Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Mengenal Makna Dari Sebuah Ciuman

Halo sahabat setia Media Referensi ? emm lama tak update artikel dikarenakan ada sedikit kesibukan yang mesti saya selesaikan, namun walaupun sesibuk apapun pada kesempatan ini, sedikit saya paksakan untuk tetap posting satu artikel yang berjudul “Mengenal Makna Dari Sebuah Ciuman”. Emmm.. Pernahkan Anda berciuman? Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya tentang makna dibalik sebuah ciuman. Biasanya ciuman dilakukan oleh seseorang terhadap orang yang dia sayangi, seperti misalnya orang tua terhadap anaknya, kepada teman atau sahabat bahkan ciuman yang dilakukan terhadap lawan jenis. Terutama ciuman seorang pria terhadap pacar atau kekasihnya.

Oya sebenarnya artikel ini hanya untuk pengetahuan saja, tidak bermaksud untuk memikirkan ke hal yang negatif. Karena dibalik fatamorgana didunia selalu memiliki makna tersendiri, begitu juga dengan hal ini. hehehe

Nah untuk lebih jelasnya tentang makna dibalik sebuah ciuman, mari kita simak poin poin yang tercantum dibawah ini :

1. Makna Ciuman di Pipi
Ciuman di pipi pada seorang wanita disebut juga dengan ciuman ringan  dan paling sehat secara emosional, biasanya ciuman ini dilakukan oleh para pria dalam mengekspresikan rasa suka dan nyamannya terhadap pasangannya. Jika seorang pria sudah memberikan ciuman di pipi, berarti itu dia suka dengan orang yang diciumnya. Nah suka disini mengandung yang sangat artinya, yang jelas jika seorang pria sudah mau mencium pipi, itu tandanya dia nyaman berada dekat dengan orang yang dia cium. Dan bisa saja, rasa nyaman ini lama kelamaan akan menjadi cinta yang bersemi dikemudian hari.2. Makna Ciuman di Hidung
Ciuman di hidung merupakan ciuman yang mengekspresikan rasa gemas kepada pasangannya, namun kebiasaannya ciuman ini dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya yang masih kecil. Dengan cara menggesek gesekan hidung mereka kepada hidung anaknya. Seorang yang melakukan ciuman ini cenderung ingin menunjukkan rasa gemasnya terhadap anaknya atau pasanganya, dan juga bentuk dari rasa ingin menjaga dan melindungi.

3. Makna Ciuman di Kening
Ciuman seorang pria yang ditujukan di kening adalah ciuman kasih sayang yang sangat netral dan jauh dari rasa gairahnya. Nah ciuman ini lazim dilakukan bagi seorang suami kepada istrinya saat hendak berangkat bekerja di pagi hari atau saat hendak beraktifitas lainya, ciuman ini juga dapat berarti pria tersebut sangat menyayangi dan mencintai pasangannya.

4. Makna Ciuman di Tangan
Ciuman ditangan adalah ciuman yang berarti kekaguman dan rasa syukur atas hadirnya pasangan tersebut. Namun Selain itu jika seorang pria mencium tangan lawan jenisnya, itu berarti dia memberikan sepenuhnya kepercayaan kepada pasangannya. Sementara di Negara-negara tertentu, seorang pria melakuan ciuman tangan kepada wanita sebagai tanda hormat dan pujian terhadap perempuan yang dikaguminya. Sejak dahulu ciuman di tangan sudah menjadi sering dilakukan untuk menunjukkan rasa respek dan keinginan untuk dicintai seseorang.

5. Makna Ciuman di Kedua Mata
Ciuman yang sering juga dilakukan oleh seorang dalam menunjukkan ekspresinya biasanya dengan mencium kedua mata bagian kelopak pasangannya, nah ciuman ini yang memiliki arti kasih sayang yang tulus yang diberikan pria tersebut kepada pasangannya. Ciuman ini juga sering disebut sebagai angel kiss yang berarti si pria tidak ingin lepas atau berpisah dengan pasangannya tersebut.

6. Makna Ciuman di Telinga

Ciuman yang keselanjutnya merupakan ciuman yang dilakukan ditelinga pasangannya, ciuman ini yang artinya bahwa si pria ingin bilang bahwa kamu adalah segalanya. Ciuman ini juga terdapat dua macam, ada yang menggunakan lidah ada yang hanya melibatkan bibir. Jika ciuman telinga melibatkan lidah, artinya pria ingin mengajak pasangannya untuk bersenang-senang dan bergairah. Cirinya biasanya ditandai dengan ciuman dan nafas yang berdesah. *sekedar pengetahuan*

7. Makna Ciuman di Bib*r
Untuk ciuman yang satu ini merupakan ciuman yang paling banyak dilakukan dan paling disukai adalah ciuman bib*r, ciuman ini biasanya dilakuan oleh pria pada saat hendak melakukan hubungan badan. Namun ciuman ini juga lebih banyak mengekspresikan rasa hasrat dan gairah juga cinta yang ingin diungkapkan oleh si pria melalui tindakan. Seperti salah satu penelitian menyebutkan bahwa ciuman bib*r yang dilakukan dapat bermanfaat dan menyehatkan, bahkan jika kamu melakukan ciuman bib*r sama sehatnya dengan orang yang melakukan fitnes. Namun hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya, terlepas dari isu tersebut ciuman bib*r juga dapat membuat pria dan pasangannya semakin mesra. *sekedar pengetahuan*

8. Makna Ciuman di Leh*r
Ciuman yang selanjutnya adalah ciuman pada bagian leh*r, bagi para pria ciuman ini bisa berarti ia menginginkan hal yang lebih dari diri pasangannya. Hal ini juga dimaksudkan untuk dapat menstimulus dan memberikan rangsangan lebih terhadap pasangannya dalam melakukan suatu hubungan b*d*n. Ciuman leher juga dapat diartikan juga para pria juga memiliki perasaan yang sangat dalam dan ingin memiliki pasangannya seorang.

9. Makna Ciuman di Bahu

Ciuman yang dilakukan pria pada pasangan pada bagian bahu, memiliki arti yang sangat dalam dan jauh dari gairah. Ciuman ini juga dilakukan oleh pria sebagai bentuk ungkapan bahwa ia sangat menginginkan pasanganya untuk hanya menjadi miliknya seorang tanpa ada orang ketiga atau orang lain dalam hubungannya.

10.Makna Ciuman di Wajah
Ciuman pria yang terakhir adalah ciuman pada bagian wajah, ciuman yang dilakukan dengan tatapan mata yang tajam dan dalam ini memiliki arti bahwa ia begitu mencintai dan tak ingin kehilangan pasangannya.

Itulah beberapa Arti Dan Makna Dari Sebuah Ciuman dalam menunjukkan keekspresisan pada setiap orang.

Nah  bagi kita juga harus berhati hati dengan ciuman.
Kadang kadang awalnya ciuman karna ungkapan rasa sayang dapat berubah menjadi nafsu. Dan nafsu ini bisa berlebihan dan sulit dikendalikan. Ini dia nih yang menjadi bahaya, dan ini bisa berlanjut ke hal yg tidak wajar bagi remaja. Untuk itu kita harus pandai menjaga diri dan tahu betul tentang apa yang boleh dan yang dilarang, dan harus bisa menjaga batasan hal sewajarnya jika lagi menjalin hubungan dengan seseorang.

Sekian dan Terimakasih. Wassalam

206 Comments

Add a Comment
  1. Debe dilacious

    *sekedar pengetahuan*
    saya dapat pertamax

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul mbak, sekalian hadiah nya ndak papa mbak < hehehe

    2. cukup tahu aja yah :v

    3. Muhammad Mukhlis

      betul mas ahmad, 🙂 hehehe

    4. saya cukup sekian saja kalo gitu mah 😀

    5. Muhammad Mukhlis

      kalo saya cukup disini saja kalo begitu, hehehe

    6. yanto cungkup

      saya males mikir

    7. Hendra Suhendra

      Kalo saya cukupin aja deh, biar muat…

    8. saya komen disini aja ah, di bawah pengap..

    9. yanto cungkup

      pengen deket saya ya teh?

    10. Wong Crewchild

      ikut nampang disini, nggak kejauhan turun

    11. welah dh panjang begete …
      boleh sy disni?

    12. Irwin Andriyanto

      numpang tenar again 😀

  2. Ciuman diwajah didaerah mana aja yah mas?
    apakah point 1-7 dicium semua ?

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, menurut pembahsan ciuman diwajah kesimpulan dari semua poin tersebut mas, berarti seperti mas katakan dari poin 1 sampai 7, yang ndak termasuk poin 4, hehehe

    2. ah si akang chi mah suka pura2… jahah

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, iya kang ahmad, dia mah pura pura ndak tahu yah, heheh

    4. kalau saya beneran Pak, blm tau… beneran dehhh…

    5. Muhammad Mukhlis

      hahaha, begitu juga saya pak eka, lebih lebih belum tahu dan belum paham, beneran kok ") hiks hiks

    6. yanto cungkup

      saya berfikir simple

    7. saya mah beneran gtau mas *sok polos 😀

  3. pertamax dulu deh ya

    1. pertmax dari hongkong mas

    2. loh kok bisa geser ke bawah ya, bneran deh tadi saya diatas banget.malahan diatas artikel tuh komentar saya.ga pertamax deh jadinya tapi gpp saya ngopi aja deh ya

    3. Defi Purnama

      Ini baru pertamax mas. Sekalian sama solarnya

    4. Muhammad Mukhlis

      hahaha, mas hendry ga bayar kali mas,

      oya blog mas defi kenapa ndak bisa diakses ya 😕

    5. Mangs Aduls

      ini ada apa sih. kayanya rame

    6. mau tau aja atau mau tau banget??

    7. Muhammad Mukhlis

      rapat buat malam minggu mangs , mau ikutan daftar dulu mah 🙂

    8. cium dimana aja yang penting …

    9. Muhammad Mukhlis

      dimana mana hatiku senang

  4. kalo nyiumny sambil natap tak berkedip kayanya nafsu mas. heheheh
    saya liat di tv mas

    1. Muhammad Mukhlis

      emm, jangan diliat mas, di dengar di radio saja ntar ga nafsu 🙂 hehehe

    2. Dzatmiko oi

      kalo nyiumnya sambil merem melek gmna tuh mas?

    3. Mangs Aduls

      waduh apa ini yang merem melek

    4. Muhammad Mukhlis

      nyium sambil merem menurut saya mimpi mas 🙂 wkwkwkwkw

    5. yanto cungkup

      saya kasih 3 permintaan

    6. Hendra Suhendra

      Nyium sambil merem nggak keliatan dong

    7. Muhammad Mukhlis

      3 aja 1 bisa ?

    8. yanto cungkup

      ini mulut apa knalpot sih

  5. saya biasanya suka cium kening istri sebelum aktifitas mas, memang karena rasa sayang saya begitu tinggi sehingga membelah langit dan bumi hingga luar angkasa sekalipun ya. memang ciuman itu bisa melepaskan expresi saya mas, sehingga penat dipikiran hilang ketika saya mencium kening sang istri.tapi hanya untuk yang udah nikah aja ya..
    admin nya kena lagi deh ya 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya bisa menyimak saja mas, kalo bilang masalah istri ya kenak deh saya mas 🙁 sabar sabar

    2. saya cuman komen aja loh mas, soalnya kan bahas ciuman nih ya 😀

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, iya toh mas hendry, saya toh belum kepikiran berumah tangga mas, rencana sih nunggu satu tahon lagi mas , hehehe

    4. Muhammad Mukhlis

      ntr kalo sudah acara saya ngundangin semua, hahaha, naik pesawat kemari mas ? wkwkwkw

    5. yanto cungkup

      oalah ternyata mas mukhlis belum berumah tangga ya

    6. Muhammad Mukhlis

      kok tahu, ngintips ya ?

    7. yanto cungkup

      saya kan peramal

    8. 😀
      belum tau ya kalo mas yanto bisa liat orang di air mas?

  6. Defi Purnama

    Setiap ciuman yang mendarat di setiap bagian tubuh punya makna masing-masing ya mas. Kalau gitu lebih harus hati-hati saat mau nyium nih, biar gak salah kaprah.

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, tul betul betul mas, ini khusus yang usianya 18 +, saya ndak ikutan juga lho mas, bahaya bahaya 🙂 wkwkwkw

    2. biasa disebelah mana mas nyiumnya??
      #penasaran

    3. Muhammad Mukhlis

      bingung bingung juga 🙂

    4. Defi Purnama

      Malahan saya yang bingung sama komentar saya itu mas 😀

    5. yanto cungkup

      saya berfikir simple

    6. Hendra Suhendra

      Kalo nyium istri tetangga gimana tuh 😀

    7. Muhammad Mukhlis

      saya ndak mau ikut mah 🙂 takut

    8. ga boleh dong yah, itu pelanggaran mas hendra, ntar dikartu merah loh

  7. Duh kalau masalah inimah gak ikut – ikutan kang,,,soalnya belum pernah dicium cewek,,, pengen sih tapi mau gimana lagi yah 🙁

    1. Muhammad Mukhlis

      hahahaha, kok bisa sih mas ahmad, kepingin tapi ga bisa ya mas 🙂 saya juga begitu mas, ndak ikutan juga, ntar salah kaprah juga, tatut tatut 🙂

  8. Betul juga yah makna ciuman itu, Kalau saya saat saya akan berangkat kerja istri selalu mencium tangan saya lalu pipi kanan-kiri, jidat, dan bibir,,, Selalu begitu dan memang memiliki makna yang beda dengan ciuman yang begituan,,,

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya betul tuh mas, tapi sayanya gimana dunks, belum punya istri neh 🙁 hadeuuuh

    2. makanya cepet nyari istri Pak, biar bisa langsung bisa dipraktekin hahaha

    3. saya ga ikutan lo mas..

    4. mau ikutan juga boleh Kang 😀

    5. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya nyium bantal saja lah kalo begitu, bisa langsung dipraktekan soalnya 🙂 wkwkwkwkw

    6. wah banyak amat mas diciumnya, gak keburu telat tuh berangkat kerjanya?? =D

    7. Kalau kecup basah ala mang cilembu thea itu cium dimana ya

    8. yanto cungkup

      didengkul

    9. Muhammad Mukhlis

      hahahahaha, saya ketawa saja

    10. saya dong nyimak

    11. Irwin Andriyanto

      wauuuu

  9. Mas Dory

    Wah ternyata banyak juga ya mas makna ciuman yang kita berikan. Seringkali ciuman yang kita berikan tersebut adalah simbol rasa sayang kita terhadap pasangan. 😀

    1. Saking banyaknya sampai nggak bisa dihapalkan satu persatu ya Pak hehehe

    2. yanto cungkup

      besok saya hafalin.
      kalau inget tapi

    3. Muhammad Mukhlis

      besok saya tanyai, kalo ndak inget awas toh ,

    4. yanto cungkup

      besok senin kan

    5. Muhammad Mukhlis

      bukan jumat

  10. Wawww ngomong ciuman
    Ternyata beda sasaran
    Beda pula arti kesan
    Namun itu semua keharmonisan…

    1. yang penting jgn sampai salah yg dikasih ciumannya ya Mba hehehee…

    2. yanto cungkup

      saya boleh nyium mbak anis? 😀

    3. wah.. tak bilangin Ibu'e nih hahaha…

    4. Muhammad Mukhlis

      betul, kita laporin ntar biar di setrap dia mah 🙂

    5. yanto cungkup

      lawong yg komentar itu ibuke jeh..
      week

  11. Dzatmiko oi

    Wahhh… lengkap sekali ya mas makna ciumannya. jadi tambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman nih saya.
    nanti coba saya praktekan ah sama istri saya, tp kalo udah nikah. hehehehehehehe

    1. semoga cepat menikah ya Mas hehehe…

    2. yanto cungkup

      saya dong udah nikah

    3. kebanyakan mah suka lupa Kang Yanto mah…

    4. Muhammad Mukhlis

      terus sayanya gimana dunks ?

    5. yanto cungkup

      bagian nyuci mangkuk

    6. Muhammad Mukhlis

      ga mungkin ga mungkin

  12. ternyata Pak Muhammad ini lebih berpengalaman yah kalo menjabarkan arti ciuman, sampai lengkap sekali penjelasan tentang arti macam2 ciuman, atau mungkin pengalaman pribadi juga yah xixixixxii….. ijin copy ah…. siapa tau ntar ada yg nanyain ..

    1. yanto cungkup

      bisa dijadiin tambahan untuk mengajar mas

    2. takut ada tetangga yg nanyain artinya kang wkwkwk…

    3. Muhammad Mukhlis

      hehehe, boleh tuh pak eka, besok pasti saya tanyain ulang 🙂

    4. yanto cungkup

      dilarang bertanya

    5. Muhammad Mukhlis

      wah ntar jadi seperti di iklan djarum toh, diam ah

  13. Kebanyakan sih kalo para Abegeh skrg mah modus ciumannya ya Pak, dengan alasan ciuman kasih sayang tapi nggak taunya ciuman hawa nafsu xixixi… klo bener2 ciuman krna sayang mah mending ntar ngasih ciumannya kalau sudah bener2 syah dan menikah, iya nggak pak ? .. 😀

    1. yanto cungkup

      yg udah nikah ngacung

    2. Mangs Aduls

      cung mas

    3. saya ikutan boleh nggak ? …

    4. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya ikutan apa egak ya, ntar jadi ngacung

    5. yanto cungkup

      harus ikut pokoknya

  14. yanto cungkup

    ciuman itu ternyata banyak maknanya,tergantung posisi mana yg dicium yamas.
    sangat menambah wawasan saya nih yg sebelumnya belum tau hal seperti ini

    1. Asnaji Cs

      posisi apa itu mas ? posisi kuda njungkel apa posisi sapi nungging….oops

    2. Muhammad Mukhlis

      posisinya lengkap mas, kang yanto kan pura pura ndak tahu 🙂 wkwkwkwkw

    3. wah kang yanto langsung bicara posisi nih 😀

    4. yanto cungkup

      pada ngomongin apa toh?

    5. Muhammad Mukhlis

      ada apa ini ada apa ini

  15. yanto cungkup

    saya juga pernah membaca bahwasanya dengan sering mencium anak bisa membuat anak menjadi lebih peinter lomas.
    apakah bener begitu?

    1. Mangs Aduls

      weh taciumi nanti anaku sama emaknya. hahahaha

    2. Asnaji Cs

      tapi kalau pas pipis jangan di cium lhooo

    3. Muhammad Mukhlis

      kasih tahu ga ya, kita tunggu jawaban setelah pesan pesan berikut ini ") wkwkwkwkw

    4. yanto cungkup

      koq pesen lagi sih

    5. Muhammad Mukhlis

      ga cukup satu belum kebagian

    6. saya pesan satu lagi ga pake saos ya

  16. Arizuna Zukirama

    Ciuman di bibir memang lebih banyak mengekspresikan rasa hasrat dan gairah juga cinta yang ingin diungkapkan oleh si pria melalui tindakan, apalagi pake gaya terbalik ala spiderman, haha..

    1. Mangs Aduls

      kaya apa itu mas

    2. kayaknya Mas Zuki pernah praktekin ciuman ala spiderman yah hahaha

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya nyimak saja, ntar suatu saat saya mau ikutan juga gaya spiderman nya, kalo inget tapi, hahahaha

    4. yanto cungkup

      yg belum nikah dilarang mencoba

    5. Muhammad Mukhlis

      tyerus sayanya gima dunks ?

    6. yanto cungkup

      pegang setrum

    7. wahahahha. makin ngaco aja nih, saya kasih obat satu-satu ya.
      #baris

  17. Mangs Aduls

    hebat jago juga mas masalah ciuman.
    kayanya sambil praktek nih untuk beberapa item

    1. Mang Adul mau praktek ? ….

    2. Muhammad Mukhlis

      hari ini teory saja mangs betul ndak pak eka, besoknya baru prakteknya 🙂 hahahaha

  18. Banyak juga maknanya ternyata ciuman sebagai orang tua perlu juga tuh mencium anak tanda sayang

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas dwi, itu termasuk ciuman poin nomer 2 mas, expresi rasa sayang orang tua terhadap anakanyya mas 🙂 hehehe

    2. PURNAMA

      hem dari dulu ciuman itu sebagai rasa sayang y mas, coba kalau lagi musuhan pasti gak mau di cium, wakakaka

    3. Defi Purnama

      Malah tambah di tonjok ya mas Purnama?

  19. Asnaji Cs

    tapi kalau ciuman pertama sama kekasih mas… cara mengartikanya gimana mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      sepertinya mas asna mau tau banget ne, kasih tahu ga ya , emm hahahaha

  20. Cilembu thea

    darikesepuluh ciuman itu, kita jadi tahu kapan dan di mana kita akan mencium istri kita

    1. Ciuman ke istri lebih di prioritaskan ya mang, dari pada mencium tetangga sebelah

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kalo cium tetangga sebelah mesti nariik celana dulu, kalo ada apapa bisa gampang tuk kabur 🙂

    3. Cilembu thea

      bener tuh……lanjutkan

  21. siti dzakirah

    eummm.,?
    nyimak aja dulu deh

    1. PURNAMA

      nyimak bayar dulu mbak

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kan sudah disuruh bayar, karena ga ada gratisan 2015

    3. Cilembu thea

      peluk basah deh

    4. siti dzakirah

      wah mantap nie.,.?
      sekedar nyimak mesti bayar!!
      saya sukak?

  22. wah ternyata makna dari sebuah ciuman itu macam2 ya…tergantung tempatnya… hehehe

    1. PURNAMA

      nah betul sekali mas santri, nah biasanya kang santri ini lebih paham kayak gini lo, hayo ngaku

    2. jiaaaaah…hehehe…nggak salah tuh… 😀

    3. Muhammad Mukhlis

      salahkah aku, mencintai mu memiliki mu menyayangimu 🙂 nidji

  23. Diar Nurhakim

    Ciuman di bibir bikin stress ilanggg,,, hehehehehehe, ciuman di idung adalah ciuman yang lucu deh ya, ngegemesin soalnya, wkwkwkwkwkwkwkwkwkw, waaah komplit bingit ciumannya mas muhammad, mantabs nih menambah ilmu pengetahuan tentang ciuman, ini mesti diamankan mas muhammad, wkwkwkwkwkwkwkwkw 🙂

    1. PURNAMA

      hadeh,.itu mas sah sah saja mas, asal dah halal

    2. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul,

    3. Diar Nurhakim

      Hehehehehehehe 🙂

  24. PURNAMA

    ternyata ciuman memiliki banyak arti ya mas, tapi bukan ke hal negatif lo ya

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas purnama, kalo kenegatif saya mah ndak ikutan, ntr dilaporin ke satpol

  25. menark informasi ini.. ternyata ciuman juga ada maksudnya.. 😉

    1. Muhammad Mukhlis

      menarik perhatian ya mbak, hahahaha

  26. Saya lebih senang mencium di kening, maknanya benar sekali, memang mengekspresikan rasa sayang takut kehilangan…

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe saya lebih suka di pipi sama di kening juga mas ")

  27. ciuman pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda…

    1. Muhammad Mukhlis

      ciuman kedua lebih aduhai, begitukah ?

    2. siti dzakirah

      eummmm

    3. siti dzakirah

      eummmm

  28. Sonny Ogawa

    Kalau saya suka ciuman yang di kening mas..

    Tapi yang lebih sangat suka adalah ciuman yang di bibir…haha

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ketahuan dia mas sony, hahahaha

  29. Bahas kasih sayang itu banyak dan bisa diterapkan dengan model apa saja ya Kang ? he,, he,,,, he,,

    1. Muhammad Mukhlis

      masalah kasih sayang bisa diungkpkan lewat model model tersendiri mah, saya pun belum sempat cari tahu mah 🙂 wkwkwkw

  30. Hendra Suhendra

    Perlu dipraktekin nih di rumah

    1. Muhammad Mukhlis

      dipraktekan silahkan mas 🙂 hehehe

    2. saya mau praktek cuman tak ada bahan

    3. Irwin Andriyanto

      nih saya jual bahan 😀 mau yang gimana….

  31. kalau cium semuanya dengan waktu yang hampir sama itu cium apa ya 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      kasih tahu ga ya ? emmm

  32. Yandhi Karami

    klo di muka umum, biasanya gw cium istri di kening. soalnya kalo di bibir takut keterusan (paham kan maksudnya)
    nice info btw

    1. Muhammad Mukhlis

      benar tuh mas, kalo ditempat umum harus bisa menjaga etik ya mas, walaupun itu istri, makasi mas salam sukses 🙂

  33. dari kemarin aku malu mau komennya wkwkwk… pokoknya yang belum menikah dilarang keras begituan wkwk..

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya betul mbak, yang sudah nikah pasti mbak, yang belum nikah mesti seperti orang tua ke anak bahkan keteman hanya biasa mbak teh 🙂

  34. Ternyata ciuman boleh mengerat hubungan sebuah keluarga. Si anak mencium tangan ibu, si isteri mencium tangan suami dan banayk lagi seperti contoh di atas. Soalnya malu juga untuk di bahas 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mbak fidah salah satunya seperti orang tua sayang kepada anak dan anak juga kepada orang tua, suami ke istri dalam bentuk kasih sayangnya 🙂

  35. kalau dimata saya belum pernah coba deh, nanti tak coba 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      jangan dicoba mbak, ini khusus bagi yang sudah aja, kalo belum pasti mesti seperti poin nomor 2 boleh 🙂

  36. Wong Crewchild

    nomer 7 dan 8 palinbg menarik 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, jangan dipraktekan mangs

  37. Irwin Andriyanto

    nambah ilmu dan nambah rangsangan nih :v

    1. Muhammad Mukhlis

      eps ilmu untuk sekedar tahu sja ini, ndak boleh kalo belum nikah

    2. Irwin Andriyanto

      pengen buru buru nikah nih 😀

  38. saya pernah nyium di telinga mas . geli geli katanya 😀 ahaha

    1. telinga siapa tuh…

    2. Irwin Andriyanto

      telinga kucing

    3. Muhammad Mukhlis

      saya ndak ikutan karena malu 🙂 wkwkwk

  39. Yang paling berkesan itu First kiss mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      sqampai ga bisa bayangin ya mas 🙂 wkwkwwk

  40. Evrina Budiastuti

    waduhhhh, bacanya kudu jauh jauh dari anak nih hehe, aku bingung mau komen apa haha

    1. Irwin Andriyanto

      nah ini komen mba ….

    2. Muhammad Mukhlis

      hahahha, saya nyimak saja mbak dan mas irwin 🙂

  41. posstingannyaa sangat berat temanya nih , habis harus ekstra hati2 supaya anak2 saya gak ikutan bacanya wkkki

    1. Muhammad Mukhlis

      mesti diwaspada pada nak anak dibawah umur mbak 🙂 heheh

  42. ilmu des

    wahahaha, ternyata ada macam2 ciuman ya, yang di leher gimana itu, nanti bisa merah2.hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      saya ga ikutan juga mas, hehehe

  43. Adhief Hermawan

    ane belum tau ciuman hihihi

    1. Adhief Hermawan

      belum pernaah maksudnya

    2. Muhammad Mukhlis

      begitu juga saya mas adhief 🙂 hehehe

  44. nandira aluna kusuma

    anak kecil cukup komen ajha ahh 🙂

  45. nandira aluna kusuma

    anak kecil cukup komen ajha ahh 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      nyimak saja mbak hehehe:) jangan diapa apain tapi 🙂 wkwkwkw

  46. anak kecil nyimak ajha mas 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, silahkan kang jum, senang bisa mampir, salam sukses 🙂

  47. DedyAkas Website

    Yang point ini : 2. Ciuman di Hidung…
    Waktu muda dulu pernah ngalamin…
    Ternyata gitu toh maksudnya… hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!