bahwa Allah menurunkan cobaan plus dengan solusinya

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul 🙂 pertamax berarti anda 🙂 hehehe

    2. dapat piring cantik mas…sama ubi lembu sekalian…

    3. Muhammad Mukhlis

      juragannya belum dateng mah

    4. yanto cungkup

      lg macet

    5. Dzatmiko oi

      kejebak hujan

  9. oh ya mas, tata letak error gak???

    1. Muhammad Mukhlis

      ga mas, tata letaknya aman mas 🙂

    2. yanto cungkup

      pasti udah sewa satpol

    3. Muhammad Mukhlis

      kok tau ngintips pasti

      1. Mangs Aduls

        pasti itu mas ngintip

  10. Ya, itulah tanda kebesaran Allah SWT bukan? Dari hewan yang mungkin sebagian dari kita menganggap remeh pun selalu ada hikmah di balik penciptaannya. Manusia ga akan bisa menciptakan makhluk seperti yang Allah ciptakan.

    Wah, baru tahu nih kalo ternyata otak semut proporsinya lebih besar dibandingkan keseluruhan tubuhnya. Hebat ya, padahal kelihatannya mereka bergerak kayak satu kesatuan robot 😀

    1. yanto cungkup

      itulah salah satu kebesaran -NYA

    2. di sambung mas jgn -NYA aja tar salah paham lagi.,
      gak lagi2,.,
      heheheh

    3. Muhammad Mukhlis

      nya Allah SWT itu ya mb 🙂 hehehe

    4. yanto cungkup

      saya mau nyambung sama mbak siti ah

    5. Muhammad Mukhlis

      saya ikut ya

  11. Itulah kebesaran Allah yang patut kita puji! Puji syukur kehadirat Allah,

    1. yanto cungkup

      amiin

    2. Muhammad Mukhlis

      Amin ya robbal alamin 🙂 maha besar Allah

  12. wahy wic

    jaring laba laba sutra teryata sebegitu kuatnya ya mas,,

    1. yanto cungkup

      iya

    2. man yanto kok tau, ngintip ya?

    3. Muhammad Mukhlis

      saya ngintips juga, ngintips siapa coba ?

    4. yanto cungkup

      ngintip mbak siti

    5. Sudah tidur ya ?

    6. Muhammad Mukhlis

      saudah pagi mah sambil ngopi ditemani sama umbi nya enak weh

    7. yanto cungkup

      sekarang sore loh

    8. Muhammad Mukhlis

      ini dah malam lagi lho

  13. mantap deh mas buat pengetahuannya.

    1. Muhammad Mukhlis

      terimaksih semoga sukses 🙂

  14. Aku sangat tertarik dengan cerita semut. Dulu aku pernah diceritakan orang tuaku saat mejelang tidur. Nabi Sulaiman.

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, iya kang, pasti sangat seru ya mas, apalgi cerita tentang kisah nabi ya mas 🙂

  15. wah hewan purba semua tuh.

    1. yanto cungkup

      hah?

    2. saya ketawa boleh?

    3. Muhammad Mukhlis

      saya pusing udah kemarin ini 🙂

    4. yanto cungkup

      turut kasihan

    5. Muhammad Mukhlis

      bayar

    6. yanto cungkup

      besok ya
      kalau inget tapi

    7. Saya salah ya ?

  16. cacing ada gak bang ? 😀

    1. yanto cungkup

      ada banyak diselokan

    2. di dalam tanah jugak banyak mas

    3. Muhammad Mukhlis

      ya benar cacing selokan dan cacing t5anah 🙂 hehehe

    4. Wah gak ada cacing laut ya ?

    5. Muhammad Mukhlis

      cacing laut ngancung

    6. Mana ya kok gak kelihatan

  17. Ibrahim M.Pd.I

    saya lebih tertarik pada kisah semut yang ada dalam al qur an mas 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas, banyak inspirasi yang bisa kita ambil dari semut ya kang 🙂

  18. Diar Nurhakim

    Saya paling ingat betul tentang laba-laba dan Nabi Muhammad mas… Tapi baru tahu nama guanya, oh gus tsur ya namanya mas… 🙂 cerita ustadz yang paling saya suka waktu kecil mas waktu masih suka belajar mengaji…. 🙂

    1. yanto cungkup

      kalau gua hira kisahnya sapa coba?

    2. menurut mas yanto sapa.,?

    3. bukan saya beneran

    4. Muhammad Mukhlis

      siapa yang jawab saya lagi ?

    5. resiko jadi admin tuh mas 😀

    6. Muhammad Mukhlis

      adminnya siapa saya lagi ?

    7. yanto cungkup

      masak kudu saya yg ngaku admin sih

    8. Muhammad Mukhlis

      bingung

  19. yanto cungkup

    ternyata banyak kisah hewan dalam perjalanan utusan Allah SWT yamas.
    sungguh besar kuasa Illahi

    1. Muhammad Mukhlis

      benar mas, sungguh banyak sekali mas 🙂

  20. yanto cungkup

    bahkan nabi sulaiman selain memiliki kisah dengan semut, juga di beri mujizat bisa bicara dengan semua jenis hewan ya mas

    1. betul betul betul

    2. saya juga bisa mang bicara sama hewan,,, cuman hewannya kagak ngerti apa yang saya bicarakan,, coba gimana tuuh ???

    3. Muhammad Mukhlis

      iya kang itulah salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada Rasul untuk membuktikan kepda kaum nya tentang kuasa Allah mas 🙂

      Mb sity, meliryk, ahmad : saya manggut manggut saja deh ya hahahaha

    4. yanto cungkup

      manggut manggut koq bangga

  21. Saya sangat terkesan atas kisah dalam artikel ini mas …kisah kisah ini mudah2 han akan selalu membuat kita sadar akan KebesaraNYA…….amin…

    1. Sebenarnya masih banyak kisah2 dan mukjizah yang dimiliki para nabi…namun dari 3 alkisah di atas sudah membuat kita sadar akan keBESARANYA …

    2. saya setuju itu mas.,?

    3. setuju ko masih tanda tanya coba, hayooo… 😀

    4. Muhammad Mukhlis

      hahaha, mb siti kebiasaan nulis prnyataan apa pernyataan sebenar nya bingung 🙂 hiks hiks

    5. yanto cungkup

      saya gimana dong

    6. Muhammad Mukhlis

      ikut bingung aja biar sama

    7. yanto cungkup

      sendal saya mana?

  22. akan kah inspirasi militer amerika berhasil membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba – laba, tampa di sulam langsung oleh laba2 ?

    1. Dzatmiko oi

      jadi penasaran saya pengen liat hasilnya

    2. wah tanpa sulam ? gimana si laba-laba buatya tuh…. anti peluru lagi

    3. Muhammad Mukhlis

      saya menyimak saja deh sambil ngopi 🙂

    4. yanto cungkup

      dipersilakan

  23. Dzatmiko oi

    Mungkin ada lebih banyak keajaiban pada hewan di jaman Nabi dan Rasulullah ya mas, dan ketiga hewan yang disebutkan diatas sudah mewakili sejarah tentang Nabi kita..
    Dan ceritanya pun sangat singkat, jelas dan padat. Pada intinya mudah di mengerti dan dipahami ya ..

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali, masih banyak sebenarnya kisah nya, namun disini hanya saya lampirkan 3 soalnya lagi males ngetik, 🙂 hehehe

  24. Banyak kisah yang memberikan kit apelajaran dari sebuah peristiwa keajaiaban dalam setiap kisah nabi ya kag

    1. Muhammad Mukhlis

      iya kang, semoga dari kisah tersebut bisa membuat suatu inpirasi yang bagus kepada kita, semoga kita semua sukses selalu 🙂 amin

  25. saya belum bisa banyak berkomentar ini mas, yang pasti semoga dengan ulasan di atas telah memberikan kita pelajaran dan semoga kita bisa mengambil hikmah dari ulasan ini

    1. Muhammad Mukhlis

      amin amin amin mas, jangan lupa ngopi ya mas biar nikmat suasana nge blog BW nya 🙂

    2. yanto cungkup

      saya pesen satu

  26. makanya ada yang bilang katanya kita tuhh kagak boleh bunuh hewan yang bernama laba – laba,,,

    1. iya bener kang, saya masih inget banget waktu kecil suka dibilangin seperti itu, katanya laba-laba inilah yang suka membantu para pejuang kemerdekaan dengan menyamarkan jejak kaki para pejuang tersebut. Yang saya tau kalo membunuh cecak mah gak apa-apa yah, kalo gak salah sih…

    2. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul mas, semua binatang kita tidak boleh membunuh sebenarnya, semuanya ada hak hidup masing masing, kecuali sudah menjadi malapetaka bagi kita 🙂

  27. di zaman para nabi itu banyak sekali keajaiban yg terduga. andai sampai saat ini manusia bisa ngobrol dg hewan, pasti tidak banyak hewan yg mati sia2

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas, kasian juga sama binatang ya mas, alangkah sayangnya seperti saya tengoin di apa kemaren kucing kupas kulitnya hidup hidup, nauzubillah minzalik 🙁

    2. wah, kalau itu udah tidak manusiawi lagi tuh mas

  28. tukang sihir saja bisa berubah jadi beriman ya Bang? masa' kita nggak coba. ayo kita beriman

    1. Muhammad Mukhlis

      kok tau pak, ngintips ya 🙂 hahaha, iya hayuk menguatkan iman kita pak 🙂

    2. yanto cungkup

      eh mas zach tumben koq pinter loya

    3. Muhammad Mukhlis

      siapa saya 🙂 heheh

  29. Memang sih Buktikebesaran Allah itu akn ciptaannya. sebagai makhluk yang berakal kita juga bisa belajar dengan memahami cip[taannya ya ng lain agar bertambah keimanan kita ya mas.

    1. Muhammad Mukhlis

      tul betul betul mas, dengan begitu banyak bukti didunia ini tentang kebesaran Allah juga bisa membuat iman kita menjadi kuat:)

  30. Muhammad Mukhlis

    Terimakasih sahabat setia semua, baru bisa bukak blog, ada beberapa hal yang harus saya selesaikan 🙂 hehehe

    1. ada misi penting ya mas?hehe
      baru aja saya online lagi mas, adakala kesibukan didunia nyata yang penting dan tak bisa ditinggalkan ya mas sehingga kita harus meninggalkan dulu blog 🙂

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, misi di job saya mas, tinggal seminggu lagi udah siips 🙂
      hehehe, berarti sekarang sudah mau traktir sya kan 🙂

    3. saya?
      terimakasih 😀

    4. Muhammad Mukhlis

      weeek

    5. yanto cungkup

      woe itu bahasa sapa coba?

  31. Sebetulnya masih banyak lagi, tapi memang yang paling berkesan diatas. Sangat bermanfaat sekali mas, apalagi karakter hewan umumnya bisa aja menjadi sifat karakter manusia. Moga aja sikap kita seperti laba-laba yang selalu menjaga dan melindungi.

    1. Muhammad Mukhlis

      ya kang sangat banyak lagi kisah yang patut di toladani dari kisah binatang mas, namun disini hanya 3 poin sja, dengan tiga poin tersebut semoga bisa menjadi bahan renungan dan referensi kepada saya sendiri dan sahabat semua 🙂

  32. saya teh jadi inget masa sekolah nih mas, kalo membicarakan keajaiban hewan diatas. semut adalah hewan [paling solider ya mas tiap ketemu semut lain pasti deh salaman yakan?

    1. semut-semut kecil saya mau tanya, apa makanmu di dalam tanah? tidak takut cacing.. hayo lagunya siapa? heheee…

    2. lagu bon jovi..!!

    3. Muhammad Mukhlis

      mas hendri : iya benarkang semut saling bekerja sama antar sesama nya ya mas 🙂

      meliryk : sebentar ya saya cek di melyriclagu.blogspot.com apakah ada pengarngnya 🙂

      teh santika :hahahaha saya ketawa aja deh ya

    4. melirik@kasih tau ga yaaaaahhhh????

  33. kalau saya suka gajah yang hendak hancurin ka'bah. dalam alquran, cerita ibuku waktu kecil masih terngiang sampai sekarang..

    1. Muhammad Mukhlis

      saya sudah lupa ceritanya teh, mau cerita ulang nda ? ayo ayo

    2. yanto cungkup

      sini deket saya

  34. ntar dulu, saya mau maem ya

    1. Muhammad Mukhlis

      saya ikutan bole 🙂

    2. Muhammad Mukhlis

      saya kan RW nya, hahahaha 🙂 weeek

    3. yanto cungkup

      saya mau bobo' ah

  35. Muhammad Mukhlis

    oya Bentar lagi habis solat dhur saya bertamu ke blog kawan kawan ya, siapin Kopi terus ya, dan hidangan yang enak deh pokonya 🙂

  36. Domba, sapi, unta gak dimasukin mas? kan termasuk dalam kisah nabi Ibrahim dan Ismail

    1. trus dombanya mau dimasukin ke blog ini???kan kegedean atuh

    2. Muhammad Mukhlis

      iya kegedean mas sepertinya wkwkwkwkw

    3. semut aja dah yang muat yamas, mas chisana mah ada-ada ajah atuda 😀

    4. kan sekalian syukuran blog'a mas Mukhlis :p

    5. Muhammad Mukhlis

      siapa yang bagunuin saya tidur 🙂

  37. di postingan tidak ada kuda, Nabi Muhammad SAW menggunakan kuda dan sering berolahraga dengan kuda, sempat nonton ulsanya di acara tv islami sore hari

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali, banyak keajaiban kisah binatang di mas nabi dan rasul salah satunya ada ikan paus di masa nabi yunus, burung hud, kambing dan lainnya, namun dengan 3 kisah tersebut sudah bisa kita pahami dan bisa jadi toladan yang bagus 🙂

    2. semua atas kehendakNYa mas 🙂

    3. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul 🙂

  38. Abah Template

    cerita kisah yang super sekali tapi abah izin baca dulu ya pak

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah abah, sudah saya izinkan, hahaha

    2. Abah Template

      asik asik terima kasih atuh hehe

  39. Reky Bongso

    Hehehe sangat memotivasi mas, semoga berkah 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang 🙂

  40. semut saja punya solidaritas yang begitu tinggi tapi kita-kita? apa ya?
    kasih jawabnya ya, di bawah sini..

    1. Muhammad Mukhlis

      siapa yang jawab saya ?

  41. mas saya tidak terharu dengan cerita nabi musa tentang ular2 itu loh hehe.. tapi sungguh laba laba itu bisa menjadi pelindung yang sangat baik dan semut memang sangat cocok melambangkan kesolidaritasan 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      beda dengan saya , saya semua terharu mas 🙂

  42. Wong Crewchild

    hewan2 yang ajaib, pasti ada makna yang terkandung

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, sangat banyak makna nya 🙂

  43. Semoga kisah haiwan ini menjadi pengajaran kepada kita semua..

    1. Muhammad Mukhlis

      hewsan mb bukan haiwan, hehehe, amin mb 🙂

  44. saya mau ngopi disini aja sambil ngeramein yamas 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      bayar tauk 🙂

    2. kan udah tadi pagi masa lupa?

  45. Kemudian ada ikan Paus juga dari nabi Yunus mas 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas masih banyak lagi burung hud kambing dan lainnya 🙂

  46. Kisah-kisah yang patut dihayati sebagai seorang muslim

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang, terimaksih dan selamat malam 🙂 hahaha

  47. Mangadul Ganteng

    beneran mas jaring laba – laba ini kuat mas bisa jadi baju anti peluru.

    1. Muhammad Mukhlis

      sepertinya begitu mas, coba cek baju anti peluru apakah ada 🙂 hiks hiks

  48. Mangadul Ganteng

    mungkin g mas semut di latih

    1. Muhammad Mukhlis

      mungkin ga sih, saya belum sempat berkomukasi soalnya sama semut mas, itu kisah nabi sulaiman dulu 🙂

  49. semut adalah makhluk yang paling kompak menjaga kerukunanan hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mas, banyak hikmah yang bisa kita cintoh dari semut 🙂 dengan kekompakan nya

    2. tapi kalo udah kompak ganggu makanan kita gimana?

  50. Ternyata jaring laba-laba lebih bisa lebih kuat dari baja ya mas, baru tahu saya, makasih ya

    1. Muhammad Mukhlis

      sama sama mas, besok kemari lagi ya banyak info unik lainya 🙂 hehehe

  51. Mysweet Ladyluck

    laba2 srt al kahfi, sapi betina srt al baqarah
    kera srt al baqarah, gajah srt al fiil, ikan paus kisah nabi yunus
    kambing kisah nabi ibrahim, dll, banyak kisah hewan yg disebutkan dlm al quran.

    kisah laba2, semut, ular di atas sll menarik, edukatif, hikmah yg terkandung sungguh dalam. Terimakasih mas kisahnya smoga menambah ketaatan kita kpd Allah Subhanahu wa Ta'aala.

    1. nah tuh salah lagi kan saya menyebut masalah cerita sapi di almaidah, padahal albaqarah…ralat ya admin…maklum ilmu agama perlu ditambah lagi kayaknya min.

    2. Mangadul Ganteng

      ikutan saya mbah

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mb dan mas sekalian, sukses selalu 🙂

  52. Saya komen apa lagi nih mas sepertinya dah lengkap komenya ….ini…

    1. Jika kita mengaku ummat muslim sudah seharus nya kita mwngetahui sejarah dan riwayat syiar para nabi mas… Iya kan?

    2. oh gitu mas. saya ikutan mendengarkan aja ya, sambil belajar juga…!!! tapi gak bayar ya…heheheee

    3. Muhammad Mukhlis

      giliran bayar sama adminyya ya 🙂 saya manggut saja deh 🙂

  53. gambar ular nya lucu, hihi

    1. kamu juga lucu tauk 🙂

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya ketawa aja deh ya 🙂

  54. Sonny Ogawa

    Bagaimana dengan seekor anjing bernama Kithmir dalam kisah Ashabul Kahfi mas? Apa termasuk hewan ajaib juga?

    1. Mangadul Ganteng

      ia ya belum di sebutkan. kita tunggu mas admin

    2. itu juga masuk, tapi gamasuk kalo saya masukin ke komputernya, gimana dong?

    3. Muhammad Mukhlis

      iya mas. semua nya sangat banyak masih kisah yang ada dari kisah nabi dan rasul sama keajaiban binatang nya, cuma disini ga saya sebutkan semua 🙂 hanya 3 saja mas 🙂

  55. Wah, hebat sekali. Benar-benar ajaib, ya :))

    1. iya mba, ajaib banget deh ya

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, sebuah kisah yang sangat menarik bukankah ? hehehe

  56. kayanya saya mesti pura2 jadi admin dulu nih ya

    1. Muhammad Mukhlis

      adminnya lagi sibuk sepertinya 🙂

    2. Boleh asal jangan lama2…he…he..

    3. saya ngapain dong ?

    4. kenapa harus pura-pura?

  57. Banyak kisah-kisah yang dapat dijadikan pengajaran dan juga menjadi bukti kekuasaan Allah.

    1. Muhammad Mukhlis

      aminmba 🙂 semoga bisa bermotifasi pada kita semua 🙂

  58. saya suka cerita hewan2 dlm al-quran 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mb, sama seperti saya juga 🙂

  59. wih ramai banget nih yang komentar. ditunggu lagi post terbarunya…

    1. Muhammad Mukhlis

      insya Allah mas, lagi ga bisa update ini, lagi sibuk sama job saya 🙁

      1. boleh tau apa pekerjaannya apa mas ….

  60. itulah, hewan aja bisa menginspirasi, apalagi manusia harusnya bisa bersikap yang baik dan menjadi inspirasi bagi yang lain 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mb, semoga kita selalu dalam keadaan baik amiin 🙂

    2. aaminnnnnn

  61. Hewan hewan tersebut sangat luar biasa, bisa membantu para nabi… bisa menginspirasi seperti serangga semut… jaring laba laba terlihat tipis tapi memiliki kekuatan yang sangat luar biasa ya

  62. Evrina Budiastuti

    bisa jadi bahan aku untuk mendongeng nih, waktu zaman para nabi memang penuh dengan keajaiban yang belum tentu bisa diterima oleh akal pikiran manusia

  63. adminnya lagi kemana yah?udah lama ga nongol nih..

  64. Tiadalah Percuma Tuhan Menciptakan Segala sesuatu sebagai ayat bukti KekuasaanNya. Begitu pula Binatang dalam Riwayat Nabi-nabi Terdahulu Yang harus jadi Pelajaran dan Peringatan bagi umat Setelahnya termasuk Kita

  65. Muhammad Mukhlis

    MOHON MAAF KAWAN KAWAN SEMUA, BELUM BISA AKTIF DI BLOG, LAGI SIBUK SAMA TUGAS SAYA DI TEMPAT SAYA KERJA 🙂 MUNGKIN BESOK SUDAH AKTIF KALO GA ADA HALANGAN APA APA 🙂 SALAM SUKSES KEPADA KAWAN SEMUA 🙂

  66. Jadi ingat waktu MI saya, mendengar dongeng isah2 nabi dari Guru saya waktu di MI

  67. Komentar yang melebihi 200 kok ngga keliatan ya…

  68. Debe dilacious

    "Ternyata daun tersebut dibawaa dengan jasa seekor katak kedasar laut untuk memberi makan seekor ulat yang terjepit disebuah batu. "

    maksudnya katak apa semut mas mukhlis?

  69. yanto cungkup

    bosen ah artikelnya ini mulu
    huh

  70. yanto cungkup

    saya nunggu updatenya aja ah

    1. saya ngapain ?

  71. kisah para hewan diatas sering sekali diceritakan waktu kecil dulu sebelum tidur maupun di sekolah dasar..
    menunjukkan betapa berkuasanya Allah SWT dalam melakukan apa saja…

  72. Eka Fikriyah

    baru tau kekuatan laba-laba, dashyat ya… ;)) Selama ini kalau ada sarang laba-laba di rumah, langsung dimusnahkan ihihih

    1. Eka Fikriyah

      kan..kan…aku komen urutan yang ke 200-an….hadehhhh

  73. Wida Zee

    Sekarang yang ajaib atau hebat bisa berinteraksi dengan manusia hanya bisa dilihat di tv-tv nasional hehehe

  74. Hanya bisa berkata subhanallah…

  75. Itulah kebesaran Allah ya mas, dengan segala keajaiban-keajaiban yang diciptakannya.

  76. saya paling senneng ama kisah laba laba mas….
    ALLAHUAKBAR

  77. Subhanallah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Back to Home
×
error: Content is protected !!