Media Referensi

Sumber Referensi Terpercaya

Tips Atasi Cemas Dan Rasa Takut

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Salam senantiasa kepada sahabat setia Media Referensi, semoga selalu dalam keadaan sehat dan fit dalam melakukan aktifitas sehari hari, dan salam sukses juga kepada pembaca dan sahabat blogger semua yang telah berkerja sama demi meramaikan blog ini. Semoga selalu tercurahkan rasa kehormatan dan saling meningkatkan tali silaturrahmi dan tali persaudaraan diantara. Amin yarobbal alamin

Langsung saja sahabat semua, pada kali ini artikel yang berjudul β€œTips Atasi Cemas dan rasa takut” nah untuk itu mari kita simak sedikit penjelasan berikut ini.

Merasa takut atau cemas merupakan emosi yang lumrah yang sering dialami dalam menjalani kehidupan. Akan tetapi hal ini tidak baik juga jikalau anda sering mengalami hal tersebut yang berlebihan, sampai sampai bisa membuat anda takut dalam melakukan banyak hal dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Tanda tanda kecemasan cenderung jatuh kedalam empat kategori yaitu kognitif, emosi, fisik dan perilaku pungkas Penulis buku The Anxiety Toolkit, Alice Boyes seperti yang dilansirkan dilaman glamor.

Anda mungkin mengalami peningkatan denyut jantung, sulit tidur dan kepekaan terhadap rasa sakit nah disini kita akan bahas tentang cara mengatasi cara ini seperti yang dilansirkan oleh Boyes tentang tips Atasi Cemas dan Rasa takut, untuk lengkap nya seperti yang tecantum dalam poin poin berikut ini :

1. Berpura-Pura Rilex

Apakah anda memiliki gelang keberuntungan atau sesuatu yang benda yang anda pakai ketika anda merasa cemas, lebih baik anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Njustru banyak hal yang orang lakukan untuk melakukan kecemasan, akan tetapi hal tersebut malah bikin orang tersebut menjadi lebih cemas “kata Boyes”. Lebih baik anda merasa berpura pura rilex juika hal tersebut terjadi, maka dengan berpura rilexs maka pikiran dan hati anda akan menjadi tenang kembali.

2. Mempertimbangkan Yang Terbaik dan Terburuk

Tujuan evolusional kecemasan agar anda selalu waspada dalam menghadapi segala yang bahaya, ketika anda akhirnya berpikir tentang apa yang akan terjadi maka hal tersebut akan membantu anda agar mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi β€œtutur Boyes” tetapi anda juga harus berpikir tentang potensi hasil positif yang membantu anda berpikir yang lebih jelas.

Sekian sedikit tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi cemas dan rasa takut,sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan, namun disini saya hanya menyimpulkan dengan pendapat para ahli. Wassalam dan sukses buat anda semua

166 Comments

Add a Comment
    1. saya orangnya emang selalu up to date jadi pertamax saya amankan dulu ya teman-teman maaf ya

    2. Muhammad Mukhlis

      hahaha, siips mas dapat secangkir kopi untuk pertamax nya πŸ™‚

    3. Defi Purnama

      Plus roti bakarnya mas πŸ˜€

    4. saya kebagian apa coba?

    5. Muhammad Mukhlis

      pasti mas saya kan RTnya πŸ™‚

    6. kok gak laporan ke saya, kan saya lurahnya disini πŸ˜€

    7. Muhammad Mukhlis

      ga mungkin ga mungkin, ini pitnah πŸ™‚

    8. Kok rame amat nih?

    9. Muhammad Mukhlis

      hehehe, bagi bagi duit kang jumj πŸ™‚ hahaha

    10. Cilembu thea

      asik juga tips mengatasi cemasnya dengan pura-pura rilek, jadi suka inget kalau saya suka nyantey kaya di pantey deh

  1. Selalu berpikir positif akan membuat jiwa selalu tenang

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, siiips mas dwi, berpikir positif juga salah satu bentuk seperti bahasan kita mas, tapi disini tidak saya rangkumkan karena poinnya tidak termasuk dalam pernyataan Alice Boyes. πŸ™‚

    2. Alice Boyes siapa itu mas? sodara Mas Mukhlis bukan tuh πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      kok tahu mas, pasti ngintips hayu πŸ™‚

    4. Salamun Alfarisy

      Wah punya sodara bernama Alice Boyes juga mas Mukhlis, kenalin ke saya dong biar nambah teman bule πŸ˜€

  2. ya rasa cemas dan takut biasanya datang dengan sendirinya, saya juga pernah mengalami mas padahal tidak ada apa-apa tapi anehnya jantung saya berdetaknya kencang banget dan sampai dihampiri rasa cemas gitu. tapi kita juga perlu berfikir positif dan lebih konsentrasi ya mas kalo sedang cemas gitu.pura-pura rilex?saya sih orangnya ga bisa pura-pura mas, makanya ditolak mulu saat melamar jadi artis mas.heuheu

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kok bisa ditolak mas ? cerita cerita ?

    2. mau tau ajah… bayar tauuuu… πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      bayar pake daun ya πŸ™‚ wkwkwkw

    4. nah bayar makanya nanti tak kasih tau mas πŸ˜€

  3. oke sekian dulu deh ya, saya mau ngopi dulu nih nunggu airnya mendidih mas.hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      emmm, saya pesan satu mas, pikiran ga tenang nambah ngantuk ne mas πŸ™‚

    2. ko ngantuk mas? kalo pikiran gak tenang saya malah jadi susah tidur πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      pusing mas e, maslah belum selesai di tempat saya, padal diatas sudah punya tips masih ga mepan, sayang ntar di setrap sama Alice Boyes πŸ™‚

    4. ini bikin tips, dicobain sendiri ga mempan, strap deh ya

  4. Nailul Huda

    saya lebih sering berpura-pura rileks mas Mukhlis πŸ™‚ lebih nyaman deh. Selain itu juga selalu belajar berfikir positif supaya hati tambah tentram

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas ya mas, kalo saya orangnya gitu juga mah, kalo lagi susah juga kelihatan seperti orang senang πŸ™‚ kelihatan haapy walaupun dalam masalah πŸ™‚

  5. Saya mah gak punya rasa takut mas hahaha πŸ˜€
    yang paling efektip sih buat ngilangin rasa cemas dan takut yah tidur πŸ˜€

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, apalagi kalo hujan hujan dan gerimis paling enak tidur ya mas πŸ™‚

    2. enak tidur juga kalo ada yang nemenin mas, kalo tidur cuma sendiri mah hadeuh serasa hampa dan gundah gulana *curhat πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      apalagi ditemenin sama janda muda πŸ™‚ hahaha

    4. gak banget deh ih, saya kan tipe orang SETIA, Setiap Tikungan Ada (just kidding) πŸ˜€

    5. Muhammad Mukhlis

      hahaha, just kidding nya ga asi, ntar ditikungannya siapa yang nunggu, gadis atau perawn ? πŸ™‚ wwkwkwkwk

    6. gak asik ditemani Janda mas, asikan ditemani gadis muda πŸ˜€

    7. janda bodong lagi hits loh

  6. Potensi hasil positif harus lebih ditonjolkan, agar bisa menguasai dan membuang rasa cemas itu.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mas djangkarung, yang penting positifnya harus di kedepankan πŸ™‚

    2. Mangadul Ganteng

      sayamah berdoa aja mas sama Alloh biar ilang cemasnya πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      Ini mah sangat bagus mangs, selalu dalam mengingat Allah kalo lagi dalam masalah ya mangs πŸ™‚

    4. kalo lagi banyak masalah sih kebanyakan orang biasanya inget sama Allah mas justru yang menjadi permasalahan dari kebanyakan orang dikala senang suka lupa sama Allah, bener gak?

    5. Muhammad Mukhlis

      iya mas marnes, kalo lagi susah inget Allah lagi senengnya lupa sama Allah, kebanyaak orang emang sudah begitu diri, semoga kita tidak ya mas πŸ™‚

    6. Amiin, semoga mas

  7. Cara mengahadapi rasa takut menurut saya ialah melawan rasa takut tersebut. Kalau kebanyakan berpikir baik buruknya tindakan yang kita lakukan malah jatuhnya ndak jadi jadi melakukan hal tersebut. Toh andai saja kita melawan rasa takut namun ternyata kita fail / gagal, Tidak masalah. sebagaimana layaknya manusia pastinya akan belajar dari pengalaman – pengalaman.

    Contoh : Seorang disuruh menjadi MC suatu acara untuk pertama kalinya. Tentunya ada perasaan takut dan malu. Tapi kalau tidak dilakukan kapan seseorang tersebut akan mendapat pengalaman? Jika tidak dilakukan alias terlalu memikirkan resiko2nya ujung2nya rasa takut menjadi lebih besar dan bisa jadi pengalaman atau kesempatan itu hilang begitu saja.

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, terimaksih mas adytya sudah menambahkan benar juga mas dengan melawan rasa takut itu sendiri nantinya bisa hilang sendirinya karena sudah biasa ya mas πŸ™‚

    2. bener juga sih, rasa takut jangan dihindari tapi emang harus dilawan.. kalo cuma dihindari pasti rasa itu akan datang lagi

    3. Muhammad Mukhlis

      sangat sangat setuju πŸ™‚ pertamax diambil di galon

  8. DedyAkas Website

    Saya tambahin dikit ya…
    Tarik napas yang panjang… dan minum segelas air putih… πŸ˜€

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas dedy sudah menambahkan πŸ™‚ terimaksih mas πŸ™‚

    2. ikut nambahin ah, kalo aku sih tidur aja =D

    3. Muhammad Mukhlis

      apalagi kau lagi kehujanan ya mbak, enak tidur ya πŸ™‚ hehehe

    4. Mangadul Ganteng

      kalo saya curhat ama istri. hahahha

    5. Muhammad Mukhlis

      mana istriu saya πŸ™‚

    6. makanya buruan kawin wkwkwkwk….

    7. Muhammad Mukhlis

      hahaha, uda dekat kok, tinggal mengitung hari πŸ™‚ wek

    8. pasti udah mulai merasa dag dig dug der tuh hihihii…

    9. Muhammad Mukhlis

      hahaha, ngintips lagi ne πŸ™‚

    10. Muhammad Mukhlis

      kalo lagi sendiri emang teringat dag dig dug nya e mas:) percaya ga? sini saya ceritain

    11. Kalau kehujanan ya ga enak mas, mana bisa tidur, yg ada masuk angin.. hahaha

    12. Muhammad Mukhlis

      aman mbak, kan bisa di atasi dengan biji selasih bintang toedjoe πŸ™‚

    13. Debe dilacious

      ada iklannya ya,hehe

  9. yakin bahwa kita bisa melaluinya. apa yang kita takuti, jalani bahwa itu hanya perasaan kita saja.

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat sangat setuju mas ifrod, terimakasih atas penambahanya mas πŸ™‚ hehehe

  10. Mangadul Ganteng

    coba dihilangkan yang bikin cemas nya mas. atao berpikir positif

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat sangat pertamax buat mangs hehehe, ngopi mangs

  11. Mangadul Ganteng

    cemas itu bahasa gaulnya galau kali ya

    1. Muhammad Mukhlis

      kok tahu? ngintips ya hahahaha

    2. sesama tukang ngintip dilarang saling mendahului yah πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      hahaha, saya suka ngintips tapi sesuatu πŸ™‚ wek

    4. saya sih gak suka ngintip mas tapi langsung melototin lebih dekat biar lebih jelas πŸ˜€

    5. Muhammad Mukhlis

      wah saya ga ikut, ntar dikejar satpol πŸ™‚

  12. Untuk hilangkan cemas
    Minum air putih segelas
    Pasti rasa takut terlepas
    Dari hati tanpa bekas…

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, betul betul mbak, sangat bagus juga buat kesehatan πŸ™‚

  13. Isrofi Achmad

    rasa cemas dan takut itu biasanya timbul karena rasa kurang percaya diri, kalau saya biasanya dengan selalu berfikir positif.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas isrofi, banyak hal atau faktor disebabkan munculnya rasa takut, nah salah satunya boleh juga dengan berpikir postif, namun disisi orang lain kadang juga bisa berbeda beda πŸ™‚ kebanyakan seperti di koment dengan Berpikir postif πŸ™‚ hehehe

    2. Isrofi Achmad

      rasa takut dan cemas sering saya alami disaat kondisi lagi down mas, dan kadang disitu saya seperti sendiri dan tak punya teman.

    3. Muhammad Mukhlis

      emm, saya juga mengalaminya mas, bahkan hampir semua orang punya rasa ini ya mas πŸ™‚

  14. Sonny Ogawa

    Kalau saya sich lebih suka cuek mas, yang terpenting selalu berpikiran positif. ya seperti sekarang ini lagi sakit gigi tapi masih ngopi dan blogwaking…hehe

    1. Muhammad Mukhlis

      hehehe, kok bisa mas sony, saya mau kopi mas pesan satu ah πŸ™‚

    2. saya juga lagi ngopi lho mas, beneran deh…
      gak nanya weeek πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      kalo saya sedaang didepan pc asik hari minggu libur dinas, ya sambil menikmati suasana blog walking πŸ™‚ plus segelas kopi sama sebungkus rokok πŸ™‚ lengkap deh

    4. Sonny Ogawa

      Waduh mas..yang coment rame banget. Sampai susah scrollnya…hehe

  15. wah jadi kalau misalnya mensugestikan punya barang tertentu biar tidak takut itu salah ya mas ?

    1. Muhammad Mukhlis

      tidak salah mas, barang apa ini ya πŸ™‚

  16. harus selalu berpikir positif yah mas supaya tidak selalu mersa cemas..

    1. Muhammad Mukhlis

      setuju setuju πŸ™‚

  17. Untuk atasi rasa cemas dan rasa takut salah satu dengan melakukan dan menjalaninya dengan dengan sendirinya kita akan masuk proses adaptasi diri.

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat setuju mas indra dengan, takutnya kalo hampi menjalani selamanya bisa gawat juga sampe sampe bisa frustasi mas πŸ™‚

  18. Santa dan enjoi aja mas , banyak 2 dzikir juga akan mengilangkan rasa cemas mas….

    1. Muhammad Mukhlis

      betul betul; betul, selalu dalam hal atau keadaan enjoy rasa cemas bakalan hilang mas πŸ™‚

    2. ya kalo gak dicari jalan penyelesaiannya mah gak bakal ilang atuh mas πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      kok tahu, pasti ngintips lagi ini mah πŸ™‚ wkwkwkw

    4. Sakti..!!
      Kok bisa sakti?
      Dari sononya.
      Dari sono mana?
      Dari nenek moyang.
      Moyangmu siapa? Kok gak ikut? Ada pin BB nya?
      Mulut apa knalpot buoocor sih? tleng…teng…teng…teng…hahahaaaa…

    5. Muhammad Mukhlis

      yang penting happy πŸ™‚

  19. Wee habis ganti template ya mas

    1. Muhammad Mukhlis

      egak mas, masih template yang sama mas πŸ™‚

  20. Saya kalau ngadepin janda muda ,terkadang juga cemas campur takut ….duh gimana gitu mas……..hi….hi….

    1. Muhammad Mukhlis

      hahaha, kenapa mas, sering diganggu janda ya πŸ˜• hahahaha

    2. maaf saya hapus mas salah kamar, dari tadi mo komentar ko loncat-loncat mulu yah πŸ˜€

    3. Muhammad Mukhlis

      ga bayar mungkin, pasti masuk kamar janda muda ya mas, ikutah ah πŸ™‚

    4. Defi Purnama

      Ini kenapa jadi bahas janda muda? πŸ˜€

  21. Diar Nurhakim

    Jadi dikondisikan supaya direlax relax an ya mas,,, saya tidak cemas saya tidak takut, relax aja relax,,, hehehehe siiippp mas πŸ™‚

    1. Muhammad Mukhlis

      sselalu rilex biar kelihatan senang ya mas, walaupun dalam keadaan gundah πŸ™‚

    2. berarti itu mah membohongi diri sendiri dong mas

    3. Muhammad Mukhlis

      ga e, kalo membongi diri sendiri kita tuntut Alice Boyes πŸ™‚

    4. Diar Nurhakim

      Disugestiin maksudnya, diyakin-yakinkan, karena kekuatan pikiran bisa membengkokkan sendok kan ya, wkwkwkwkwkwkw πŸ™‚

  22. Defi Purnama

    Dua cara yang sederhana namun akan memberikan efek yang luar biasa untuk mengatasi rasa cemas dan rasa takut.

    1. Muhammad Mukhlis

      alhamdulillah mas defi, ikut senang mas πŸ™‚ hehehe

    2. Defi Purnama

      Selalu senang mas πŸ˜€

  23. Dzatmiko oi

    cemas dalam artian memikirkan suatu hal yang negativ dan belum tentu fakta ya mas??
    saya juga pernah mengalami hal tersebut, cemas hati ga tenang dan selalu terbayang hal hal yang ga diinginkan. ibu saya sering menganjurkan untuk minum air putih segelas, menarik nafas dan mengeluarkannya hingga hati terasa tenang dan selalu berfikir yang positif.

    1. Muhammad Mukhlis

      betul mas rasa cemas yang timbul disebabkan oleh banyak faktor, maka dengan memikirkan hal yang positif bisa berdampak bagus juga ntuk mengilangkan rasa cemas πŸ™‚ hehehe

  24. yang pasti hampir semua pernah merasakan atau mengalami yang namanya perasaan cemas dan takut, betul gak mas?

    1. Muhammad Mukhlis

      betul, betul betul, saya takut sama hantu mas, pernah dengerin suaranya πŸ™‚

    2. kalo sama hantu sama sekali gak takut saya mah cuma suka malu aja kalo ketemu hantu wakakakkk….

    3. Muhammad Mukhlis

      kok bisa mas, ga mungkin ga mungkin πŸ™‚

  25. yang pasti hampir semua pernah merasakan atau mengalami yang namanya perasaan cemas dan takut, betul gak mas?

    1. waduh, gara-gara lemot jadi dobel deh tuh komennya πŸ˜€

    2. Muhammad Mukhlis

      saatnya gantian ke Tree πŸ™‚

    3. yanto cungkup

      yang pasti hampir semua pernah merasakan atau mengalami yang namanya perasaan cemas dan takut, betul gak mas?

    4. Muhammad Mukhlis

      betul betul betul πŸ™‚

  26. Poin utamanya adalah bukan tentang bagaimana menghindari rasa takut, tapi bagaimana membuat keputusan positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri kita saat ketakutan itu datang.

    1. Muhammad Mukhlis

      saya laporkan ke Boyes ini mah πŸ™‚

  27. Farhan Fauzan

    kalau saya mengatasi rasa cemas dengan mengetuk2 dahi antara kedua mata…katanya titik itu untuk merilekkan syaraf… entah benar atau tidak πŸ™‚

    1. Muhammad Mukhlis

      wah alhamdulillah kang sudah menambah, bisa dijadikan sebagai referensi ina mah πŸ™‚

  28. meski pura-pura rilex tetep aja mengkeret mas saya kalau lagi takut. hehee

    1. Muhammad Mukhlis

      emmm, mengingat dan mintak bantuan sama Allah mas πŸ™‚ pasti lekas mas

  29. Eka Fikriyah

    Berpura-pura rilex…itu susah mas….xixixixi

    1. Muhammad Mukhlis

      hehe, ko bisa susah mbak, kalo saya malahan sebaliknya mbak, apalagi ketika hati gundah saya langsung pada ngumpul bareng temen, cerita ketawa sehingga rasa tadinya hilang πŸ™‚

    2. yanto cungkup

      kalau lg sendiri gimana dong?

    3. Muhammad Mukhlis

      tingal panggil RW aja mah, bilangin saya mah klagi cemas πŸ™‚ wkwkwkw

    4. Salamun Alfarisy

      Knapa pangggil RW mas? gak panggil saya aja kah…:D Wkakak

  30. yanto cungkup

    berpura-pura rileks ini juga susah dilakukan ketika rasa cemas dan takut melanda mas.pasti tetep gemeteran.
    perlu latihan dan latihan

    1. Muhammad Mukhlis

      ayo latihan dari sekarang, jangan sampai ketinggalan, besok saya tes nya πŸ™‚

    2. emangnya pemain bola latihan??

  31. yanto cungkup

    saya kudu belajar mengatasi rasa cemas dan takut dari mas mukhlis nih

    1. Muhammad Mukhlis

      kalo ga belajar pun saya setrap neh πŸ™‚

  32. Sebenarnya berbuat-buat rileks tu, tidak mudah. Tapi itu mungkin cara yang terbaik supaya tidak melakukan perkara-perkara yang bukan2…
    Yang penting, bertenang πŸ™‚

    1. Muhammad Mukhlis

      betul sekali mbak, dengan sedikit mencoba pasti bisa, kalo masih kurang effektif tentu dengan berzikir hanya pada yang maha kuasa, sebenarnya ini poin nomor satu, πŸ™‚ hehehe

  33. wa'alaikumsalam, mksh mas tipsnya

    1. Muhammad Mukhlis

      sama sama mbak, salam sukses

  34. Cuma dua gan triknya, mungkin masih ada lagi!

    1. Muhammad Mukhlis

      sangat banyak mas caranya, disini hanya melampirkan dua cara menurut si Alice Boyes πŸ™‚

  35. Adhief Hermawan

    saya masih merasa cemas mas :3, ada tambahan lagi gak mas :3

    1. Muhammad Mukhlis

      ada stu tips mas, πŸ™‚

      berdoa kepada Allah πŸ™‚ kunci kesuksesan yang andal heheh

    2. PURNAMA

      salah satu caranya bisa membaca alquran mas biar tenang hatinya, gitu ya

  36. Nailul Huda

    Sudah nasib diterima saja, eh ko takut santai saja ya mas, kawatir dan takut kan sudah lumrah

    1. PURNAMA

      hem gitu ya mas, tapi jika kita bisa mengatasi rasa takut pasti akan beda rasanya lo

  37. Saya sering sekali merasa cemas yang berlebihan, terkadang sudah sampe kemana-mana pikiran saya. Padahal yang dicemaskan itu cuma hayalan saja dan blm tentu terjadi πŸ™

    Contoh kecilnya saja apabilah saya mendengar orang berbicara yang bernada sedikit heboh, pasti saya merasa deg2.an dan gemeter, dan pikiran saya udah kemana-mana padahal mereka cuma bercerita biasa. Tapi rasa khawatir saya yang berlebihan yang membuat saya seperti itu. sampe sekarang.
    dan masih banyak contohlainnya.

    Mungkin tips dari mas mukhlis ini bisa mengatasi cemas yang berlebihan yang saya alami sendiri.
    makasih ya mas..

    1. PURNAMA

      benar sekali mbak, wajib di coba tipsnya dari mas mukhlis diatas, siapa tahu rasa takut dan cemasnya bisa hilang

  38. PURNAMA

    hem ini nih yang kadang terjadi dan bisa terjadi oleh siapapun mas, rasa takut baik dari sendiri maupun dari hal di lingkungan kita, penting sekali artikelnya, saya bookmark buat jaga-jaga nanti kalau takut bisa mencoba cara mengatasi rasa takut nya

  39. PURNAMA

    maaf mas mukhlis baru sempat mampir, banyak sekali tugas sekolah baru bisa lihat blognya, salm sukses selalu ya

  40. Debe dilacious

    cemas itu tidak mengenakkan mas.. misalnya cemas belum gajian,hehe

  41. Debe dilacious

    Mulai sekarang tampaknya kita harus membuang barang – barang yang seperti jimat ya mas atau apa itu namanya agar terhindar dari rasa cemas dan takut

    1. Salamun Alfarisy

      Wah sist Dila tampaknya menggunakan barang barang seperti jimat ya. . .dapat dari mana barang barang jimat itu sist…

    2. Debe dilacious

      Saya enggak pernah pakai jimat mas

  42. Salamun Alfarisy

    Wah cukup bagus tipsnya mas, tapi secara pribadi yang sering saya praktekkan poin yang kedua aja karena poin yg pertama belum bisa direalisasikan dg baik jika belum wudlu, solat,doa & tawakal kepada Allah. πŸ™‚

  43. setiap datang kesini pasti dapat urutan paling Buncit deh ah…

  44. saya baca dulu ya Pak, sambil ngopi… mumpung kerjaan bentar lagi selesai xixixi..

  45. saya juga kadang kalau sedang dilanda rasa cemas atau gelisah suka pura2 rilex pak kalau d hadapan rekan2 kerja… apalagi kalau cemas krna gak punya uang,, gajian masih lama… pura2 rileks saja di Kantor sambil ngopi… hehehe…

  46. mempertimbangkan antara Baik dan Buruk tentang sesuatu yg akan dikerjakan memang sangat perlu sekali… dan yg terpenting adalah selalu berpikiran positif thdp apa yg akan kita lakukan dan kerjakan ya pak…

  47. Emang rasa ini bisa datang kapan saja ya mas ya πŸ™

  48. coba tips diatas, beuh rasa gundah saya langsung hilang dan tak ada rasa cemas lagi deh pokoknya, mantep juga mas tips nya yah, yang lain udah pada nyoba belum ya???

  49. Irwin Andriyanto

    berpura-pura itu sulit loch

  50. Arizuna Zukirama

    Kalau cemas, berwudhu trus shalat sunnah, biasanya bisa membuat sedikit tenang. Itu kalau saya..

  51. Evrina Budiastuti

    aku takut sama air, maksudnya air d kolam renang, laut atau sungai, sampai sekarang belum tau cara mengatasinya

  52. Irwin Andriyanto

    mungkin ada peristiwa yang buat trauma x mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2015 - 2016 Media Referensi All Right Reserved Frontier Theme
error: Content is protected !!