Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Latar Belakang Terkena Kanker Paru-Paru

Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan, baik bagi pria maupun wanita. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara, penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya. Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri.

Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak. Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh mer*k*k (87%), sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga mer*k*k.

Klasifikasi Penyakit Kanker Paru-Paru Ada pengklasifikasian dari penyakit kanker paru-paru, Ini dilihat dari tingkat penyebarannya baik dijaringan paru itu sendiri maupun terhadap organ tubuh lainnya. Namun pada dasarnya penyakit kanker paru-paru terbagi dalam dua kriteria berdasarkan level penyebarannya:

  1. Kanker paru-paru primer Memiliki 2 type utama, yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). SCLC adalah jenis sell yang kecil-kecil (banyak) dimana memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat hingga membesar. Biasanya disebut “oat cell carcinomas” (karsinoma sel gandum). Type ini sangat erat kaitannya dengan per*k*k, Penanganan cukup berespon baik melalui tindakan chemotherapy and radiation therapy. Sedangkan NSCLC adalah merupakan pertumbuhan sell tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah diparu-paru. Misalnya Adenoma, Hamartoma kondromatous dan Sarkoma.
  2. Kanker paru sekunder Merupakan penyakit kanker paru yang timbul sebagai dampak penyebaran kanker dari bagian organ tubuh lainnya, yang paling sering adalah kanker payudara dan kanker usus (perut). Kanker menyebar melalui darah, sistem limpa atau karena kedekatan organ.

Ciri-Ciri Orang Yang terkena Kanker Paru-Paru

  1. Batuk-batuk yang lama pada orang mer*kk
  2. Kesulitan bernafas (nafas pendek)
  3. Batuk mengeluarkan darah (meskipun jumlah sedikit)
  4. Sering mengalami infeksi paru (pneumonia atau bronchitis)
  5. Adanya nyeri dada, bahu dan bagian punggung
  6. Suara yang berubah dari biasanya
  7. Batuk lebih dari 2 minggu pada orang yang tidak mer*k*k
  8. Lainnya seperti susah menelan, leher dan wajah tampak membengkak, nafsu makan berkurang, hilangnya berat badan, cepat lelah atau lemah.

Penyebab Penyakit Kanker Paru-paru

Penyebab terbesar Kanker Paru-paru adalah mer*kk, Sedangkan lainnya adalah disebabkan adanya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap r*kk. Ada beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru ini, yaitu penyakit TBC dan Pneumonia. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan perlukaan pada jaringan sell organ paru sehingga mensupport terjadinya pertumbuhan sell abnormal didalam rongga tersebut. Biasanya kanker paru yang berkembang dari kasus ini adalah jenis adenocarcinoma (adenoma).

Cara Mencegah Penyakit Kanker Paru-Paru

Menghindari r*k*k dan asap r*k*k juga banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah timbulnya sel kanker.Dan penanganan dan treatment atau pengobatan yang dilakukan pada orang yang terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru akan tergantung dari tingkat stadiumnya, kemungkinan dilakukannya operasi, serta kondisi umum si Penderita. Hal ini tidak terlepas dari riwayat serta penyebab dari adanya kanker paru tersebut tentunya.

Beberapa langkah yang biasa dilakukan adalah:

  1. Tindakan operasi pembedahan mengangkat sell kanker
  2. Tindakan Therapy Radiasi
  3. Tindakan Therapy Kemotherapy
  4. Tindakan penyuntikan {Photodynamic (PTD)}

Pemberian Nutrisi dan supplement dapat mengurang gejala yang disebabkan oleh kanker paru. Vitamin D dan Fe sangat baik untuk diberikan oleh penderita penyakit kanker paru, Begitu pula dengan makanan antioxidant seperti blueberri, cherri, dan buah tomat.

161 Comments

Add a Comment
  1. Ulasannya lengkap juga nie mas, jadi nambah pengetahuan saya nih mengenai latar belakang terkena penyakit kanker paru-paru… semoga saja kita gak terkena penyakit kanker paru-paru yah mas dengan cara banyak mengkonsumsi makanan bergizi

    1. Amiin, makanya jangan kebanyakan ngopi, mbo yah kalo dibilangin istri dengerin makanya, mbandel sih sampean mah 😀

    2. trs sy gagal lg nih dpt pertamx?

      1. Muhammad Mukhlis

        amin mas, makanya dari itu kisa harus selalu menjaga diri agar terhindar dari serangan paru, buat mas fius mungkin bisa di gantikan sama bensi toh 🙂

        1. Ganti pertalit aja dah klo gtu … 😀

          1. Muhammad Mukhlis

            siapa saya terimaksih 🙂

    3. amin…

      mengerikan penyakit ini ya mas
      saya jadi ingat kalau lihat dibungkus ada tuh yang serem -_-

  2. tes tes tes… ada orang nggak yah? iyesss pertamax saya amankan dulu nie mas, tumben saya dapet pertamax yah, yang laen udah pada ngorok kayaknya nie 😀

    1. masa kudu saya lagi sih yang harus jawab, adminnya kemana coba?

      1. adminnya lagi ngorok tuh mas 😀

      2. Adminnya lagi pergi ke pulau kapuk mas..

        1. adminya lg semedi …

          1. Muhammad Mukhlis

            tra lalala, hahaha bangun pagi tadi ga sempat bukak blog, habis kuotanya semalam habis toh, nah ngup[i dulu pagi pagi 🙂

          2. saya dong yang suka banget gratisan

          3. Ngupil pagi2?

          4. Muhammad Mukhlis

            saya lagi ngupi beneran ga boong

          5. saya ga nanya tuh mas

  3. Menghindari rk*k itu yang ampe saat ini belum bisa saya hentikan mas, mudah-mudahan aja gak ampe terkena penyaki kanker paru-paru meskipun saat ini saya sedang mengidap kanker (kantong kering) 😀

    1. untuk bisa berhenti mr*kk memang tidak semudah yang diucapkan mas, tetapi harus ada niat dari hati yang paling dalam bahkan melebihi dalamnya lautan.

      1. Muhammad Mukhlis

        ini siapa yang nyamar cobak ?

        1. detektif front oke back oke (baca: dengan logat jawa, pronoke bekoke) depan bisa belakang bisa #

          1. Muhammad Mukhlis

            berehy bereh, beumehase beutroh ban hajat 🙂

          2. gagal paham bahasanya.. 😀

          3. Muhammad Mukhlis

            saya yang translate ?

    2. Apa disana tidak turun hujan mas? kantong saya basah nih setelah terguyur hujan

      1. Muhammad Mukhlis

        disini senag mas, disana gimana juga senag kan, terus dimana mana hatuku senag 🙂 hahahaha

        1. disini senang disana senang dimana-mana hatiku senang 😀

          1. lagi nyanyi yah ?
            kok kayak knalpot bocor gitu ? #peace

          2. Muhammad Mukhlis

            yang penting happy

          3. kalo mau nyanyi, bayar dulu sini

    3. eh ,,,, kantong sy rapet nih ,,,

      1. Muhammad Mukhlis

        terusa kantong saya belum saya periksa apa isinya coba ?

        1. isiniya pasti nota kasbon kan 😀

          1. Sama nota kreditan ..haha

          2. Muhammad Mukhlis

            haaaaaaaaaaaaaaah ????

  4. Sebenarnya para perkk aktif memang menyadari bahwa mrk*k itu menyebabkan kangker, bahkan di setiap bungkus rk*k sudah terpampang jelas bahaya akibat mer*k*k. tapi mau bagai mana ya mas? saya sebagai pr*k*k juga sangat sulit mengentikan kebiasaan untuk tidak mr*k*k.

    1. sbnerya bukan sulit, krn blm ada kemauan utk berhenti ,,, hehe

      1. Muhammad Mukhlis

        nah itu yang jadi masalah nya toh mas, sulit memang untuk berenti toh 🙂

        1. yah emang sulit mas, kalo bagi yang gak mrk*k sih bisa aja bilang apa susahnya berheneti mrk*k tapi bagi mrk*k aktif tidak semudah itu coy, lagi-lagi saya katakan memang harus ada niat dari hati

          1. Muhammad Mukhlis

            terus saya mesti bilang woow gituh ?

          2. Kalo mrk*k di ganti permen lolipop ngga bisa ya?
            saya ngga mrk*k jd ngga tau caranya…

          3. Initinya klo ada kemaun pasti bisa, tpi klo gk ada kemauan adanya ya hy bnyk alasan ..hehe

          4. Muhammad Mukhlis

            saya mau mau apa coba

          5. saya manggut-manggut aja deh

  5. prk*k aktif dan prk*k pasif itu lebih bahaya prk*k pasif ya mas?? jadi lebih baik mrk*k ya dari pada tidak mrk*k… hehehehehe..

    1. hadeeeeehhhhh ,,,,, yg buat prk*k pasif lebh berbahaya siapa ? 😀

      1. Muhammad Mukhlis

        sepertinya begitu toh mas, kalo saya mrk*k apa coba ?

        1. Biar dobawah sy yg jawab … 😀

          1. Muhammad Mukhlis

            siapa saya terimaksih

  6. ngeri ,,,,
    semoga kita terhindar dri penyakit itu ,,

    1. Muhammad Mukhlis

      amin amin ya robbal alamin 🙂

      1. Amin ya robal’alamin

  7. nasib para mrk*k pasif disini lebih cenderung bahaya ketimbang mrk*k aktif, hikss

    *sebenarnya mrk*k itu tidak berbahaya….selama tidak ada koreknya^^

    1. Muhammad Mukhlis

      haaah, kok bisa mrk*k tanpa korek, kalo saya cari korek tetangga aja deh 🙂

      1. saya dong punya korek tapi cuma pentulnya doangan 😀

        1. Muhammad Mukhlis

          terus yang buat digesek itu ga ada ?

      2. Kalo saya sih biasanya kalo ga ada korek ya cari semut api di tanah mas 🙂

  8. hendri hendriyana

    tes

  9. Wih udah ganti aja sama wordpres blog’a

    kanker emang penyakit yang sangat mengerikan mas

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, masa sih mas, mang sudah diganti ini ya 🙂 hiks hiks
      iya toh mas, kanker memang sangat ngeri ngeri dan mengerikan, semoga kita selalu sehat amin 🙂

      1. Tapi link’a ok masih ada tanggal’a?
        mending link’a yang langusng kata kunci mas

        amin semoga bisa terjauh dari penyakit kanker

  10. hendri hendriyana

    Saya pernah membaca sebuah artikel bahwa vitamin c 1000mg bisa menangkal radikal bebas akibat mrk*k, lainnya saya mendapatkan referensi bahwa mengkonsumsi coenzyme q 10 dapat meminimalisir bahaya mrk*k dan coenzyme q10 tersebut sebetulnya sangat bagus buat menjaga kesehatan jantung. saya juga baca brosur langsung mega we care yang saya pasarkan itu mereka melakukan penelitian loh sebelumnya, karena memang maga lifescience adalah salah satu perusahaan dibidang farmasi 🙂

    1. hendri hendriyana

      nah saran saya buat teman teman juga jaga kesehatan kurangi mrk*k, yang biasanya sehari sebungkus kurangilah jadi 2bungkus 😀
      buat saya sebungkus setengah maksudnya 😀

      1. Muhammad Mukhlis

        hahahaha, bagus bagus itu mas, tapi saya ga ikutan kan, saya dapat bagian aja deh setengah nya, malahan ga marah saya mas 🙂 hiks hiks

        1. hendri hendriyana

          mas mukhlis mrk*k bukan??

          1. Muhammad Mukhlis

            iya la wong, orang udah dari kemarin mrk*k ne 🙂

          2. hendri hendriyana

            jadi sekarang kita harus kurangi mer*kk ya mas 🙂

          3. Muhammad Mukhlis

            mas hendri biasanya dua bungkus sehari kan, nah belik aja du satunya kasih kesaya 🙂

          4. Dua mana cukup??

  11. Padahal sya bukan prk*k,, tapi saya tetep kena penyakit paru – paru,, kayak paru – paru basah,, tapi kata dokter sih penyakit tersebut itu juga disebabkan oleh bakteri…

    1. Muhammad Mukhlis

      memang banyak penyebab kanker mas ahmad, tidak hanya dengan mrk*k, iya kalo paru basah salah satu penyebabnya sering sama kipas angin itu lho mas, apalgi disaaat tidur malam sangat bahaya itu, caranya kalo orang disaya dulu ntah daun apa dijadikan ramuan insya allah sembuh 🙂

      1. wah saya sering tidur menghadap kipas mas, Bisa kena paru paru basah ya..

        1. Muhammad Mukhlis

          iya mas, baha tuh mas 🙂 kalo pakai kipas jangan langsung mas 🙂

  12. Semoga saja kita dapat terhindar dari penyakit kanker paru-paru ya mas, terutama dpat merubah pola hidup yang lebih sehat.

    1. Muhammad Mukhlis

      amin kang, iya kang terutama selalu mengatur pola makan dan cara hidup sehat kang 🙂

      1. Mangs Aduls

        betul banget mas

        1. Muhammad Mukhlis

          IYA MANGS 🙂

          1. saya manggut manggut

          2. Muhammad Mukhlis

            bayar

          3. Mangs Aduls

            saya terus ngapain mas yan

  13. Mangs Aduls

    mas yang paling serem itu gara – gara batubara mas. hahahahaha

    1. hendri hendriyana

      makanya jangan sering deket batubara atuh

      1. Muhammad Mukhlis

        hahaha, bahaya juga batubara toh mas 🙂

        1. iya
          bahaya kalau sampai dimakan

          1. hendri hendriyana

            untung batubaranya baik ga sampai makan taukk

          2. Muhammad Mukhlis

            batubara lagi dibuat jus sepertinya

          3. Mangs Aduls

            bener juga mas yanto kalo di makan yang bahaya. bahaya bisa abis tambang batubara di makan

          4. Kenapa batu bara disalahkan ya?? kasihan ya si batu bara ini

        2. Mangs Aduls

          bahaya mas muklihs bisa menyebabkan black lankdesiasis

  14. Mangs Aduls

    untung saya g mrk*k takut ah.

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kok takut mangs saya takut sama kankernya, kalo sama rk*k ga ah 🙂

      1. saya takut sama sapa dong?

        1. Muhammad Mukhlis

          siapa saya yang jawab ?

    2. Mangs Aduls

      takut saya sama r*ko mas. kan bisa menyebabkan kangker mas. wkwkwkw
      kalo di isep aja asapnya bisa kangker kalo ditelen kaya apa ya

  15. hendri hendriyana

    ih saya mah paling takut mas kalo sama penyakit yang satu ini, padahal saya mrk*k loh, tapi sekarang ambil r*k yang lebih kecil buat meminimalisir aja mas 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      begitu juga saya mas, kayanya semua orang deh takut kalo terkena kanker toh mas 🙂

  16. Sayangnya walaupun sudah tau sumber penyebabnya orang cenderung cuek ya.. >,<

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mb, semoga aja ki8ta slalu sehat dan dalam keadaan fit semua 🙂

      1. bengkel blogger

        amin dan semoga bisa sehat dan bermanfaat. amin.

          1. hendri hendriyana

            saya ngga pernah cuek loh mba 🙂

          2. Muhammad Mukhlis

            yang cuek ngancung 🙂

          3. hendri hendriyana

            saya ngacung ah siapa tau dapet kopi 😀

  17. Ngeri juga ya mas, untungnya saya sudah berhenti merkk dan rasanya bernafas lebih plong

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas daniel, sangat ngeri kalo terken kanker, alhamdulillah mas, semoga kita semua sehat mas, walaupun ngerkk dan ga semoga vit selalu deh 🙂

  18. Penyebab terbesar kanker paru paru karena merk*k ya… saya cuma per*k*k pasif mas, Alias ngga ngerk* tapi ikutan isep rok*k, karena teman saya pada perk*k semua, Tapi buat orang yang tidak merkk jangan puas dulu ya. harus ati ati biar ngga kena kanker paru paru…

    1. bengkel blogger

      saya dulu pernah dengar kawan memberikan bahasan mengenai perkk fasif…katanya sebenarnya itu hanya dampak yang dibesar-besarkan aja. yang lebih parah tetap aja perkk berat mas. karena semua tergantu kekuatan tubuh manusia juga, kalau lemah yang bisa aja langsung terjangkit dalam waktu relatif singkat, tapi kalau gak yang lama juga mas. tapi ini hanya bahan referensi aja, agar perkk pasif tidak menyalahkan kawannya heeeee

      1. trus saya kudu nyalahin sapa dong?

        1. Muhammad Mukhlis

          iya kang sebenarnya siapa yang salah ini mah ?

  19. bengkel blogger

    aduuuhhh saya ni termasuk perk*k berat mas…bisa menghabiskan tiga bungkus rk*k sehari…kayaknya kudu dikurangin, karena walau gak kena kanker, tapi tetap kena kanker (kantong kering) juga kan mas? ok makasih pencerahannya. do’akan lho ya bisa berhenti…minimal mengurangi untuk menuju berhenti.

    1. mari kita saling mendoakan

      1. Muhammad Mukhlis

        saling mendakan agar tidak kanker (kantong kering ya ?)

        1. Mangs Aduls

          itu dia mas yang penting kantong jgn kering basahi aja

  20. Udah ketebak nih mas muhammad sejak baca judulnya, pasti entar isinya menyinggung-nyinggung merkk… hehehehehehehe 🙂

    1. hendri hendriyana

      saya juga perkk nih kang, mungkin lebih ke memberikan pencerahan kang karena adminnya juga perkk.hehehehe

      1. Muhammad Mukhlis

        hahahaha, berarti kita sama dunks ya hahahaaha 🙂

        1. hendri hendriyana

          tapi bukan kembar loya..

  21. menghindari rkk nih yg belum bisa saya lakukan mas.
    semoga kita semua terhindar dari penyakit ini maupun jenis penyakit yg lain yamas.

    1. Muhammad Mukhlis

      amin mas, sama juga mas, kadang saya juga demikian apalagi kalo habis makan, tanpa rkk ga asik jadinya 🙂

  22. takut banget deh mas kalo sampe terkena kanker paru-paru, trus gimana dong nasib kita yang ngerkk ini ?
    padahal udah kecanduan banget,, untung belum pernah batuk2 karenanya, haduuuhh,
    cuman bisa berdoa semoga kita, anggota keluarga dan orang-orang disekitar kita tidak pernah mengalami penyakit ini ya mas.. Amiiiinn

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas, semua orang takut mas, termasuk saya juga, semoga kita terhindari dari serangan tsb mas, amin yarobbal alamin 🙂

  23. 2 ciri ciri di atas ada pada saya.
    1. batuk 2 bulan lebih saya perkk.
    2. sesak nafas kalo batuknya susah keluar.

    apakah ini sungguhan mas.

    1. hendri hendriyana

      berdoa saja mas, dan coba periksa ke dokter 🙂

      1. Muhammad Mukhlis

        iya mas pangky, coba di periksa ke dokter specialis paru mas, semoga tidak termasuk ciri dari hal tersebut mas 🙁

        1. Rencananya si memang gitu mas. Terimakasih.

  24. sastro

    coba coment

  25. Waduh mas…saya perkk aktif nich…jadi takut saya :'(

    1. Muhammad Mukhlis

      haaaaaaaaaah, saya perkk juga mas, tapi semoga aman aman saja mas 🙂 hiks hiks

      1. Syukurlah kalo masih aman…tapi mulai saat ini saya mau ngurangi merkk mas…yang tadinya 2 bungkus menjadi satu setengah bungkus..hee

  26. Gawat jug ya, apalagi dalam satu hari saya bisa habisin rok*k dua bungkus

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, makanya dari itu bisa dikurangin jadi satu bungkus mas, nah belik seperti biasa dua juga, yang satu bungkus kasih kesaya ajah 🙂 hiks hiks

      1. Bagi dua sama mas…:D

      2. Bagi dua sama saya mas 🙂

        1. Muhammad Mukhlis

          haaah, ga ah 🙂

  27. yesterdaygone

    wahh ini dia masalahnya
    saya sering jadi perkk pasif
    padahal saya suka banget menggunakan kalimat aktif

    1. Muhammad Mukhlis

      begitu juga dengan saya toh, berarti kita sama dunks 🙂

      1. trikpos

        Apa lagi saya tambah semakin sama dooong

  28. FE kita dapat dari mana yah

    btw dah pindah ke WP nih???

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iyo toh mas 🙂

  29. hendri hendriyana

    dari namanya media referensi, blog ini memang bisa dijadikan referensi yang baik buat kita 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      nah itu poin utamanya mas hendry 🙂 hiks hiks

      1. trikpos

        Ya iya saya ngerti mas…

        1. hendri hendriyana

          gocap ya mas??

          1. Mangs Aduls

            masa cuman gocap mas

          2. hendri hendriyana

            oh mamang adul juga mau bagian toh??

          3. Muhammad Mukhlis

            saya mangut saja deh

  30. trikpos

    Bentar dulu mas….saya tak mikir komen yang enak itu kaya gimana…..

  31. trikpos

    Biasanya orang yang mengidap penyakit paru paru itu badanya kurus mas….suka batuk batuk melewati batas…

    1. Muhammad Mukhlis

      sepertinya begitu mas, saya juga belum tau itu apa iya 🙂 hiks hiks

  32. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini mas…ngeri klo ngomongin penyakit-penyakit gini….mas

    1. hendri hendriyana

      emang penyakit apa gitu yang ngeri??

      1. Muhammad Mukhlis

        iya ngeri ngeri kang 🙂 hiks hks

  33. Serem banget itu ya gara-gara r*kk. Memang r*kk mah berbahaya mau perk aktif atau per*kk pasif pasti kena kalau enggak hati-hati mah. Tapi sayang sadar lingkungan sedikit padahal r*kk mengurangi oksigen segar. Hmm … Alhamdulillah saya enggak merkk.

    Makasih sekali mas ilmu dan penjelasannya.

  34. Saya mau komen apa lagi ya mas? buat komentar baru lagi aja ah disini.. hehehehe

    1. Muhammad Mukhlis

      kalo begitu bayar mas 🙂

  35. latar belakang kena kanker paru – paru pneumonia bisa juga ya mas, wah terimakasih jadi tahu deh

    1. Muhammad Mukhlis

      iy mb, sama sama mb, sukses selalu 🙂

  36. Ironisnya banyak banget yang mengerti tentang hal ini tapi mereka tetap tidak ingin menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membuat paru-paru mereka bermasalah.

    1. Muhammad Mukhlis

      iya mas banyak efek sampingnya mas, semoga aman saja mas rudy 🙂

  37. Orang Sunda Asli

    Penyebab yang paling utama yaitu akibat sering merokok ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!