Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Larangan Tentang  Mengutuk Orang Muslim

Mengutuk artinya mendoakan kepada orang lain agar mereka mendapat celaka. Mengutuk dengan maksud disini merupakan suatu perbuatan yang jelas jelas dilarang oleh Allah Swt jika perbuatan tersebut dilakukan apalagi dilakukan ke sesama Muslim. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud yang artinya “Mencaci orang Islam itu fasik dan membunuhnya termasuk kafir.”

Larangan Tentang  Mengutuk Orang Muslim

Dalam beberapa hadist yang lain Rasulullah juga bersabda yang artinya “ Mengutuk orang mukmin itu seperti membunuhnya juga “ (HR. Muslim dari Abu Huraira)

Seseorang Mukmin bukanlah orang yang suka mencerca, bukan seorang yang suka menjuluki, bukan yang suka berbuat keji,  dan bukan pula orang yang suka omong keji. (HR. Muslim)

Maka dari hadits diatas telah diterangkan bahwa mengutuk orang muslim dan mukmin itu termasuk perbuatan dosa, karena kutukan dan laknat itu termasuk hak dan wewenang Allah Swt, hanya pada Allah yang mesti ada hak tersebut. Oleh karena itu, Rasulullah Saw juga melarang perbuatan tersebut jika dilakukan kesesama muslim bahkan mereka non muslim apabila kehidupan mereka tidak menjadi suatu Ancaman bagi Muslim, bahkan Rasulullah malah menganjurkan hal yang sebaliknya yaitu hendaknya Muslim diantara mereka saling mendoakan sesama muslim agar mereka selalu mendapatkan rahmat dan karunia dari Allah Swt.

Sekian artikel tentang larangan dan dosa mengutuk sesama muslim semoga dengan membaca artikel tersebut sudikiranya menjadi bimbingan yang baik dalam kehidupan kita semua, kelaknya kita menjadi muslim dan orang yang selalu mendapat rahmat dan karunia dari Allah Swt. Wassalam

65 Comments

Add a Comment
  1. sesungguhnya muslim itu bersaudara, alangkah baiknya jika kita sesama umat muslim untuk tidak saling mencaci dan mencela terlebih sampai mengeluarkan kalimat mengutuk yah mas karena itu hak dan wewenang Allah SWT.

    1. Amin ya robbal alamin kang, sungguh diantara muslim tidak boleh bercerai berai, muslim semua bersaudara 😀

    2. mendingan mempersatukan hati yang berbeda daripada meraut hingga runcing perbedaan itu hingga tidak ada lagi sesama muslim saling menghujat…dosa tauuuuu

      1. Jelas dosa mang euy:D

        1. eh dosa banget ya…untung saya mah nggak pernah menghujan, paling ngomelin doang…beda kan?

  2. Sesama orang muslim dilarang saling mengutuk, takutnya habis nanti. Apaalgi sudah banyak di kisahkan dalam kitab suci dan sejarah nabi ya kang. Jadi seperti diingatkan nih saya. Makasih.

    1. Setuju kang,bahkan sesama muslim harus saling menjalin persaudaraaan, amin kang 😀

      1. bahkan jika diperlukan saling kecup basah ya mang

        1. Haha. Setujuh sekalian seruput kopi sitemani umbi cilembu mang 😀

          1. kalo seruput kopi sih saya setuju tapi kalo saling kecup basah, saya mikir-mikir dulu deh takut tetanus ntar 😀

          2. saya manggut mabggut aja teh 😀

  3. jika memang demikian kenapa ada manusia yang hanya menginginkan jadi gubernur DKI Jakarta dia menghujat AHOK karena dia non muslim dan tionghoa, coba?
    padahal jenggot dia panjang dan mengaku diusung oleh partai berbasis Islam (PKB)…siapa coba yang begitu teh hayo…?

    1. biar yang di bawah saya yang akan menjelaskan secara detail ya mang, saya jadi bingung 😀

      1. laa, masak saya lagi yang akan menjawabnya sih 😀

  4. Hidup selayaknya seperi orang umum biasa…
    Serem banget kalau ada yang sampai mengutuk…
    Budaya saling tolong menolong dan saling mendoakan jauh lebih baik…
    Salam,

    1. iya mas, emang sangat seram jika hidup dalam perpecahan 😀

    2. betul mas, bermusuhan tidak ada untungnya

      1. Yang ada malah buntung ya…

  5. lebih baik mendoakan yang baik dan berkah

    1. Amin ya robbal alamin mang 😀 hidup jadi tenag dan bahagia 😀

  6. Alangkah indahnya bila sesama Muslim saling mengasihi, saling menyayangi, karena sesama muslim itu adalah bersaudara.

    1. amin kang, memang itu harapan kita semua mang, jadi muslim dan harus menghormati dan menyayangi 😀

  7. Defi Purnama

    Semoga kita semua dijauhi dari sifat yang asling kutuk mengutuk ya mas. Amin

    1. Amin ya robbal alamin 😀

  8. Sesama muslim itu dilarang mengutuk kan nabi muhammad saw mah teu ngajarkeun anu kitu, jadi ulah pamali, bener teu kang 🙂

    1. Benar sekali mang. Memang itu poin utamanya 😀

  9. Hmm memang kalau sesama muslim kita dianjurkan untuk saling menjaga, menghormati satu sama lain dan anggaplah semua umat muslim itu saudaramu.

    1. Nah itu dia poin nya kang. Selalu dalam kedamaian 😀

      1. Hmm kalau ngomongin masalah perdamaian saat ini baik di indonesia atau di dunia sedang dalam mas krisis kang, kemarin isis dan sekarang nambah lagi dari philipina, hmm seperti susah ya kang mewujudkan perdamaian seutuhnya.

  10. semoga kita selaku imat muslim semua saling mengingat tali persaudaraan dan tali silaturrahmi 😀

    1. amin ya robbal alamin, hati jadi tenang dan bahagia 😀

  11. Berdamai itu lebih baik dari pada saling menghujat

    1. Betul sekali mang. Cinta kedamaian yang di sukai islam dan semua umat 😀

  12. setujuh mas dengan ulasan diatas, bahkan dalam kitab “syarah sullam at-taufiq” dijelaskan bahwa memanggil sesama muslim dengan sebutan kafir atau semacamnya, maka termasuk murtad aqwal (perkataan)

    1. Alhamdulillah mas. Ikut senang ;D

  13. yesterdaysgone

    untung saya sampai di umur saya sekarang
    coba jaman dulu saya mati
    itu jamannya caci maki sedunia

    1. Wah sayaanggut manggung kang zach 😀

  14. pantesan saya teh pengen main kesini, eh dapet pencerahan hati alhamdulillah ya mas.hatur nuhun pisan atuh nya punten ngarepotkeun ah sok sagala wae

    1. Mantap kan mas hiks hiks

    2. sagala apaan ini. saya kepo dulu ah

      1. kepo bayar taukk

        1. rekeneing saya udah kan 😀

        2. haratis sekarang mas. 😀

  15. Sudah diwajibkan kalo sesama manusia harus tolong menolong. disamping untuk kebutuhan sosial dan juga untuk beribadah bersama sama. bukan saling mengutuk. Itu dosa

    1. Setujuh mas. Hrus hidup dng kedamaian antar sesama ummat 😀

      1. Sip mas. Mari kita menjalin kedamaian. 😀

        1. mari mang 😀

  16. amit amit jabang bayik, jangansampai doa-doain orang yang jelek2 apalagi samapi ngutuk gitu,,, ngeri

    1. Semoga tidak aja mas 😀

  17. jadi jangan sampe saling mengutuk dosa tau.

    1. iya mang, semoga aja tidak mang 😀

  18. kalo gitu saya doain aja deh assalamualaikum warohmatllohi wabarokaatuh.

    1. waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh 😀

      1. nah kan di doakan lagi. begitu juga kalo mengutuk pasti di kutuk lagi.
        eh jadi inget maling kundang

  19. misal jha hampir keserempet motor…. terus ngedumel ” naik motor nggak tahu diri, kejungkel (jatuh) baru tahu rasa kamu”
    Itu termasuk ngutuk kang ?

    1. emm sepertinya ga mang, mengutuk artinya mendoakan orang lain agar mereka mendapat celaka mang 😀

  20. Ya betul sekali mas, hadits tentang larangan tersebut jelas dalam arbain nawawi

    1. nah betul kan pak ustaz, hehehe 😀

  21. Jadi seperti itu ya Mas… Penjelasannya jd makin paham…

    1. betul mang 😀

  22. Mampir lagi sini ahh, ditunggu artikel lainnya ya bang…

    1. sudah bang, hahaha 😀

  23. woi ganti artikelnya dong ih

    1. hahaha, sudah woi mang, ayo mampir dan koment la 😀

  24. Sepakat banget mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!