Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Manfaat Mendaki Gunung Bagi Kesehatan

Hiking atau mendaki gunung merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan bagi oarng orang yang senang berpetualangan. Tak jarang sebagian orang menjadikan aktifitas ini yaitu sebagai hobinya dimana waktu senggang. Hiking selain baik untuk kebugaran juga menyimpan manfaat yang tak terduga untuk kesehatan tubu, seperti yang tersebut beberapa poin dibawah ini :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

berjalan di alam memiliki efek yang sangat mendalam pada sistem kekebalan tubuh. Orang yang kerap sering melakukan hiking akan mengalami peningkatan sel sel darah putih hingga 40 persen, hingga kekebalan tubug akan meningkat.

2. Akan Tampak lebih bugar

olah raga termasuk hiking dapat mengembalikan metabolisme, dan mampu meningkatkan kekuatan otot otot yang akhirnya akan membuat Anda berkeringat, dan akhirnya dapat membantu membuat selalu tampak bugar

3. Dapat meningkatkan kreativitas

peneliti telah menunjukan bahwa berjalan dialam juga bisa meningkatkan kreativitas dan fungsi kognitif. Anak anak yang lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah akan memiliki daya kosentrasi lebih tinggi dan menambah kreativitas.

Sekian artikel yang berjudul manfaat mendaki gunung bagi kesehatan, kiranya dapat bermanfaat kepada pembaca semua. Wassalam

186 Comments

Add a Comment
  1. Mendaki gunung…selain menjalankan aktivitas hobi (bagi yg hobi) Adventure juga bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh serta bermanfaat untuk menambah wawasan kita tentang alam dan gunung itu sendiri

    1. benar sekali mas, maka dari itu ayo mas kita hiking sama sama mas 🙂

      1. emang mas mukhlis masih kuat gitu mendaki gunung?

        1. Kuat Mas.. Daki digendong.. Turun guleng2… 😀

          1. Gunung kembar sepertinya kuat 🙂

          2. siapa saya, terimaksih

      2. Ayo mas….kapan nich?

        1. abis musim rambutan 😀

    2. sel darah putih meningkat karena alam yang segar dan udaranya yang bagus, selain itu masih banyak lagi manfaatnya ya mas

      kita jadi semakin bersyukur akan kebesaran Allah sWT
      menciptakan alam yang indah

  2. Apalagi kalau mendaki gunung k****r asyik bangeeeeeet mas… 😀

    1. ada sensornya yah, apa itu ****?

      1. bintangnya ada 4 berarti pangkatnya dah tinggi tuh, laen lagi kalo bintang 7 berarti puyer 16 😀

        1. hahahah, gakak baget saya bacanya?

          1. Baca yg mana gak banget mbak? hehe

        2. Bintang 4 udah pangkat Jenderal besar mas…hehe

          1. saya bintang apa coba ?

          2. mbah dinan

            kalau masalah mendaki gunung sih kayaknya kita semua kuat. tinggal gunung yang mana mau di daki. pasti dikuat-kuatin kan? senggol yang bening-bening mas dan pura-pura kuat. heee

  3. Dulu waktu sekolah sering naik gunung serta camping…tapi sekarang lebih suka ke wisata Bahari

    1. saya belum pernah mas, apalagi saat sekolah dulu 🙂

      1. kalo manjat mendaki gunung beneran mah saya juga beloman mas, paling juga waktu SD dulu manjat bukit 😀

        1. begitu juga dengan saya mas 🙂

          1. kok samaan sih? ngintip yah

          2. mbah dinan

            kalau mendaki gunung sih saya sering mas waktu di mapala dulu. tapi yaitu gak sampai puncak, alasannya kan biar para bawahan yang harus sampai, jadi kita nunggu pos aja. biar tenang, itupun saya masih sempat juga bikin dapur umum waktu di merapi, tapi yang makan paling banyak saya juga mas. heee

  4. Sepertinya saya dapat pertamax nich? 🙂

    1. pertamax dari hongkong ya mas ? hiks hiks

      1. pertamax adanya di Indonesia kan

        1. ya udah ambil pertamax tuh, jangan lupa bayar

  5. Iya bbetul…saya dapat pertamax mas…haha

    1. saya kebagian solar juga gak apa-apa deh 😀

  6. bola voli

    wah manfaatnya banyak sekali nih mas mukhlis, saya mau juga ah mendaki gunung agar tetap sehat

  7. bola voli

    gimana kabar nih mas mukhlis, dah lama sekali saya tidak berkunjung kemari, ternyata semakin keren saja nih blognya, sudah hosting sendiri juga, mantab mas, salam sukses

  8. Kabur dari sakit hati karna di putus cinta juga bisa kan ??? Hahaha

  9. ternyata mendaki gunung bukan hanya untuk menaklukannya dan meng-Agungkan ciptaanNYA tapi juga banyak manfaatnya ya mas?

    1. benar sekali mas, salah satunya bisa wet bugar dan lainya 🙂

      1. maka dari itu rajin-rajinlah mendaki gunung biar badannya makin bugar

        1. Ayo mas kita mendaki gunung

  10. Banyak juga di daerah tempat tinggal saya yang suka mendaki gunung mas, saya sering diajak tapi karna waktu yang padat jadi belum sempat menaklukan jalur pendakian

    1. wah, mantap ini mas, bagaimana nati kita barengan mas 🙂 asik asik

      1. saya pengen sendirian aja biar lebih puas

        1. kalo saya yg nemanin gimana?

          1. mb siti dekat saya aja lo 🙂

          2. Saya kok nggak di tawarin mbak?

          3. Ayo mbak siti sama saya aja sini

  11. Suatu saat saya pasti akan mendaki gunung mas, karna itu keinginan yang belum terpenuhi

    1. mas admin nya kemana nih nggak nongol nongol

      1. maaf mas, lagi kenak di kami mas, jaringannya ga seperti biasa mas, buat artikel sulit bw sangat sulit, loading nya wih, lelet abis akhir ini 🙁

        1. makanya pasang towernya depan rumah dong 😀

          1. tower dari hongkong 🙂

          2. Balas komentarnya sambil panjat pohon mas biar dapat sinyal kuat

    2. kok bisa mas ?

      1. ya bisa ajah, kan tidak ada yang tidak mungkin

      2. Bisa beli tower sendiri mas…ditoko bangunan banyak di jual

        1. bangunan dari hongkong ya “

  12. Bagi yang hobi berpetualang aktifitas mendaki gunung tentu sangat menyenangkan yah mas, meskipun lelah dan capek pada akhirnya akan menemukan sebuah kepuasan manakala sudah berada dipuncak gunung dan langsung bisa menikmati indahnya pemandangan disekitar gunung.

    Selain itu mendaki gunung juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti yang dijelaskan di atas. Tapi saya mah kayaknya gak kuat deh kalo harus mendaki gunung mah, pasti ditengah jalan dah langsung ngos ngosan deh… 😀

    1. betul betul betul, maka dari itu kudu minum jamu agar kuat dan tahan lama 🙂

  13. saya mah mau panjat gunung yang laen aja deh, yang sekiranya gak bikin capek banget gituh

    1. gungung yang mana coba?

      1. kalau kata mbah dinan… gunungnya yang dekat aja ya..

      2. gunung malam jumat kali mah

        1. loeh emang nya tiap malam jumat tu ada gunung nya ya mas?

          1. saya mah gak bisa liat gunung tiap malam jum’at mbak, paling sebulan sekali 😀

  14. Banyak menghabiskan waktu diluar rumah akan memiliki daya kosentrasi lebih tinggi dan menambah kreativitas. Gitu toh, pantesan konsentrasi saya buyar mulu kebanyakan didalam kamar mulu kali saya yah

    1. makanya jangan sering masuk gowa mas, itu alasanya kang kenapa didalam kamar mulu 🙂

  15. Udah dulu ah, adminnya pelit gak ngasih kopi-kopi acan, saya pulang aja deh kalo gitu… arep mangan disit nyong 😀

    1. hihi nih mas marnes saya lagi ngopi.
      hhmmmm sedapnyeeee… jangan maaaraaahhh…

    2. Muleho ko moro neh yo…

      1. ngomong opo sih ini, lon hana paham paham ka buno 🙂

        1. pada ngeluarin bahasa daerah semua 😀

  16. Poin tampak lebih bugar itu sebenarnya itinya sama engan pekerjaan saya yang mengeluarkan keringat tapi kenapa setelah macul mengeluarkan keringat itu sya kok rasanya capek bukan tambah bugar Ya, wah perlu coba daki gunung biar tau rasanya ber keringat tambah bugar brrrrr

    1. hahaha, memang kalo keluar keringan akan tambah fresh badan kang, itu salah satu poin juga kang jono 🙂

  17. hayok mendaki bareng 🙂

    1. ayo ayo ayo mas 🙂

  18. berpetualang aktifitas mendaki gunung tentu sangat menyenangkan, tapi mungkin tuk sekarang ini saya sudah tak sanggup lagi,

    1. mbak link-nya kemana ya

      1. betul betul betul, maksud mas ifrod link blog salah itu dari mb siti uey 🙂

  19. kalo saya gak mampu mas buat petualang naik gunung dan belum pernah.

    yang sering waktu remaja dulu itu saya masuk goa sama temen2.

    1. wah, enak ya mas, kalo saya belum punya goa mas 🙂 jadi belum bisa masuk 🙂 hiks hiks

  20. Seperrinya admin habis mendaki gunung ya…? Kegiatan mendaki gunung memang menyenakan mas..selain untuk kebugaran

    1. Ini termasuk olahraga ekstrim mas…saya hampir tiap minggu sore melakukan pendakian gunung mas….tapi repot nya harus bawa senter …karn nanti pada waktu turunya pasti gelap

      1. betul mas, hiking memang bisa merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan bagi oarng orang yang senang berpetualangan.

  21. setuju gan selain bisa menyehatkan, mendaki gunung juga bisa bikin otak fresh dan menyenangkan. jadi sekali kegiatan mendaki gunung bisa sehat dan bahagia juga kan?

    1. alhamdulillah mas, itu harapn kita semua 🙂

  22. 3 Manfaat mendaki gunung bagi kesehatan seperti yang disebutkan di atas memang sudah trbukti ya mas. Kebanyakan orang yang hobi daki gunung tubuhnya jadi kuat kebal dan bugar.

    1. nah, itu poin utamanya mas, saya bilang juga apa kan 🙂 hiks hiks

      1. blog mas Blog telah dihapus ya ?

  23. Wah agak susah juga mendapatkan gunung di kota Pontianak yang memang tidak ada gunung. Secara geografis memang tidak ada gunung di Kalbar yang masuk katagori gunung aktif. Jadi kalau nekunin hobi manjat gunung harus ke luar kota Pontianak dulu. Paling dekat Gunung di kota Singkawang

    1. wah, sama sama mas asep, apalagi di saya paling gunung gunungan banyak tuh 🙂 hahahaha

    2. Kalau gunung lokal banyak mas ya….

      1. gunung lokal tu gimana ya?

        1. menjulang mungkin

  24. banyak sekali manfaatnya ya mas, selain itu juga bisa menambah awet muda naik gunung mah karena akan terhindar dari stress pokoknya happy pastinya apalagi kalau udah menginjak puncak. 🙂

    1. asal jagn pingsan aja mas

      1. pasti happy amat mas, pingsan saya pasti kuat euy 🙂

  25. bener mas bermanfaat bagi tubuh. pagi tadi aja saya habis lari mas. tapi bukan di gunung di pantai mas. hehehe kaki lumayan jadi pegel

    1. hahaha, pantesan tadi pagi saya cari cari ga ada mangs aduls dirumah, ternyata ke pantai lo ya 😀

      1. Katanya mas Muklis ke gunung, kok sekarang bilangnya ke rumah mangs adul? Yang mana yg benar nich? 🙁

        1. ini sandal siapa yang ketinggalan??

          1. pasti sandal mas hendry yang kemari, coba liat tuh

      2. ia mas ke pantai. ga bilang kerumah mas.
        sata kira mas yang lagi mancing di pantai mas

  26. Enak bener komentar di sini, Loadingnya ringan, tuan rumahnya ramah dan baik…selain itu setiap ada tamu selalu di suguhi kopi aceh 😀

    1. lho kok saya malah dikasih kopi item mas? 😀

      1. pasti sandal mas hendry yang kemari, coba liat tuh 🙂

        1. malah saya di suguhi susu mas 😀

          1. susu cap beurit bukan tuh?

  27. kalo mendaki gunung yang saya rasakan itu jadi fresh mas pikiran yang numpuk diotak seperti lenyap 😀
    bagi saya jalan-jalan ke tempat yang masih hijau mau gunung atau kebun sangat penting agar bisa fresh selama 6hari bekerja 🙂

  28. olahraga skalian refreshing ya

    1. begitulah kira-kira

      1. tul betul betul 🙂

  29. saya kalo ke gunung bukan olahraga mas tapi refreshing 😀

    1. asal jgn terjun dari jurang aja mas. hehehehe

      1. kok bisa terjun dari jurang gimana ceritanya coba? kan lagi digunung, kalo terjun ke jurang baru saya paham 😀

        1. anda sudah beruntung 🙂

  30. Saya dulu pernah muncak. Sangat seru.
    Perjalanan naik sama turun beda banget.
    Naiknya memakan waktu 5jam turunya 2jam.
    ternyata naik gunung bisa meningkatkan kreatifias. Kalo gitu saya muncak terus dech. 😀

    1. tul betul betul saya belum pernah mah 🙁

      1. Coba ah mas.

  31. Dedy Akas Webiste

    Aduh… Mas…
    Saya masih cocok gak ya… kalau untuk mendaki gunung seperti ini… 😀

    1. cocok gak cocok ya dicocok-cocokin aja deh kalo gitu mas 😀

      1. OK… sipp Mas nanti saya cocokin deh… hehe 😀

  32. mendaki gunung memang salah satu bentuk refreshing yang menyenangkan, banyak manfaat juga buat kesehatan 🙂

    1. betul betul betul

      1. Ya ya ya ,,,betul-betul-betul

      2. kok tau, ngintips ya ?

  33. tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tapi juga untuk mata karena bisa lihat pemandangan indah. hehe..

    1. nah itu salah satu poin utamanya bisa liat pemandangan gunung yang indah dan mempesona

      1. Segala permasalahan yg ruwet hilang jika bermain ke pegunungan

      2. tul betul betul 🙂

      3. dan juga udara yang bebas polusi asap kendaraan..

  34. Wah kalau gitumah harus sering – sering mendaki biar sehat dan tubuhnya kebal dari segala macam penyakit…

    1. jangan keseringan juga kali kang, takut lututnya lek lok ntar 😀

      1. makanya kudu minum jamu kuat 😀

        1. Jamu kuatmah buat malam jumat… xexexe

  35. ia aya mas sonny saya baru ngeh juga loadingnya sebentar banget padahal jarngan saya lemot

    1. nah itu dia yang saya suka dari blognya mas mukhlis ini, loadignnya wusss banget, apa coba rahasianya?

      1. berarti saya dapat hadiah ga ?

  36. aku belum pernah mendaki gunung mas, tapi kalau mendaki jalan tanjakan itu pernah hehegehe

    1. kok bisa mas, sama berarti hehehe 🙂

  37. ane mau nyimak aja dulu gan

  38. ternyata ada manfaat yang seperti itu juga, selama ini mendaki cuma mikir buat seneng2 aja…

    1. betuol sekali mb, selain refreshing ya ada manfaat juga mb 🙂

  39. Kesehatan jantung jadi semakin baik, jika meakuka aktivitas ini

  40. Helo mas Muklis…!!!

    Sudah lama tidak berkunjung ke sini..ternyata belum ada post baru.
    Mungkin belum turun gunung adminnya 😀

    1. halo mas sonny, baru dua hari mas, hehehe
      iya belum stabil koneksi net nya di saya mas, dan ada sedikit kesibukan disaya mas 🙂 hehehe

  41. bener banget mas, seru rasanya mendaki gunung dan yang gak kalah penting saya tambahin lagi
    mendik gunung itu membuat kita serasa semakin seikseeh,hehehe

    1. betul betul mb dila, wah mantap itu tmbhannya mb hehehe 😀

  42. mendaki gunung bisa bikin jadi kreatif ya mas,,, mantep deh… 🙂

    1. Piknik jadi ide blog

  43. Belum ada artikel terbaru ya? duduk dulu ah disini

      1. Kondekturnya mana ya? saya mau bayar nih

  44. selamat pagi mas mukhlis maaf baru sempat berkunjung lagi kemarin banyak pekerjaan dirumah 🙂
    artikelnya masih belum terbit yang baru yah? 🙂

    1. Pagi juga mas bener 🙂

    2. Sepertinya mas Muklis lagi naik gunung lagi mas hendri…hehe

      1. gak ada capenya ya naek gunung mulu 😀

  45. olahraga yg pngen saya lakuin tapi belum kesampean haha

  46. saat ini saya cuman bisa melamun aja nih mendaki gunungnya.

  47. mantap mas bkin tubuh seger buger

  48. Pagi juga mas hendri 🙂

  49. Itu di photo atas mas Muklis lagi naik gunung…yg paling belakang bawa ransel gede?

  50. yesterdaysgone

    nah ini bener banget, bener banget
    tapi ya itu, saya udah nggak pede naik gunung

    1. mbah dinan

      pake parfum mas biar pede. heee

  51. mbah dinan

    yang jelas kalau mendaki gunung memang banyak untungnya mas… selain sehat sekalian liburan juga. pokok muantab kalau menikmati pemandangannya. nah giliran malamnya mulai dah tuh berakrab ria di dekat api unggun. kalau ada yang bening rada nempel mas. heee

  52. saya juga mau mendaki gunung tapi ga mau cape hehe

    1. Naik angkot aja teh…

      1. apa mau naik ojek gendong?

  53. Naik gunung yang lain aja saya mah…
    Wkwkwkkwk…

  54. rame jug yg suka naik gunung ne,,,,

  55. Memang Lelah dan capek mendaki gunung tapi kita akan menemukan sebuah kepuasan tersendiri

  56. Ditempat saaya tak ada gunung untuk didaki yg ada hanya perbukitan ama gedung bertingkat, digsntiin aja ya pak

  57. pengen euy mendaki gunung, tapi gak kuaaat, ngos ngosan tingkat tinggi, karena jarAng olah raga, hahhaa

  58. Banyak juga ya mas manfaat dari mendaki gunung itu? Sekali-sekali saya mau daki gunung lah

  59. Tapi mendaki gunung itu kegiatan yang sangat melelahkan bagi orang yang belum terbiasa. pasti keesokan harinya kaki dan betis akan merasa pegal-pegal.

  60. Manfaat lainnya bisa selfie2, dan kelak bisa diceritakan ke anak cucu. 🙂

  61. Ngomong ngomong soal muncak ane belum pernah muncak .. Huhuh 🙁

  62. tapi bikin betis tambah gede n berotot ga ya klo mendaki hahahha

  63. Betul mas, analisa manfaatnya, apalagi dengan mendaki gunung jiwa kita merasa tertantang untuk menempuh kesulitan pas pendakian. Apaagi setelah mendaki gunung terus kita berteriak itu juga mampu mengurangi hormon stres.

  64. Aman ga nih kalau yang baru pertama kali mendaki gunung.

  65. Dulu waktu naik gunung, naiknya susah minta ampun, takut jatuh karena bdan miring-miring… 😀

  66. Duh saya kurang mendaki gunung… pantesan badan saya letoy 🙂

  67. Memang mendaki gunung banyak manfaatnya selain diatas juga bermanfaat untuk menikmati keindahan alam dan mensyukuri alam ciptaan tuhan yg sangat indah itu. Tapi saya malah belum pernah mendaki gunung walau sudah puluhan teman2 sering ngajak tapi belum sempat, tapi kalau mendaki dataran tinggi disuatu pulau berpantai bagus sering sekali. 😀

  68. kalo saya gakuat mendaki gunung hahaha

  69. Ternyata kang Muhammad Mukhlis itu anak PA ( pecinta alam ) ya 😀

  70. naik gunung itu senangnya ketika sudah smpai dpuncak mas, lelahnya terbayar…nah pas turunnya tinggal mikirin dah hadeuuuh salam kenal kang mukhlis…

  71. makasih gan infonya dan salam sukses

  72. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!