Teladan Bagian Tiga “Keramat Seorang Wanita” – Media Referensi

Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Teladan Bagian Tiga “Keramat Seorang Wanita”

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh sahabat semua ..!

Apakabar anda semua, yang pasti selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam melaksanakan aktifitas sehari hari. Oya sahabat Setia semua, seperti biasa update artikel demi memenuhi kriteria blog media ini, nah pada posting ini saya akan berbagi tentang  Kisah Islami teladan yang ketiga yang berjudul “Keramat Seorang Wanita” untuk kisahnya mari kita baca dan pahami seperti dibawah ini, semoga bisa menjadi bahan referensi dan memotifasi kepada kita semua .!

Syeikh Sariy Saqaty r.a adalah seorang alim dan ulamak yang abrar. Murid-muridnya terdiri daripada pelbagai kaum yang datang dari merata pelusuk. Salah seorang daripada muridnya adalah seorang wanita yang solehah, jujur dan sentiasa taat dan patuh kepada perintah Allah. Wanita ini mempunyai seorang anak yang bernama Muhammad. Anaknya telah diserahkan kepada seorang guru untuk mempelajari ilmu-ilmu agama dan mengaji Al-Quran.

Pada suatu hari guru agama ini pergi ke tepi sungai Dajlah bersama-sama anak wanita tadi untuk megambil angin sambil bersiar-siar. Ketika guru itu duduk sambil berehat, anak wanita tadi bermain-main di tebing sungai dan tidak di sedari bahawa anak itu telah terun ke dalam sungai itu. Setelah di sedari oleh guru itu dan belum sempat guru itu untuk menarik anak itu ke darat, tiba-tiba anak itu tenggelam ke dalam sungai. Dengan perasaan cemas guru itu mencari-cari anak itu tetapi tidak berjumpa. Setelah puas mencari guru itu tidak dapat berbuat apa-apa dan beliau berfikir mungkin anak itu telah mati dan di bawa arus.

Guru tersebut merasa kesal di atas perbuatannya kerana mengajak anak tersebut bersiar di tepi sungai. Fikirannya buntu tidak dapat memikirkan bagaimana untuk memberitahu emaknya tentang kehilangan anak tersebut, dia takut dimarahi oleh wanita itu di atas kecuaiannya. Dengan perasaan yang tidak menentu itu, tiba-tiba ia teringat tentang syeikh Sariy seorang ulamak tempat ibunya mengaji, mungkin syeikh tersebut boleh membantu menyelesaikan masalah ini. Tanpa membuang masa guru itu terus kerumah Syeikh Sariy untuk memohon bantuannya menyelasaikan masalah kehilangan anak kepada wanita, muridnya.

Setibanya di sana Guru itu menceritakan kepada Syeikh Sariy tentang kehilangan anak kepada wanita itu, dia memohon supaya mencari jalan bagaimana untuk memberitahu ibunya tentang kehilangan anaknya. Syeikh Sariy mengajak kawannya Al-Junid yang kebetulan berada disitu untuk pergi ke rumah wanita itu dan sama-sama membantu supaya wanita itu tidak mengamuk atau memaki hamun guru itu diatas kecuaian yang menyebabkan anaknya tenggelam di dalam sungai.

Apabila tiba di rumahnya Syeikh Sariy dan Al-Junid mengajarnya tentang kesabaran yang perlu dihadapi kerana ia adalah dugaan Allah, jika sesuatu musibah yang menimpanya ia adalah takdir Allah semata-mata. Wanita itu kehairanan tentang tingkah laku Syeikh Sariy dan kawannya Al Junid. Wanita itu berkata kepada Syeikh Sariy “Apakah sebenarnya yang berlaku? sehingga tuan-tuan menceritakan tentang perkara yang telah saya ketahui”. Syeikh Sariy berterus terang dan menceritakan tentang kehilangan anaknya yang telah tenggelam ke dalam sungai semasa anaknya bermain-main bersama-sama gurunya di tebing sungai Dajlah.

Mendengar keterangan tersebut wanita itu berkata dengan perasanan tenang “Insya Allah, Tuhan tidak akan membuat sedemikian kepada aku”. Wanita itu mengajak mereka supaya menunjukkan tempat kehilangan anaknya. Mereka menuju ke tebing sungai dan apabila sampai di sana guru itu menunjukkan tempat anaknya tenggelam. Kata wanita itu “Apakah kamu pasti bahawa anakku hilang di sini” Jawab guru itu “Benar di sinilah dia tenggelam dan saya tidak sempat untuk mememegang tangannya ketika ia tenggelam”. Lalu wanita itu menyeru nama anaknya “Hai anakku Muhamammad” beberapa kali, tidak lama kemudian anaknya menjawab “Ibu, Saya ada disini”. wanita itu terus turun kedalam sungai lalu menghulurkan tangannya ke dalam air dan menarik keluar anaknya. Syeikh Sariy, Al Junid dan Gurunya hanya terpegun melihat keajaipan yang berlaku di hadapan matanya. Syeikh Sariy berkata “jika kita memberitahu kepada orang, tentu mereka tidak percaya”. Jawab Al Junid “Benar kata tuan, keajaipan tidak diperolehi oleh semua orang, kecuali mereka yang benar-benar takwa dan patuh kepada Allah, maka Allah akan mengurniakan kelebihan kepada mereka”.

Wanita tadi memelok anaknya dangan penuh kegembiraan. Mereka terus beredar dari situ untuk pulang kerumahnya dan tinggallah Syeikh Sariy, Al Junid dan Guru di situ. mereka berbincang-bincang tentang keramat yang diberikan Allah kepada wanita itu. Syeikh Sariy berkata “Wanita itu telah mendapat alamat bahawa anaknya masih hidup semasa ia berkata bahawa Allah tidak akan membuat sedemikian kepadanya” Mereka bertiga pun beredar dari situ dengan membawa kenangan yang tidak dapat di lupakan dan mereka bersyukur kepada Allah diatas kebesaran dan kekuasaan-Nya dan segala yang berlaku diatas muka bumi ini adalah di atas ketentuan-Nya.

Sekian kisah islami yang berjudul “Keramat Seorang Wanita, harapan semoga bisa menjadi bahan renungan dan motifasi kepada kita semua. Wassalam

186 Comments

Add a Comment
  1. Asep Haryono

    Izin menyimak dulu

    1. Muhammad Mukhlis

      bayar mas ? wkwkwkw

    2. Asep Haryono

      udah kena virus Mbayar nya mas Yanto Cungkup ini mah
      xixixixixie

    3. saya ikut mejeng diatas biar keren dikit deh ya

    4. yg ikut mejeng juga harus bayar ….!!! titik

    5. seperti mang asep ada benarnya,,, ikut2 tan matre kayak mas yanto… jhahah

    6. yanto cungkup

      opo rek celuk celuk jenengku

    7. Muhammad Mukhlis

      aku rak popo aku rak popo aku rak popo 🙂

    8. tumpeh-tumpeh

    9. pada ngomongin apa sih? rame amat 😀

    10. yanto cungkup

      pada ngitung utang

    11. Muhammad Mukhlis

      yang belum lunasin ayo bayar sekarang 🙂

    12. Irwin Andriyanto

      munmpang tenar ahhh

    13. Muhammad Mukhlis

      bayar mas 🙂

    14. Mas Dory

      Ini pada ngomongin apa sih, saya tinggal sebentar sudah rame kayak gini, apalagi saya tinggal lama coba. Kopi mana kopi mas ?.

    15. siti dzakirah

      ikut2 ah,.,,

    16. mba siti nyempil di antara banyaknya kaum pria.. bahaya… hehe

    17. nyari saya dong mbak nya…
      kan yang abegeh duman saya

    18. Defi Purnama

      Bayar pakai doa aja. Biar blog ini sukses terus 😉

    19. beuh mas asep…langsung nangkring di nomor wan… 😀

    20. Bayar sekarng apa kapan mas…?

    21. Muhammad Mukhlis

      tahun depan bis ga ya, ga bisa dunks !

    22. yanto cungkup

      saya salut dikolom ini
      beneran
      ternyata blogger KPK mulai tumbuh subur lagi disini nih.
      mas zach musti tau ini

    23. Debe dilacious

      Ikut ngantri sembako 😀

    24. Muhammad Mukhlis

      hahaha, sembako gratis ya mbak, 🙂 wkwkwkw

    25. Dilanjut biar panjang ya,,,,

  2. Mangs Aduls

    ih belum banyak komentar

    1. Muhammad Mukhlis

      bagi bagi duit ayo siapa mau ?

    2. sy gk mw klo duit ,,,

    3. Muhammad Mukhlis

      pasti wanita ya mas ?

    4. ingat umur,
      saya mah masih abegeh

    5. abegeh dari hongkong 😀

    6. Muhammad Mukhlis

      Abgeh tua mungkin maksudny seperti lagu itu:) wkwkwkw

    7. yang mau dibagi apa?

    8. Muhammad Mukhlis

      duit mas 🙂

    9. langsung kirim

    10. Yg mau duwit ngacung…..

    11. Muhammad Mukhlis

      hahaha, yang ga mau duit tunjuk tangan !

    12. yanto cungkup

      duit dari daun

  3. Mangs Aduls

    tumben

    1. yanto cungkup

      siapa?
      saya?
      terimakasih

  4. Mangs Aduls

    yang pasti kita harus yakin ya mas. dengan kebesaran Alloh kemahakusaannya.
    kisahnya di luar nalar sebenernya.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, keyakinan harus ditanamkan di benak kita toh mangs 🙂 hehehe

    2. yanto cungkup

      allah maha besar

    3. Muhammad Mukhlis

      dengan segala kebesaranya 🙂

    4. ada tisyu?? :'(

    5. Muhammad Mukhlis

      buat ngelap ingus ya mas hendry ?

    6. Mangs Aduls

      baru bisa bkujung lagi nih. bukan ingus air mata mas

    7. Mangs Aduls

      Alloh maha kuasa mas

    8. Muhammad Mukhlis

      iya mas, pasti ga dikasi pulang malem ne, ne tisyu nya mangs

    9. yanto cungkup

      sapa yg mewek?

    10. Muhammad Mukhlis

      tuh mangs mas 🙂

  5. Kisah yang perlu diteladani biar jadi orang yang bijak

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul mas dwi 🙂

    2. Mangs Aduls

      ia mas kisah teladan harus di teladani sisi baiknya

    3. yanto cungkup

      saya dong mau jadi bapak tedan buat anak saya

    4. ini perlu dicatet takut lupa lagi

  6. Irwin Andriyanto

    habis ke pentok apa Kang,, bisa posting kaya gini hahaha

    1. gak tahu nih,,, mungkin ke pentok tiang listrik kali jahahah

    2. yanto cungkup

      koq aneh ya mas irwin itu?
      orang bikin posting inspiratif gini malah diketawain
      hadeuh

    3. Muhammad Mukhlis

      ikut menyimak ah, mana tahu bisa menjadi inpirasi juga 🙂

    4. Muhammad Mukhlis

      wah kena deh 🙂

    5. Irwin Andriyanto

      masalah nya kan habis posting masalah ciuman terus nyambung ke hal kaya gini,,, entah lah

    6. Muhammad Mukhlis

      gado gado mas 🙂

    7. Mas Dory

      Saya rujak cingur aja mas, gado-gado nya sudah beli di bu Parto.

    8. Muhammad Mukhlis

      say belum kebagian, ne 🙂

    9. Irwin Andriyanto

      Karetnya dipisah yah kang

    10. pasti pesen yang pedes nih 😀

  7. Kalau yang saya tahu "keramat" itu ada di lagunya bang oma,,, 😀

    1. Admin says iya kang saya juga tahu…

    2. yanto cungkup

      saya bingung

    3. Muhammad Mukhlis

      saya anguk anguk saja ya mas 🙂

    4. Dzatmiko oi

      kalo yang saya tahu sih keramat itu kalo pas lagi mandi mas. hehehehehe

    5. itu suster keramas 😀

    6. yanto cungkup

      mana susternya?
      mana…

    7. Muhammad Mukhlis

      hahaha, pertamax saya kasih buat semua 🙂

    8. Mas Dory

      Hore pertamax membaca teladan bagian tiga "Keramat Seorang Wanita". 😀

    9. Mangs Aduls

      keramat itu de saya mah suka di kasih ke bapaknya (keur amat )

    10. Muhammad Mukhlis

      kalo saya apa ya < mikir dulu

  8. karena kebesaran Allah swt anak itu selamat juga ya mas, memang hidup mati ada ditangan than, bahkan meskipun kita dalam keadaan berhadapan dengan maut tapi jika bukan waktunya pastilah selamat ya mas..
    alhamdulillah dapet pencerahan disini mas.terimakasih

    1. jadi kangen ibu nih

    2. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas hendry, senang bisa terinpirasi, iya mas kalo kangen ibu saya ikutan mas 🙂

    3. yanto cungkup

      saya dong tiap hari disamping ibu

    4. saya dong nyanyi lagu iwan fals – ibu

    5. Muhammad Mukhlis

      saya tetap bersama ibuk 🙂

    6. Mas Dory

      Saya donk nyanyi lagu barat "Mother How Are You Today"

    7. Muhammad Mukhlis

      coba nyanyi yang habis mas, mau dengar ne 🙂

    8. yanto cungkup

      habis gelap terbitlah terang

  9. yanto cungkup

    kisah yang sangat inspiratif nih mas.
    begitu dasyat pengaruh seorang ibu.
    maka dari itu mari kita muliakan ibu kita masing masing

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas yan 🙂 saya sangat mendukung mas demi mensintai ibu kita yang tercinta 🙂

    2. Dzatmiko oi

      saya sejutu mas… hehehehehe

    3. Muhammad Mukhlis

      begitu juga saya mas 🙂

    4. Irwin Andriyanto

      saya ikuta sejutu dech 😀

    5. Muhammad Mukhlis

      bayar oh bayar 🙂

    6. Mas Dory

      Saya do'ain buat semua ibu dari dan untuk sahabat saya di sini tanpa terkecuali,

      "Ya Allah Ampunilah segala dosa kami, dosa kedua orang tua kami, Sayangi Ibu Bapak kami Ya Allah sebagaimana mereka mengasihi dan menyayangi kami disaat kecil, Hanya KepadaMU kami menyembah, dan hanya KepadaMU kami meminta pertolongan. Amin Ya Rabbal 'Alamin"

    7. siti dzakirah

      Amin

    8. Muhammad Mukhlis

      Amiin ya robbal alamin 🙂

    9. yanto cungkup

      amiin allohumma amiin

  10. Wong Crewchild

    kisahnya jadi bahan renungan,
    maaf mas, kata beredar apa maksudnya pergi? bagian bawah cerita

    1. Dzatmiko oi

      Mungkin begitu. heheheehehehe

    2. yanto cungkup

      mungkin nanti

    3. Muhammad Mukhlis

      ada apa sih pagi pagi ribut ribut ? saya setrap nanti mau ? wkwkwkwwk

    4. Mas Dory

      Saya beredar dulu ya Mas.

    5. Mangs Aduls

      jgn lupa bawa tisu

    6. Muhammad Mukhlis

      saya bawa kain sarung saja gimana 🙂

  11. Diar Nurhakim

    feeling seorang ibu kuat mengenai anaknya ya mas Muhammad, ijin mengamankan ceritanya mas, hehehehehe 🙂

    1. bisa dibikin cerita lagi nih sama kang diar si tukang ngarang cerita 😀

    2. Muhammad Mukhlis

      hehehe, iya mas diar silahkan diamankan, tapi ndak usah pakai kode pengamannya kan mas 🙂 hehehe

    3. Diar Nurhakim

      Hehehehehehehehehehehe 🙂

  12. inspiratif mas kisahnya keren banget buat jadi renungan bersama..

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas ky, senang juga bisa terinpirasi mas 🙂

  13. Dzatmiko oi

    Bagus sekali mas ceritanya, memang betul sekali mas perasaan seorang ibu itu lebih peka terhadap anaknya. Maka dari itu kita harus bisa dan wajib bisa menjaga hati seorang ibu. ceritanya sangat memotifasi saya buat lebih menghargai seorang ibu.

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang, maka dari itu saya juga sangat setuju untuk membahagiakan ibu kita mas 🙂

  14. Sperti lirik lagu Bang H. Rhoma Irama yang mengatakan: Bukannya gunung tempat kau meminta, Bukan lautan tempat kau memuja, Bukan pula dukun tempat kau menghiba, Bukan kuburan tempat memohon doa… Tiada keramat yg ampuh didunia selain dari doa ibumu jua… nah ini poinnya!

    1. Muhammad Mukhlis

      wah, saya suka lagunya kang rhoma mas, kapan kapan mesti saya dengar ne mas marnes 🙂 hehehe

    2. Mas Dory

      Versi koplo nya ada gak mas ?. hehehe

    3. Muhammad Mukhlis

      saya versi rock aja juga ada ga ya ?

    4. yanto cungkup

      saya nunggu hasil konser mas saud ajah

  15. Mummy Julia

    Cerita yg menarik Mukhlis.. Terima kasih berkongsi…

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mbak juli, senang bisa berbagi 🙂

  16. Debe dilacious

    Allahuakbar

    1. Muhammad Mukhlis

      Allah Maha Besar

  17. Muhammad Mukhlis

    betul sekali mas

    next time *prohibited spam*

  18. cerita nya sangat mengispirasi sekali mas, saya sampai nlp mamah loh setelah baca artikel ini, percaya ga?? 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamsulillah mas hendry, hahahaa percaya ga ya ah kasih tau dulu ngomong apa tadi sama mamak ?

    2. saya nlp mamah saya mas nanti sabtu pulang kerumah sama istri gitu mas.hehe

    3. Muhammad Mukhlis

      asik asik pulang kampung, saya ikut mah 🙂

    4. yanto cungkup

      saya nelpon sapa dong?

    5. sakarepmu lah 😀

  19. Penjelasannya ngena hati banget mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      waduh gimana mas seperti ada yang tusuk gitu ? hahaha just kidding

      oya alhamdulillah mas, sukses kalo begitu mas, karena sudah berhasil misi pertamanya 🙂

  20. Feeling seorang ibu memang sangat kuat yah mas
    bisa jadi renungan nih artikel'a untuk kita semua 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas chisana, senang mas bisa bermanfaat 🙂

  21. Banyak pengajaran dari cerita ini. Harus sentiasa yakin dengan pertolongan Allah walau apa keadaan sekali pun.

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mbak fidah, Allah maha penolong mbak, dan maha adil ya mbak 🙂

  22. Walau wanita di lihat sebagai kaum yang lemah, dengan izin Allah, segalanya boleh berlaku. Apa lagi kalau doa dari seorang ibu.
    Terima kasih perkongsiannya.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mbak, doa seorang ibu sellu diistijabahkan apalgi terhadap anaknya 🙂

  23. Saya kira anaknya sudah tewas tenggelam, Naluri seorang ibu sangat erat sekali ke anaknya… buat bahan pembelajaran, semua itu sudah kehendak Allah, apapun yang terjadi pasrahkan, dan jangan lupa berusaha untuk mencari…

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mas, dengan kehendak Allah manusia tidak mampu menyangkanya 🙂 tks mas ahmad 🙂

    2. Iya mas… manusia memang tidak bisa menentukan.. hanya bisa berusaha,.

    3. Muhammad Mukhlis

      setul betul betul 🙂

  24. itulah kehebatan seorang ibu, ngomong ngomong kenapa boleh meletakan link aktif mas… kan bisa bahaya buat blog 😀

  25. Muhammad Mukhlis

    iya betul mas, belum saya hapus mas link nya, mana tahu balik lagi kemari bisa jadi pengalaman ke nya mas 🙂

  26. Harus banyak belajar sama mas muklis nich tentang memahami wanita

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kemari aja mas wahab, biar kita belajar bareng 🙂

  27. Subhanallah banyak pelajaran dapat saya ambil mas, kalau dibukukan dan dipasarkan di google play bagus nih mas apalagi udah 3 bagian. Udah berapa halaman ya jadinya.

    Kalau minat saya bukukan deh mas.

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang senang bisa bermanfat, hahaha belum sempat saya paparkan ke google play nya mas ntar kapan kapan saya coba juga mas 🙂 hehehe

    2. semoga berhasil mas Mukhlis..

    3. bner banget tuh ide mas adam kalo dibukukan itu bermanfaat buat banyak juga mas, apalagi di google play banyak pencari buku loh, harga awal kasih murah dulu kesananya dimahalin gpp 😀

    4. Muhammad Mukhlis

      emmm, iya juga ya mas, tapi belum paham dunks 🙂 iyu mah masalahnya 🙂 wkwkwkw

  28. Muhammad Mukhlis

    Tes koment biar genap 100 🙂 wkwkwkwk

    1. Muhammad Mukhlis

      ini mah baru 100 🙂 hehehe

    2. saatnya nraktir saya

    3. Mangs Aduls

      udah buanyak banget nih komentar

    4. Muhammad Mukhlis

      hehehe, lagi baik hati ini mas, sayatraktir semua ne, ayo pesan pesan bilangin nama saya sama penjualnya 🙂

  29. Mas Dory

    Subhanallah, sampai merinding bulu kuduk saya membayangkan betapa ke salehah an ibu tersebut bisa menyelamatkan anak nya dari mati tenggelam. Karomah sang ibu muncul dari keyakinannya kepada Allah bahwa Allah tidak akan membuat sedih hati ibu tersebut.

    Hal ini semakin menyadarkan saya untuk lebih berbakti kepada ibu bapak kita. Segala yang diucapkan ibu kita merupakan do'a untuk kita anak nya. Syukron Katsirah Ikwan Mukhlis atas artikel di atas.

    1. Bener sekali mas, mangkanya ada ibarat syurga itu di telapak kaki ibu… semoga bisa bermanfaat untuk banyak orang mas…

    2. Muhammad Mukhlis

      amin yarabbal alami, senang mas 🙂

    3. amiin maning

  30. sangat inspiratif mas, makasih sharingnya

    1. sama-sama

    2. Muhammad Mukhlis

      alhamdulilah kang, ikut senang

  31. Wah, sungguh sebuah keajaiban ya. Memang betul, kalau diceritakan pada orang lain belum tentu akan percaya. Tapi kalai mengalami sendiri baru percaya kalau keajaiban itu ada 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mbak irly, keajaiban datang dari allah tanpa kita sadari memang mbak 🙂 Allah maha segalanya

  32. Defi Purnama

    Sungguh kisah yang sangat teladan. Sebaiknya setiap orang bisa membaca kisah ini dan mencontohnya. Bukan begitu mas?

    1. Muhammad Mukhlis

      betul begitu mas defi 🙂 hehehe , iya mas harapan memang begitu ya mas 🙂

  33. sipp kisahnya…banyak hikmahnya…imam sari as-saqty itu sendiri setahu saya seorang sufi generasi awal yang sezaman dengan sufi martir al-hallaj… 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah ustaz, senag pak uztaz bisa terinpirasi 🙂

  34. Saya jadi terharu mas setelah selesai membaca…mantaap

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas, saja juga merasakannya mas 🙂

  35. wah rame ya disini,, aku juga ikutan eksis lah, hehehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, silahkan mas indra jangan lupa pertamax nya 🙂 wkwkwkw

  36. Ketaqwaan ibu itu
    Membuat aku terharu…

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas, terimaksih mas sukses selalu mas 🙂

    2. wah..wah.. Mba Anisayu di sebut Mas hehheee…

    3. pasti obatnya blom diminum tuh jadi masih konslet 😀

    4. Muhammad Mukhlis

      ngomong ape sih ?

  37. yanto cungkup

    pasti itu komentar tidak senonoh deh

  38. Dapet ide dari mana mas kok bisa sekeren itu ceritanya…

    1. iya yah, dapat dari mana coba inspirasi ceritanya …

    2. dari mana aja boleeeeh….

    3. Muhammad Mukhlis

      mau tau aja apa mau tau banget ne ? hehehe

  39. Subhanallah, sangat Inspiratif sekali Pak Teladan Keramat Seorang Wanita nya… semoga menjadi pembelajaran dan pencerahan bagi kita semuanya…

    1. Muhammad Mukhlis

      amiin pak eka, senag pak bisa bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2017 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme