Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Ternyata Madu Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi madu secara teratur mengurangi resiko penyakit jantung, bedasarkan studi awal yang diterbitkan dalam “ Journal of Medicinal Food” (2004;1:100-7). Beberapa study ilmiah menyarankan dengan mengkonsumsi madu dapat mengurangi tekanan darah yang menyebabkan penyakit jantung.

Bagi sebagian orang justru mengangap mengkonsumsi madu akan menyebabkan obesitas, LDL tinggi dan tekanan darah tinggi yang mengakibatkan penyakit jantung. Mengapa? Karena mereka berfikir madu mempunyai rasa manis yang berasal dari sucrose, glucose dan fructose. Kita ketahui bahwa mengkonsumsi sucrose secara berlebih dipercaya meningkatkan resiko obesitas, resisten terhadap insulin dan tekanan darah tinggi. Sucrose juga mengurangi HDL yang menguntungkan dan meningkatkan tingkat triglyceride. Fruktose mempunyai efek yang sama dengan sucrose.

Disinalah keajaiban lebah madu , gula-gulaan seperti sucrose, glucose dan fructose yang terkandung dalam madu justru menyehatkan. Lebah menghasilkan madu murni dengan menghisap nectar bunga yang kaya akan gula-gulaan tersebut tetapi lebah memproses gula-gulaan itu terlebih dahulu di dalam perut lebah .

Setelah nectar diolah dalam tubuh lebah menjadi madu, barulah lebah mengeluarkan madu dari dalam perutnya. Jadi gula-gulaan yang terdapat dalam madu sudah diproses dalam perut lebah terlebih dahulu sehingga madu langsung bisa meresap kedalam darah kita. Berdasarkan riset ilmiah, madu bisa meresap kedalam darah sekitar 10 menit. Ini bisa kita buktikan jika kita lelah sehabis olah raga kemudian meminum madu murni tubuh kita cepat merasa segar kembali.

Madu disamping mengandung gula-gulaan juga mengandung banyak enzyme potensial yang menguntungkan seperti asam amino, madu mengandung bee pollen, propolis, lilin lebah dan nutrisi yang berasal dari tanaman dan tubuh lebah sendiri.

Beberapa zat kimia dalam darah dapat digunakan untuk memonitor tingkat resiko penyakit jantung. Beberapa tahun sebelumnya, tingkat kolesterol dan LDL (“jelek/jahat”) telah digunakan untuk memonitor tingkat penyakit jantung dan akhir-akhir ini homocysteine dan C-reactive Protein (CRP) telah ditambahkan sebagai penyebab/factor penyakit jantung. Orang dengan tingkat homocysteine tinggi memiliki tingkat penyakit jantung, kanker dan beberapa penyakit bahaya lainya.

Homocysteine yang tinggi dapat diturunkan dengan vitamin B6, B12 dan folic acid. Tingkat CRP yang tinggi juga dapat untuk memprediksi penyakit jantung. Tingkat CRP meningkat disebabkan oleh merokok, tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit gusi kronis.

Study penelitian ini dilakukan terhadap lima sampai sembilan orang dalam tujuh percobaan. Dalam masing-masing percobaan dilakukan tes darah sebelum dan sesudah meminum larutan yang mengandung madu, glucose dan madu buatan ( mengandung setengah sucrose dan setengah fructose). Larutan yang digunakan dalam percoban mengandung antara 1 – 3 once madu, glucose atau glucose dan fructose.

Dari hasil percobaan, orang yang mengkonsumsi larutan madu tingkat kolesterol, LDL dan triglyceride secara total menurun tetapi tidak bagi yang meminum larutan glucose dan madu buatan.
Setelah 15 hari percobaan, orang yang mengkonsumsi madu tingkat HDL (baik) meningkat dan tingkat Homocysteine menurun. Efek dari mengkonsumsi madu setiap hari selama 15 hari bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi : total kolesterol menurun 8%, LDL (jahat) kolesterol menurun 11%, dan CRP menurun 57%.

Hasil riset study ini merekomendasikan bahwa madu mempunyai efek yang positif bagi penderita penyakit jantung. Dalam relative singkat, madu dapat menurunkan kolesterol dan yang paling dramatis adalah menurunkan tingkat CRP terhadap orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi. Tampaknya CRP mempunyai peranan penting penyebab penyakit jantung selain kolesterol.

Jadi mengkonsumi sucrose, glucose dan fructose bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, study ini merekomendasikan memakan madu bukan hanya aman tetapi pada kenyataanya justru menyehatkan jantung.

Diterjemahkan oleh www.binaapiari.com :Maureen Williams, ND. Recived her bachelor’s degree from the University of Pennnsylvania and her Docctorate of Naturopathic from Bastyr Univesity in Seattle, WA. She has a private practice in Quechee, VT, and does extensive work with traditional herb medicine in Guatemala and Honduras. Dr. Williams is a regular contributor to Healthnotes Newswire.

Sekian dan semoga bisa membantu, wassalam

56 Comments

Add a Comment
  1. Rama Banten RB

    subhanallah terima kasih kang atas infonya sangat bermanfaat sekali dan terima kasih sudah berbagi

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas, teimakasih kembali buat mas salam dan sukses 🙂

  2. Mangs Aduls

    madu emang sangat manfaat sekali ya mas.
    manis ya manis enak g bikin penyakit. subhanalloh.
    sayang sekarang mas lebahnya kehilangan hutan

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, madu memang banyak khasiatnya, kalo kita liat sesuai masa sekarang betul juga ya mas, apalgi sekarang pembakaran hutan dimana mana, sampe sampe asapnya tersebar kemana2, 🙂 kasian negeri kita mas 🙁

    2. Mangs Aduls

      di saya ada mas yang produksi madu ternak tapi madunya pait. entah mungkin lebahnya kebanykan ngisep debu. hehehe

    3. Muhammad Mukhlis

      hahahaa, debu debu jalanan yang dihesep mas mangs atau debu kebawak angin mas")

  3. Jantung memang adalah penyakit pembunuh no 1… dan saya juga baru tahu ternyata dengan mengkonsumsi madu kita bisa mengurangi resiko penyakit jantung 😀 selain manis juga bermanfaat yah kayak saya ini wkwkwkwk 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, mantap mas , oya benar2 mas ahmad, semoga kita selalu dala keadaan sehat wal afiat, salam dan sukses 🙂

    2. Mangs Aduls

      obat yang enak ya. udah manis bikin sehat lagi ya

    3. Muhammad Mukhlis

      betul betul mangs 🙂 ne mas mau minum, wkwkwk

  4. ijin bookmark gan 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      silahkan mas ganar, semoga bermanfaat, wassalam 🙂

  5. Nabila Aulia Putri

    infonya sngat bermanfaat bang, cuman madu di tempat bila kebanyakan gak ada yang asli 10% gitu

    1. Muhammad Mukhlis

      terimakasi mbak nabila, iya sekarang ini memang banyak campuran yang terdapat pada madu, ditempat saya juga begitu mbak. slam sukses mbak 🙂

  6. Madu tidak selamanya manis kan mas,,, Kalau madu pahit khasiatnya sama juga tidak…. saya baru tau kalau madu dari perut lebah, kirain cuma di tampung lewat mulutnya…

    1. Muhammad Mukhlis

      madu ada manis dan ada madu pahit mas, madu pahit mempunyai kandungan alkaloid yang cukup tinggi yang mampu berfungsi sebagai anti bakteri pada tubuh manusia. manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan manusia, terimakasih mas ahmad, salam sukses 🙂

  7. madu emang paling banyak khasiatnya gan 😀 . nice info , menambah wawasan

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mas muchlis, terimaksih dan salam sukses 🙂

  8. Ternyata banyak sekali yah manfaat dari madu ini

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mbak chisana, sangat banyak manfaat dari madu itu sendiri, terimakasih mbak. 🙂

  9. Theo Zavenza

    wah nice artikel, tapi jangan sampe nggak mampir ke pen alquran http://www.penmuslim.com/homepage/ ada artikel yang harus agan tau 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      thanks a lot …

  10. Adhief Hermawan

    untuk dapatin madu yang asli sekarang susah gan

    1. Muhammad Mukhlis

      betul banget mas, sekarang ini, madu sudah banyak dicampur, karena selain harga yang mahal susah didapatka, makanya madu asli lebih mahal mas, terimakassih mas adhief salam sukses 🙂

    2. Sonny Ogawa

      Di daerah saya masih banyak madu asli yang di peroleh langsung dari hutan mas

    3. Muhammad Mukhlis

      itulah mas, beda tempat beda suasananya, ditempat saya dulu lebah tu banyak, sekarang mau kita liat kita belik lgi, ga ada barang mas 🙁

  11. Reza Rizal

    Memang Madu ini sudah jadi manfaat sejak dulu,Dan manfaat madu ini seakan tidak ada habisnya
    Terima Kasih Udah ngasih tau informasi nya 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      benar sekali mas reza, alhamdullilah mas, seperti yang mas bilang, dan terimakasih kembali buat mas, salam dan sukses 🙂

  12. Salamun Alfarisy

    Madu oh madu. . .memang madu sangat bermanfaat untuk berbagai macam resiko kesehatan, salah satunya jantung yang notabene sebagai pemompa darah kita setiap saat. Makasih mas artikelnya sangat bermanfaat, jempol dah buat mas Mukhlis 🙂

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, terimakasih kembali buat mas salamun, satu jempol buat saya, lima buat mas, hehe, salam dan sukses 🙂 (y)

  13. Wong Crewchild

    madu memang banyak khasiatnya, saya selalu menyediakan dirumah, untuk sakit tertentu saya selalu menggunakan madu,
    makasih mas tambah wawasan lagi untuk jantung

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah kang, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi berkah, wassalam dan sukses 🙂

  14. Sonny Ogawa

    Di kampung saya banyak madu mas…kebetulan saudara saya tukang cari madu di hutan..

    Orang sumatra bilang madu sialang khususnya lampung dan sumsel.

    1. Muhammad Mukhlis

      wah hebat tu mas, kalo ditempat saya tu uda aga susah juga mas, paling kalo perlu kali harus dipesan dulu, 🙁

  15. Irwin Andriyanto

    mau beli madu juga ragu ragu karna banyak yang sudah dioplos… btw tumben ga bahasa inggris

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas irwin, gara gara oknum yang tak bertanggung jawab x ya, hehe, oya ini sesuai dengan label blog tentang pengobatan mas, jd ya ga bisa sy buat dalam artikel inggris, hehe, terimaksi mas, selamat weekend mas 🙂

  16. nice info gan 😀 ane baru tau kalo madu diresap cepet bgt , 10 menit 😀

    1. Muhammad Mukhlis

      terimaksih mas, slam persahabatan dan sukses buat mas 🙂

  17. Dwi kuncoro

    terimakasih infonya yang bermanfaat ya

    1. Muhammad Mukhlis

      sama sama kang mas, semoga bisa membantu, salam hangat mas 🙂

  18. Arie Sujadnorwanto

    kalau madu olahan yang sachet apa kasiatnya masih sama dengan yang asli ya gan?

    1. Muhammad Mukhlis

      menurut pengetahuan sih, madu sashet itu madu oplosan bahkan sudah banyak pengawetnya, dan yakin khasiatnya pun beerbeda mas 🙂 terimakasih mas, slm dan sukses 🙂

  19. madu memang sangat menyehatkan ya mas, gula yang terkandung pada madu juga tidak berbahaya ya mas, madu menyehatkan jantung ya mas karena memperlancar peredaran darah sehingga tak terjadi lagi penyumbatan pada pembuluh darah yang mengakibtkn penyakit jantung serta darah tinggi..

    1. Muhammad Mukhlis

      wiheuy keren mas hendri, ora umum mas, hehe, lgi seneng seneng ini mas, ada kejutan, hiks hiks 🙂

    2. hehe, bisa juga dipakai herbal kayak gini mas 🙂

    3. Muhammad Mukhlis

      bisa bisa toh mas, 🙂

  20. Kips Bandung

    Disamping alami, madu banyak mengandung manfaat yang dapat membantu kesehatan tuh ya

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, madu asli banyak mengandung manfaat dan khasiat bagi kesehatan 🙂 makasi mas sukses 🙂

  21. Isrofi Achmad

    Banyak sekali manfaat dari madu ya mas, terutama bagi kesehatan jatung. saya suka sekali minum madu dengan telur bebek mas.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas, saya sukaknya telor ayam mas ayam kampong tp mas 🙂

  22. Defi Purnama

    Memang sebaiknya mengkonsumsi madu yang asli untuk kesehatan yang salah satunya untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi sekarang untuk mendapatkan madu yang asli sangat susah ya mas…

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas, lebahnya menghilang x mas, banyak pembakaran hutan, terus penebangan pepohonan, dan sampe saat ini gara gara pembakaran hutan dimana mana asep nya sampe kemari mas 🙁 oya terimakasi buat mas, salam sukses 🙂

  23. Bahkan dalam Al-qur'an sendiri menempatkan lebah sebagai makhluk yang istimewa lantaran madu yang dihasilkannya memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Subhanallah

    1. Muhammad Mukhlis

      subhanallah mbak sitie, sangat mulia keagungan Allah yang telah menciptakan mahkluknya, maha benar allah dengan segala firmannya 🙂 terimaksih mbak, salam sukses

  24. hewan yang sangat besar sekali manfaatnya, ada mitos yang bilang katanya kalo lebah sudah punah maka laki2 akan punah juga 🙂 berita kurang baik bagi kaum hawa hehe

  25. madu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apapun sakitnya ketika minum madu maka tidak ada efek sampingnya, quran sudah menjamin itu… hehehhe… artikelnya mantap mas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!