Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Mencegah Sikecil Yang Keras Kepala

Mencegah Sikecil Yang Keras Kepala. Tak mudah membuat anak anak menurut pada orang tuanya, jangankan begitu meminta mereka mendengarkan saja sulitnya bukan main.  Namun belakangan ini banyak anak yang keras kepala dibandingkan orang tuanya. salah satunya cara orang tua mengatasi anak yang berulah adalah dengan cara memarahi dengan berteiak didepan mereka.

Menurut Eileen Kennedy-Moree, PHD, anak yang dari kecil dimarahi dengan nada yang berintonasi tinggi akan tumbuh sebagai seorang pembangkang, lebih lanjut dia menegaskan bahwa kemungkinan sangat kecil bagi anak untuk mendengarkan saat anda berteriak teriak kepada mereka. jadi semakin tinggi anda berteriak didepan meeka maka semakin kuat mereka menutup telinganya.

Lalu bagaimana cara agar anak bisa mendengarkan anda? terkadang orang tua lupa bahwa cara terbaik mengajarkan anak dengan memberikan contoh, jadi sebelum anda berteriak kepada anak, berikan dahulu teladan yang baik dengan aksi nyata, bukan hanya sekedar teori basi. pasalnya adalah anak anak jaman sekarang membutuhkan contoh yang concrete dibandingkan panduan lisan.

Selanjutnya hindarilah memarahi anak dengan suara yang tinggi ditempat umum. pasalnya adalah cara demikian hanya membuat anak semakin tak menghormati anda. Sebaliknya jika anda mengatasi perilaku tidak baik anak dengan tenang dan sabar, percayalah anak akan lebih turut serta lebih mau mendengarkan anda.

108 Comments

Add a Comment
  1. Kepala memang keras, tapi kalau keras kepal itu tidak baik, orang tua pasti punya cara masing – masing dalam mendidik anaknya tapi perlu diingat bahwa cara yang dilakukan haruslah baik, walaupun itu adalah anak kita tapi kita tidak bisa seenaknya,
    Satu hal lagi yang saya setuju bahwa kita jangan memarahi ana\anak ditempat umum, itu seperti etika guru yang memarahi muridnya, tidak boleh depan teman – teman sekelasnya,, yah semuanya ada aturan dan etika,,,

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali kang, semua yang dilakukan baik itu menegur kesalahan anak harus sopan dan baik, walaupun itu anak kita sangat tidak dianjurkan untuk membentak 🙂 apalgi didepan umum

  2. Pendidikan dasar dari orang tua yang paling penting. Kalau dari awal orang tua sudah salah mendidik, kedepannya anak akan tumbuh dengan perilaku negatif.

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali kang, ini sangat sangat perlu dicermati oleh setiap orang tua 🙂

  3. Saya setuju mas…untuk membuat anak agar menjadi anak yang berkepribadian baik sesuai harapan orang tua..terlebih dahulu orang tua memberikan teladan dan contoh yang baik kepada anak. Anak adalah cerminan dari orang tua itu sendiri karena biasanya, anak akan mencontoh prilaku orang-orang terdekatnya.

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mas, dengan meberikan contoh yang baik insya allah akan sukses dan menjadi anak yang berbakti 🙂

  4. Saya setuju mas…untuk membuat anak agar menjadi anak yang berkepribadian baik sesuai harapan orang tua..terlebih dahulu orang tua memberikan teladan dan contoh yang baik kepada anak. Anak adalah cerminan dari orang tua itu sendiri karena biasanya, anak akan mencontoh prilaku orang-orang terdekatnya.

    Oya…emang mas Muklis udah punya anak gitu? 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      itu poin utamanya mas, semoga kita selau mempunyai anak yang taat kepada kita, amin:)

      hehehe, mau tau aja apa mau tau banget ini, hayuu:D

      1. Mau tau bangeeeeeet mas 😀

  5. Like father like son… 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      wah pande amat mas dedy 🙂 hiks hiks

      1. Biasanya memang gitu Mas…
        Kebanyakan anak itu nurunin dari orang tuanya… 😀
        Walaupun ada yang tidak… 🙂

        1. muhammad mukhlis

          hehehe, iya betul betul mas dedy 🙂

  6. trikpos

    Persaan kepala itu memang keras….ya….coba kepala lembek pasti gak karu- karuan tuh….he…he…

    1. Muhammad Mukhlis

      kalo lembek bukan kepala namanya akang 🙂

  7. trikpos

    Betul mas…menegur atau memberi pesan kepada anak sebaiknya dgn kata yg lemah lembut , walaupun ini membutuhkan kesabaran , naah dgn sikap yg sabar secara tidak langsung kita sudah memberi contoh baik kepada anak…

    1. Muhammad Mukhlis

      nah itu poin utamanya mas, harus memberikan contoh yang terbaik dan jangan main kasar 🙂 hehehe

  8. meretas dot com

    tidak baik memarahi siapapun di depan umum. yang di marahi bakalan jadi benci.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, semua itu punya etik nya masing masing baik itu orang lain bahkan keluarga sekalipun 🙂

      1. tapi kalo di diemin malah ngelunjak. gimana dong

  9. Jadi orang tua memang serba salah terutama jika anaknya bandel namanya juga anak kecil dimarahi juga tetap saja ngeyel

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas dwi, maka dari itu kita selaku orang tua harus menyelidiki terutama sekali masalah yang timbul bagi sianak 🙂

  10. trikpos

    Mas muhklis tadi komen di blog saya ya ? soal GA g muncul padahal sudah full approve kode iklan sdh di pasang, tapi iklan g muncul, soal domain kena backlis saya rasa tidak, karena sy lihat pada angka trafik stabil, trus saya cek pada search pencari dgn mengetik salah satu judul artikel, blog masih terlihat, dan saya temukan di halaman pertama, karna yg saya tahu domain yg kena backlis itu hilang dari search pencari mas….kira kira apa ya masalah nya soal GA g muncul padahal notifikasi email sdh approve kedua atau full approve , accunt anda telah disetujui….begitu mas…bantu doong solsinya…

    1. Muhammad Mukhlis

      iya kang, blog mas sudah costom domain kan mas, GA nya sudah non hosted itu, iklannya bisa dipasng kesua blog TLD, saran saya coba tes pasang kodenya ke blog lain apakah muncul mas, kalo muncul bisa jadi masalah tempalete.

      oya blacklis domain maksud saya bukan domain dihapus oleh search enggine mas, itu domain mungkin sudah pernah dibanned GA, banned GA ada dua Macam pertama banned akun dan kedua banned Domain. kalo banned domain walaupun GA sudah full aproval iklannya ga bisa muncul mas, di cekal sama filter google. mungkin ada yang lebih mendetilkan sama kawan kawan.

      1. Wah… saya nyimak dulu… nih kasus baru buat saya…

        1. saya manggut manggut

  11. Saya belum mempunyai anak, tapi saya belajar bagaimana cara mendidik anak yang baik dari Abang saya. Dan alhamdulillah dengan didikan yang baik, ponakan saya termasuk salah satu anak yang berprestasi di sekolahnya.

    1. Muhammad Mukhlis

      begitu juga dengan saya mah, saya juga belajar mas, belajar dirumah sama ponaan 🙂 hiks hiks

  12. Iya betul mas, marahin anak dengan suara tinggi justru anak kecil bakalan nggak nurut tuh ya, malahan jadi membangkang… Dan emang contoh merupakan hal yang mujarab untuk menyuruh anak-anak… hehehehehehe 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      yah betulmas diar, dengan contoh orang tua yang bagus anak bakalan ngenurutin 🙂

      1. Iya betul, jadi orangtuanya kudu bagus dulu ya wkwkwkwkw hehehehehe 🙂

  13. selain itu memarahi anak di depan umum juga bisa membuatnya pemalu dan kurang percya diri di masa depan, penguatan yang dibutuhkan anak, bukannya bullying dari keluarganya sendiri 🙂 i like this post

    1. Muhammad Mukhlis

      betul neng dila, jangankan anak kita saja kalo dimarahin bos misalkan ya ikut malu jadi a enak ya neng 🙂

  14. Andy langit

    yupz…mndidik anak hrus bner2 d prhatikan dan sangat pnting. Krna anak adalah amanah dr yg kuasa. apapun yg anak lakukan, buruk ato salah, maka nama org tua lah yg akan di bawa2. Dan sya stuju untuk tdk memarahi anak d dpn umum, krna anak akan jd malu dn merusak mntal dan emosinya…
    Like father like son…
    Salam blogwalking…

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, dengan pola yang baik dan tekun semoga bisa tercapai anak yang baik 🙂

  15. bekal nanti klo udah punya anak.
    memarahi dengan lemah lembut bukan berarti memanjakan anak, tar malah jadi anak manja yang ga mandiri^^

    1. Muhammad Mukhlis

      nah itu mb poin utamanaya , hiks hiks

  16. anak mas keras kepala kah..?

    1. Muhammad Mukhlis

      biar dibawah saya yang jawab 😀

  17. anak keras kepala itu normal dan sangat wajar bukan sebuah kesalahan. Bapa dan ema nya itu yang keras kepala dan sulit rubah hehe..

    Keras kepala itu watak dan pribadi yang tak bisa di buat atau di hilangkan, namun harus bisa di kontrol dan di arahkan secara benar melalui didikan guru dan orang tua.. ini menurutku lho yang ga bisa serius hehe..

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, iya teh.. pande pande eh kanudah menjadi seorang ibu, kalo saya mah ya gituh teh 🙂 hiks hiks

  18. Bener banget tuh mas, saya setuju. semakin anak sering di marahi maka semakin keras kepala (membangkang) kepada orang tua. apalagi jika sampai main kekerasan, maka anak semakin dewasa akan berani main kekerasan kepada orang tua. sebagai conto, coba kita lihat berita di tv kalo banyak seorang anak yang membunuh orang tua nya sendiri. Semoga kelak anak anak kita menjadi anak yang berbakti kepada orang tua ya mas. Amin.

    1. Muhammad Mukhlis

      nah itu mas poin utamanya mas, semoga kita selalu selalu menjadi orang tua yang baik dan anak yang soleha 🙂

  19. trikpos

    Bikin blog baru ya mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, ga ada mas mau usaha GA ini dulu behasil apa engak 🙂

      1. trikpos

        Ya mudah mudahan berhasil mas….

  20. Memang mas anak akan lebih menurut kalo diingatkan secara halus

    1. betul sekali mas, dengan cara halus anak akan mudaah ngeneruti

      1. Ngeneruti itu apa ya mas?

        1. menuruti mungkin maksudnya

  21. Sifat anak akan tercipta selain dari lingkungan sekitar, dari didikan orang tua juga sangat berpengaruh ya…

    1. benar sekali mas, semoga aanak anak kita aman selalu mas, bisa jadi anak yang berbakti

  22. wah catatan buat aku nih, kadang aku suka galak ke Alfi, makasih atas pengingatnya ya

    1. sama sama mb, semoga bermanfaat 🙂

  23. hendri hendriyana

    anak kecil memang banyak sekali yang keras kepala mas termasuk saya dulu juga gitu, tapi entah kenapa jika ibu saya memberikan peringatan malah semakin merasa bersalah dan mau mengulanginya lagi.
    mungkin memang harus sabar ya mas kalo mendidik anak

    1. benar mas, butuh kesabaran yang kuat seperti mas hendry kan

  24. yesterdaysgone

    OK saya nggak akan berteriak sekarang
    paling berbisik.
    ehh apa anaknya dengar ya kalo berbisik gitu

    1. bisik bisiknya sama mbak chio saja

      1. hahaha, saya ketawa boleh

  25. Mangs Aduls

    bener banget kang cotoh ya bukan dengan teriakan.
    sayapun merasakannya. anak kecil itu emang unik
    wah pasti mas muhaamd setelah jadi bapak nanti jago banget nih ngajarin anaknya. mantaps

    1. perlu ditunggu realisasinya

      1. hahahaha, saya manggut manggut euy

      2. sangat perlu sekali. calo emaknya yang sangat menunggu. nih. hahaha

        1. masalahnya belum punya calon loh

  26. Perilaku anak, semua’a kembali kepada orang tua bagaimana cara mendidiknya

    1. benar sekali mb, memang sbagai orang tua harus menjadikan yang baik baik dan benar sebagai contoh

  27. hendri hendriyana

    pasti mas mukhlis lagi cari cewe nih, masak saya yang harus jawab coba?

    1. lalu kudu saya yg jawab gituh?

      1. biar dibawah saya yang jawab, 😀

        1. saya jawab deh ia mas. hahahahaha

          1. pertanyaannya apa?

  28. jadi intinya tindakan nyata akan lebih baik daripada hanya berkata apalagi dengan suara yg keras pada si buah hati ya mas

    1. itu poin utamanya mas, wih pande amat rupanya ya mas 🙂

    2. anaknya mas yanto lucu juga gayanya ya. Mas muhaamad jadinya kapan

        1. bukannya abis musim rambutan yah

  29. semoga ciciek nantinya bisa jadi anak yg penurut dan berbakti

    1. ciciek itu anak saya loh
      beneran

      1. kalau mas admin mana punya,la wong kawin aja belum jeh

        1. kok tau mas, ngintips ya

          1. langsung dengar info dari sumber yg valid dong

    2. amin ya robbal alamin, semoga ciciknya jadi ana yang berbakti ya mas 🙂

  30. cara hukuman apalagi marah-marah bukan membuat anak semakin baik ya mas, malahan akan semakin keras dan secara tidak alangsung akan menanamkan watak pelawan 😀

    1. benar sekali pak, maka dari itu anak harus didekatin dan dengan prilaku yang halus, anak akan menirunya

    2. ada kisah nyata Mas Ibrahim, di daerah jawa barat. Bapak ini kalau ngajarin ngaji putranya tapi tidak bisa/nangkap pelajaran, bisa di pastikan dipukul, di lempar meja dan hukuman lainya. (cara ini tidak bisa ditiru orang lain), ini diluar umumnya.

      Saya dulu waktu kecil juga sering kena sabet(pukul pakai sesuatu) karena sakit ya menangis, tapi saya tetap terus bunyi/belajar ngaji. Alhamdulillah jadi bisa 🙂

  31. makasih ilmunya mas, bisa buat ilmu kelak kalau udah nikan dan punya anak. hehe..

  32. trikpos

    gimana kabarnya mas kok belum ada postingan baru…tetap semangat doong….

  33. trikpos

    temanmu ini yg ada di makassar akan selelu menemanimu…

  34. karena aku belum punya “anak kecil” jadi cuma bisa ngebookmark dulu halaman ini mas, hehehehe

  35. Helo mas Muklis… 🙂

    Ngopi yuk…hehe

    1. mbayar 😀

  36. Iklan Mas Muklis knapa nggak tampil?

    1. lagi maen petak umpet di gowa 😀

  37. intinya buah jatuh tidak jauh dari pohonnya 🙂

    1. kalo buah itu jatuh dari pohonnya jauh berarti buah itu dibawa sama kalong alias kampret mas 😀

  38. Cara mendidik yang baik mnemang dengan memberikan contoh mas, kalau kata bung iwan mah kalau cuma ngomong burung beo juga bisa 🙂

  39. saya setuju banget dengan pernyataan Mang Eileen Kennedy-Moree, PHD di atas itu mas, memang alangkah baiknya selaku orang tua ketika si anak melakukan sebuah kesalahan tidak lantas memarahinya terlebih memakinya didepan umum, akan tetapi ajak bicara secara pelan-pelan dan berikan contoh yang benar.

    1. Nah itu dia baru ortu yang bijak mas…

  40. Kebanyakan masih banyak dari para orang tua yang suka salah kaprah, ketika anaknya berbuat salah lantas memarahinya tanpa memberikan alasan dan penjelasan akan kesalahan yang dilakukan si anak. Selain itu memberikan nasihat memang harus selaras dengan perilaku orangtua itu sendiri, jangan cuma memarahi apa yang telah diperbuat si anak sementara kelakuan orang tua sendiri tidak memberikan contoh yang baik buat si anak

    1. Itu klo kata orang dulu namanya ortu yang toto…

  41. Setuju banget Mas,,marah-marah hanya bikin anak jadi keras kepala…

  42. Anak yg sering dimarahi akan selalu membangkang karena terlalu sering dimarahi dia akan menganggap dimarahi adalah hal biasa. Mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Back to Home
×
error: Content is protected !!