Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Makan Berlebihan – Media Referensi

Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Makan Berlebihan

Kurang Tidur. Penelitian baru menunjukkan bahwa tidak cukup tidur bisa meningkatkan risiko makan yang berlebihan dan obesitas. Studi ini menunjukkan bahwa tidur kurang dari tujuh jam bisa meningkatkan “makan jadi terganggu” dan bisa menyebabkan asupan yang lebih besar dari kalori.

Menurut National Sleep Foundation, bahwa orang dewasa dianjurkan harus tidur rata-rata sekitar tujuh sampai sembilan jam di malam hari agar mendapatkan fungsi yang optimal bagi daya tahan tubuh. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hingga 70 juta orang Amerika menderita gangguan tidur bahkan kurang tidur epidemi kesehatan masyarakat mereka menurun.

Nah apa yang terjadi ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukiup? Akibatnya internal yang berdampak hormone seperti insulin dapat menggangu tubuh anda dan bisa berakibat metabolisme Anda akan kehilangan keseimbangan. Hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami peningkatan kadar hormon lapar yang disebut ghrelin. Hal Ini juga bisa berakibat Anda mengalami penurunan kadar hormon lain yang bertanggung jawab untuk kenyang dan kepenuhan biasanya disebut leptin. Kedua ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

Dengan tidak mendapatkan tidur yang cukup, Anda akan menderita efek samping tertentu yang dapat mengganggu rutinitas harian Anda. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko untuk terlibat dalam kecelakaan dengan merusak perhatian Anda, kewaspadaan, konsentrasi dan memori. Hal ini dapat menyebabkan depresi, penuaan dini dan berat badan. Dan dibalik itu tidur berkepanjangan pun dapat meningkatkan risiko untuk masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, denyut jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke dan diabetes.

Tips untuk mendapatkan tidur malam yang baik:

  1. Jaga gelap kamar Anda, Memasang tirai atau menggunakan masker mata untuk mencegah terlalu banyak cahaya masuk yang dapat menyebabkan tidur Anda akan terganggu. Tidur dalam kegelapan memungkinkan tubuh kita untuk memproduksi melatonin yang merupakan bagian penting dari siklus tidur.
  2. Tidur berbaring telentang, Berbaring telentang adalah posisi tidur terbaik. Hal ini juga dapat membantu Anda menghindari rasa sakit dan nyeri. Berinvestasi dalam bantal yang baik yang memungkinkan leher Anda untuk tetap datar.
  3. Mengatur suhu kamar tidur Anda. Jika kamar Anda terlalu panas atau terlalu dingin, bisa mengganggu tidur malam yang baik. Suhu optimal untuk tidur terganggu adalah antara 60 dan 65 derajat Fahrenheit..
  4. Batasi tidur siang. Studi menunjukkan bahwa mengambil tidur siang di siang hari justru bisa membuat orang merasa lebih lelah. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda untuk tetap up kemudian dari yang diinginkan. Jika Anda memang harus tidur siang, batasi tidur siang hanya sekitar 20 menit.
  5. Makan makanan yang sehat. Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi bagaimana Anda tidur. Bertujuan untuk makan malam setidaknya beberapa jam sebelum tidur dan menghindari stimulan seperti kafein dan gula.
  6. Menetapkan rutinitas tidur pada sekitar waktu yang sama setiap malam dapat membantu tubuh anda agar terbiasa saat memulai tidur.

Sekian sedikit pembahasan yang berjudul Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Makan Berlebihan dan tips untuk mendapatkan tidur yang baik, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalam

64 Comments

Add a Comment
  1. Pantes aja saya kelihatan tua, ternyata salah satu penyebabnya kurang tidur…hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      nah itu bukan sama kurang tidur kang, memang akang sudah berlanjut usianya 🙂 hiks hiks

  2. Tapi walaupun saya kurang tidur (banyak begadang) tidak menyebabkan obesitas loh mas… 😀
    Mungkin karena saya tidak suka ngemil kali ya? malah rokok yg boros…hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kalo begitu sekarang sudah tau kan, besok besok jangan telat lagi tidurnya:D

  3. Sepertinya saya dapat pertamax nich…dapat hadiah ga ya?

    1. Muhammad Mukhlis

      pertamax nya kehabisan kang, mumpung banyak yang order siapin tahun baru 😀

  4. Mumpung masih sepi..puas-puasin comment…haha

    kabuuuuurrrrrrrr

    1. Muhammad Mukhlis

      jangan lupa baya besok ya 😀

  5. Waduh saya suka kurang tidur mas soalnya kalau tidur lampu kamar nggak pernah dimatikan soalnya kalau gelap justru nggak bisa tidur

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya kebalikan dari itulho, kalo nmalam lampu mesti dimatiin semua 🙂

  6. yesterdaysgone

    saya banyak makan tapi juga banyak tidur
    juara kan?

    1. Muhammad Mukhlis

      begitu juga saya, banyak makan minum tidur, pokonya sama sama mas zacht 🙂 hiks hiks

  7. Saya biasayana tidur di cicil Kang, dan dibagi dua waktu, namun totol jam yang diperlukan untuk tidur sama sih. Sukses ya kang….

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, itu lebih efektif kang ya, soalnya bisa ngatur waktunya 🙂 sukses kembali kang 😀

      1. trikpos

        Memang sih mas…dgn kegiatan BW yang hampir g bisa di tinggalkan..jelas tidurpun agak sedikit terganggu…akibatnya nafsu makan berkurang…dgn membaca tips ini setidaknya…akan lebih memperhatikan waktu tidur….

        1. Muhammad Mukhlis

          betul beul mas, memang itu tugas utama blogger euy 🙂 hiks hiks

    2. @masindra, tidur dicicil, kredit spatu kali wkwk

  8. mas, aku tidurnya cukup, tapi kok makannya juga selalu nafsuan,gimana dong, hahahha

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, berari mantap tuh mb euy, kan masih bisa makan rutin, kalo saya sih biasanya makan berlrbihan juga tidur pun demikian, hiks hiks 😀

  9. trikpos

    Ha…ha…rata2 blogger kurang tidur mas…biasa BW sampai jam 2/3….trus bangunya jam 8/9… Gimana ini baiknya mas….

    1. Muhammad Mukhlis

      ini sudah baik mas, memang kita blogger, kalo dibilang ga baik ntar saya saya kenak cobak ?

  10. trikpos

    Mas Mukhlis tolong buka emailnya…ada email dari saya…mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      yups, dah mas, pasti mau kasih oleh oleh pesta tau baru ya, asik asik 😀

  11. Tidur siang emang bisa ganggu pas tidur malam ya mas… 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      emm, iya benar benar mas, semoga aman saja 😀

  12. dyla

    kurang tidur juga bs membuat kulit ga sehat, aq malah demen tidur,hihi

    1. Muhammad Mukhlis

      hiks hiks, betul sekali neng, maka dari itu sayangi kulit dengan menentukan pola tidur yang sehat 😀

      1. trikpos

        Kalau ketawa jangan ngakak…….

        1. Muhammad Mukhlis

          haaah, ngangkang aksudnya, ga mungkin ga mungkin 😀 week

  13. Tidak bisa dipungkiri memang kalau kita kurang tidur akan menyebabkan kita jadi makan berlebihan, saya sendiri sudah merasakan hal tersebut. Makan berlebihan tentunya kurang baik bagi kesehatn apalagi ditambah dengan pola tidur yang kurang teratur.

    Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pola tidur yang baik adalah dengan cara menerapkan 6 tips diatas,,kurang tidur sepertinya hal sepele tapi kalau lama – lama dibiasakan seperti itu, bisa jadi akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat merugikan kesehatan tubuh kita…oleh karena itu kita harus tetap menjaga pola tidur kita dengan baik….

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat betul mas ahmad, ternyata sudah duluan mas ahmad yang tau iniyee, hiks hiks hiks, yoi mas, semoga di tahun 2016 ini kita sealu dalam keadaan yang sehat sukses disunia akhirat amin 😀

      1. trikpos

        Apa saya harus bilang amin gitu…?

        1. Muhammad Mukhlis

          biar dibawah saya yang jawab 😀

          1. Ogah Mas…hehehhe

  14. bisa bikin gemuk donk kalo gitu…
    mampir balik dan komen komen ya mas,,,

    1. Pasti klo Mas Mukhlis ma..

      1. Muhammad Mukhlis

        insya allah mas, semoga sukses 😀

  15. Pantesan sy tdr cukup nakannya nggak banyak

    1. Ciuuss…Mas

      1. Muhammad Mukhlis

        hehehe, sepertinya ciiiiusss ini mas 🙂 hiks hiks

  16. Percaya atau enggak,,,saya juga nagalamin hal ini Mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      nah saya bilang juga apa kan mas, kena deh 🙂 hiks hiks

  17. saya tidur sih cukup, tetep aja makan mah berlebih hehe

    1. Dedy Akas Website

      Ohh… gitu ya Teh… 😀
      Saya malah kurang nafsu makan… 🙂

      1. Muhammad Mukhlis

        saya mangut manggut

  18. memang penting ya kuantitas dan kualitas tdr itu

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat sangat penting mbak :)hehehe

  19. hendri hendriyana

    tidur yang cukup memberikan dampak yang baik bagi kesehatan juga, tapi saya masih suka insomnia nih mas, kadang tidur jam 12 malem gitu.dan sekarang tiap tidur saya suka matiin lampu, sebelumnya saya suka tidur dalam keadaan lampu menyala, lumayan lah sekarang tiap bangun tidur agak fresh juga setelah membiasakan matikan lampu sebelum tidur 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, saya sebaliknya atuh, semua lampu dimatikan 🙂

  20. hendri hendriyana

    selamat tahun baru ya mas, semoga diawal tahun ini blog kita semakin maju dan banyak visitor tentunya 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      amin ya robbal alamin mas, semoga dipermudahkan segala dalam urusan dunia akhirat 🙂

  21. trikpos

    Mas kok sekarang iklan GA nya g muncul ya…

    1. Muhammad Mukhlis

      biasa itu mas, GA nya lagi istirahat sepertinya 🙂 hiks hiks

      1. yang kerja itu kita atau GA nya ya mas? kok ada istirahatnya sih?

  22. bengkel blogger

    akhir-akhir ini saya kurang tidur dan kayaknya memang mengidap leptin…akhirnya banyak makan mas.
    makanya nih badan semakin tambun aja. kayaknya memang harus menjaga pola tidur yang sehat agar makan bisa dikontrol. pantes saja kalau makan kayaknya gak ada kenyangnya…

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul mbah, nah tips diatas memang sangat maknyus buat mbah terapin sepertinya begiyu mbah 🙂 hiks hiks jadi GR

      1. iya mas tips nya sepertinya jika di terapkan akan sangat membantu ya. Terima kasih ya mas

  23. Muhammad Mukhlis

    betul betul betul mbah, nah tips diatas memang sangat maknyus buat mbah terapin sepertinya begiyu mbah 🙂 hiks hiks jadi GR

  24. Wah ternyata begitu ya mas? saya kurang tidur dan banyak tidur di pagi hari (seperti kalong) hehehe. tapi banyak yang bilang kalo kurang tidur itu bikin badan kurus, tapi nyatanya saya ko malah gemuk ya?

  25. Mas Irwin

    saya tidak bisa tidur telentang mas,,,, telenmur aja gak bisa apalahi telen tang 😀

  26. Artinya klo mw gemuk, kurangi tidur.. 🙂

  27. oh ternyata begitu tapi saya kalo kurang tidur malah kurus soalnya bukan makan tapi ngopi terus

  28. mas mu tanya kalau 7 jam atau 9 jam yang harus kita penuhi kalau kita kebagian sip malam saat bekerja di PT itu gimana apakah sama yang tadi dibicarakan mas muklis bicarakan soalnya kan mas muklis bicaranya malam aja…?

  29. Haha kalau mau lapar terus berarti kurangin tidur ya mas, tapi masih bagus si kalau kurang tidur malah jadi lapar terus dibanding kurang tidur kurang makan juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme