Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya




Langkah Cermat untuk Mendapatkan Rumah Idaman

Memiliki sebuah rumah idaman adalah hal sebuah mimpi yang harus segera terwujud. Namun, terkadang hal ini terkesan sulit terwujud karena beberapa hal. Penghasilan menjadi salah satu kendala yang memupuskan harapan untuk mendapatkan hunian yang nyaman. Walaupun demikian, Anda tidak boleh patah semangat untuk mendapatkan sebuah hunian idaman. Belakangan ini sudah banyak ditemukan bagaimana cara mendapatkan hunian yang nyaman sesuai dengan penghasilan yang didapatkan. Sebenarnya Anda bisa mendapatkan rumah idaman dalam hitungan kurang lebih 1 tahun. Bagaimana caranya? Anda harus menetapkan ritme yang pas agar memenuhi target untuk membeli hunian idaman untuk satu tahun ke depan.

 

Langkah Cermat untuk Mendapatkan Rumah Idaman

Langkah Cermat untuk Mendapatkan Rumah Idaman

 

Strategi Persiapan Membeli Rumah dalam Waktu 1 Tahun

Memiliki hunian idaman yang nyaman merupakan impian yang sudah lama terpendam, namun masih belum terlaksana juga? Untuk itu, Anda bisa membulatkan tekad Anda untuk segera menempati hunian idaman pada tahun tertentu. Jika Anda berencana memiliki rumah tahun depan, maka sepanjang tahun ini Anda harus benar-benar mengatur keuangan. Dimulai untuk mengurangi berbagai kredit dan mengurangi beberapa kebutuhan yang dirasa tidak perlu. Sebagai langkah mudahnya, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  1. Bulan Pertama: Menabung untuk Down Payment (DP)

Jika Anda sudah bertekad untuk membeli rumah tahun depan, maka Anda sudah harus memulai untuk menabung. Di awal tahun, Anda bisa sedikit demi sedikit menabung untuk pembayaran DP yang nantinya akan dibutuhkan untuk membeli sebuah hunian idaman. Tentunya, memulai adalah hal yang lebih sulit. Untuk itu, Anda harus benar-benar disiplin untuk biaya DP rumah. Sebelumnya, pastikan Anda sudah mengetahui besaran nilai yang dibutuhkan untuk membeli sebuah rumah yang diinginkan. Lalu, kalkulasikan berapa banyak yang harus disisihkan setiap bulannya untuk memenuhi target selama 10 hingga 12 bulan.

 

  1. Bulan Ketiga: Lihat Kembali Status Kredit yang Dimiliki

Seiring terus menabung untuk mengumpulkan DP, pada bulan ketiga Anda bisa melihat kembali status kredit yang dimiliki. Hal ini harus sangat diperhatikan karena untuk mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), maka Anda harus memastikan bahwa tagihan tidak melebihi 70% dari jumlah limit. Selain itu, untuk mengajukan KPR biasanya Bank Indonesia akan selalu melihat ulang kualitas dari kredit yang Anda miliki saat ini.

 

  1. Bulan Keenam: Survey Lingkungan yang Diinginkan

Selama proses menabung masih berlanjut, Anda bisa mulai untuk mengunjungi beberapa lokasi rumah yang telah menjadi incaran Anda. Lakukan survey lingkungan ini pada bulan keenam saat Anda menambung untuk DP rumah. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar bijak dalam memilih sebuah rumah idaman. Periksa kemabli apakah lokasi yang Anda inginkan berada di lokasi yang cukup strategis atau minimal dekat dengan berbagai fasilitas umum.

 

  1. Bulan Kesembilan: Riset Bank/Institusi Keuangan

Proses pencarian lokasi yang nyaman untuk hunian idaman bisa Anda lakukan hingga bulan kedelapan atau kesembilan. Setelah benar-benar menemukan lokasi yang sesuai, maka Anda bisa melakukan beberapa riset untuk pengajuan pinjaman. Sebenarnya, ada beberapa cara pembayaran yang bisa dilakukan selain mengajukan KPR. Namun, untuk cicilan jangka waktu panjang mulai dari 15 hingg 20 tahun, maka KPR menjadi solusi yang cukup tepat. Dalam jenis pinjaman ini, sebagian orang memilih untuk mengambil cicilan yang lebih tinggi dengan fixed rate. Namun, adapula yang memilih untuk floating rate.

 

Kredit Cepat

Kredit Cepat

 

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kredit cepat selain menggunakan sistem KPR. Ada beberapa jenis pinjaman yang mungkin bisa Anda pergunakan untuk membantu cicilan rumah idaman Anda nantinya. Namun pastikan pinjaman tersebut sesuai dengan proses yang berlaku di kebanyakan sistem peminjaman.

 

  1. Bulan Kesepuluh – Kesebalas: Menghubungi Developer

Setelah dirasa dana yang dikumpulkan hampir terpenuhi, Anda bisa memulai untuk menghubungi developer menjelang akhir tahun. Hal ini bisa Anda lakukan pada bulan kesepuluh hingg kesebelas. Sebelumnya Anda sudah benar-benar melakukan riset dan menentukan dengan pasti lokasi yang akan menjadi hunian idaman Anda nantinya. Dengan demikian, Anda bisa langsung menguhubungi developer bersangkutan agar mendapatkan informasi yang sesuai. Jika pada bulan kesepuluh ini dana untuk DP sudah terpenuhi, maka Anda bisa langsung melakukan transaksi. Setidaknya pada bulan keduabelas, seluruh dana yang dibutuhkan sudah terkantongi dengan aman sehingga tepat pada awal tahun berikutnya proses pembangunan rumah sudah bisa dimulai.

 

Sistem Pembayaran untuk Rumah Idaman

Setelah mendapatkan dana untuk Down Payment (DP) yang sesuai, mendapatkan lokasi yang tepat, dan telah menghubungi bank dan juga developer maka langkah selanjutnya adalah memikirkan sistem pembayaran yang akan dilakukan selanjutnya. Pada dasarnya, terdapat tiga jenis sistem pembyaran untuk cicilan rumah, yakni KPR, hard cash, dan tunai bertahap. Berikut adalah informasi lengkap mengenai ketiga sistem pembayaran tersebut:

  1. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Bisa dbilang sistem KPR ini merupakan salah satu sistem pembayaran yang paling umum dimiliki. Kredit Pemilikan Rumah ini memiliki pembiayaan hingga 90% dari harga rumah sebagai biaya pembelia rumah. Sejauh ini, KPR telah disediakan oleh perbankan. Namun, ada pula beberapa perusahaan pembiayaan yang telah menyediakan pembiayaan perumahan. Biasanya, developer tertentu sudah bekerja sama dengan pihak bank sehingga mempemudah proses pengajuan KPR.

 

  1. Hard Cash

Sistem pembayaran kedua yang bisa dilakukan adalah hard cash atau tunai keras. Sistem pembayaran ini bermaksud bahwa Anda akan memiliki waktu paling lambar sekitar satu bulan setelah kesepatakan pembelian untuk melunasi seluruh jumlah harga dari rumah yang dibeli. Sebenarnya sistem ini memiliki banyak keuntungan. Selain bisa mendapatkan potongan harga dari developer, Anda sudah tidak perlu gelisah lagi dengan cicilan yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Dalam sistem pembayaran ini, biasanya Anda akan mendapatkan potongan harga mulai dari 10% hingga 15%. Berbeda dengan sistme KPR, Anda tidak akan dipusingkan dengan fluktuasi suku bunga pinjaman.

 

Dapatkan Kredit Online Terpercaya

Dapatkan Kredit Online Terpercaya

 

  1. Tunai Bertahap

Sistem pembayaran yang terakhir yang bisa menjadi solusi adalah tunai bertahap. Sistem pembayaran yang juga disebut sebagai cash installment ini merupakan solusi bagi Anda yang telah sanggup untuk mencicil dalam jumlah besar dengan batas waktu yang terbatas. Biasanya cash installment ini telah disediakan langsung oleh developer sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan fluktuasi bunga bank seperti sistem pada KPR. Untuk sistem tunai bertahap ini biasanya memiliki kurun waktu selama 6 hingga 24 bulan. Namun, Anda masih ditanggungkan oleh besaran bunga yang ditetapkan oleh pihak developer. Selain itu, untuk menggunakan sistem ini biasanya Anda akan diminta untuk menyerah uang DP sebesar 30% hingga 50% dari harga rumah. Jika tabungan Anda masih belum mencukupi namun masih memilih cara pembayaran ini sebagai sistem yang aman, Anda bisa dapatkan kredit online terpercaya. Dengan demikian, Anda bisa mengantongi dana yang cukup dan membayar cicilan dengan resiko yang lebih rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme